5 Aneka Kue Kering saat Lebaran

-

Setiap orang pasti mengenal kue kering, bukan? Kue ini adalah jenis kudapan yang digemari oleh hampir sebagian besar orang dimakan saat santai atau sekadar cemilan pelengkap di rumah. Tapi pada umumnya, kue ini disajikan ketika lebaran dan banyak sekali bentuk dan variannya.

Menjelang lebaran tiba, selain ketupat dan amplop lebaran ada salah satu camilan atau makanan yang perlu disiapkan di rumah, yaitu kue kering. Makanan ringan ini memiliki berbagai macam aneka rasa gurih, manis dan menjadi hidangan favorit para tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Baca juga : 4 Desain Amplop Lebaran yang Kekinian

Selain memiliki rasa yang enak, kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama dan tidak seperti kue-kue pada umumnya. Jadi walaupun sehabis lebaran, kue ini bisa Anda simpan untuk jangka waktu yang lama dan Anda masih bisa menikmati kue kering bersama keluarga dirumah selepas hari raya Idul Fitri.

Sekarang, Anda sudah bisa dapatkan berbagai varian rasa dan juga bentuk kue kering dimana-mana, seperti toko online atau toko penjual kue di rumah Anda. Selain itu, kue kering juga mudah dibuat sendiri dengan beraneka kreasi di rumah, lho.

Baca juga : 3 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Ketinggalan

Melansir dari detik.food.com berikut ini beberapa rekomendasi aneka kue kering yang perlu Anda siapkan di rumah saat lebaran.

Nastar

Kue kering pertama yang menjadi andalan hampir setiap keluarga dirumah, yaitu nastar. Kudapan ini sangat populer di Indonesia bahkan tidak ada yang tahu kue ini asalnya dari mana. Pada umumnya nastar hanya memiliki rasa nanas. Namun, sekarang Anda juga dapat menemukan rasa lain seperti rasa selai stroberi, coklat, dan juga blueberry.

Selain memiliki rasa yang gurih dan manis ini biasanya nastar juga memiliki bentuk bulat. Namun, Anda juga bisa buat atau cari bentuk nastar berbagai macam bentuk, ada yang bentuknya seperti ketupat, daun dan berbagai macam lainnya. Anda sudah bisa dapatkan berbagai nastar tersebut di toko online dan apabila ingin membuat sendiri dirumah sudah banyak video tutorial cara pembuatannya.

Kue Salju

Banyak sekali kreasi bentuk dari kue kering lebaran, salah satunya kue salju yang memiliki bentuk seperti bulan sabit. Kue kering ini memiliki tekstur yang cukup padat dan ketika sudah masuk ke mulut kue ini berubah menjadi lembut dan semakin nikmat ketika dicampur dengan gula bubuk.

Rasanya kurang lengkap apabila rumah Anda tidak tersedia hidangan kue kering ini untuk para tamu. Selain rasanya yang lembut di mulut dan manis dari gula bubuk, makanan ini juga biasanya memiliki varian rasa lain seperti kacang dari campuran adonan. Rasanya yang enak, kue salju juga bisa menjadi alternatif pilihan sebagai hidangan saat lebaran.

Kue Kastengel

Bahan baku keju dapat dijadikan berbagai macam olahan dan juga dapat dijadikan sebagai pelengkap sebuah makanan, salah satunya adalah kue kastengel. Kue kering ini memiliki cita rasa yang gurih dari adonan tepung yang dicampur dengan keju.

Kue ini biasanya berbentuk persegi panjang dengan parutan keju diatasnya, makanan ini menjadi cukup khas di Indonesia dan juga dihidangkan saat lebaran tiba. Memiliki rasa yang gurih dan renyah ketika dimakan membuat kue kastengel disukai oleh siapa saja.

Kue Sagu

Kue kering yang satu ini mudah ditemukan dan juga mudah dibuat. Karena terbuat dari campuran adonan keju yang membuat rasa dari kue ini gurih dan sedikit asin membuat digemari oleh sebagian besar orang. Selain itu, dengan bentuk yang menyerupai bunga menjadikan kue sagu memiliki daya tarik tersendiri.

Pada umumnya kue ini dicampur dengan keju, tapi sekarang sudah banyak yang menjual atau Anda bisa kreasikan sendiri dirumah dengan berbagai varian rasa lain, seperti coklat, kacang, atau agar lebih kekinian campurkan oreo sebagai varian lagi dari rasa kue ini.

Kue Lidah Kucing

Kue yang satu ini sama seperti penamaannya, yaitu lidah kucing. Kue kering yang memiliki bentuk yang tipis dan pipih ini ternyata berasal dari Belanda. Renyah dan gurih membuat kue kering lidah kucing digemari oleh beberapa orang dan menjadikannya hidangan saat lebaran.

Sekarang sudah banyak varian rasa dari kue lidang kucing, seperti rasa keju, nanas, dan juga pandan. Hidangan ini akan lebih nikmat apabila dicampur atau dicocol dengan coklat cair atau ditambahkan keju parut diatasnya.

Kue kering menjadi primadona saat lebaran tiba, sudah saatnya Anda menyiapkan berbagai kue kering untuk menjamu tamu yang datang ke rumah atau sekadar camilan bersama keluarga. Dari beberapa jenis kue kering yang diatas, mana yang menjadi favorit Anda? Tulis komentar dibawah ini ya!