Virtual Account Mampu Meningkatkan Kinerja Bisnis, Yuk Kenali Manfaatnya!

-

Virtual Account, mungkin bagi orang yang kerap berbelanja online sudah cukup familiar dengan istilah tersebut. Lantas, bagaimana bagi yang masih suka berbelanja secara konvensional?

Untuk itu, sebelum jauh kita bahas tentang virtual account. Ada baiknya jika kita tahu dahulu definisinya. Secara umum, virtual account merupakan akun rekening virtual atau rekening bank digital berupa rangkaian nomor ID pelanggan yang bermanfaat untuk melakukan pembayaran, kutip midtrans.com.

Tidak bisa dipungkiri, makin kesini bisnis daring semakin berkembang. Tentunya, hal ini tidak lepas dari peran teknologi yang semakin berkembang juga. Efeknya pun positif terhadap berbagai lini, sistem pembayaran salah satunya.  

Kalau dulu, metode pembayaran online shop hanya bisa dilakukan dengan cara transfer manual. Berbeda dengan sekarang, dimana metode pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari transfer antar rekening bank, COD, kartu kredit, e-wallet dan juga virtual account.

Baca juga: Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang harus Anda tahu

Dikutip cashlez, dalam transaksi online, virtual account menjadi salah satu metode pembayaran yang banyak dipilih oleh pelanggan. Tentu saja, karena kepraktisan yang ada pada diri virtual account. Hanya menyalin nomor virtual account, lalu menempelkannya di aplikasi mobile payment, pembayaran pun langsung terproses.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

Lantas, apa manfaatnya dari sisi pebisnis? Apakah dengan menerapkan virtual account mampu meningkatkan kinerja bisnis? Untuk itu, daripada menerka-nerka, yuk kita ulas saja beberapa manfaat virtual account terhadap sebuah bisnis. Dikutip beberapa sumber, berikut pemaparannya.

Virtual Account Mampu Mendeteksi Pembayaran Secara Otomatis

source : mobiletransaction

Tracking atau mendeteksi pembayaran dari konsumen kerap menjadi masalah yang dialami banyak pelaku bisnis online shop. Namun, beda ceritanya, jika menggunakan virtual account.

Setiap pembayaran yang masuk via virtual account akan dideteksi secara otomatis oleh sistem. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk meminta konfirmasi pembayaran secara manual ke konsumen, seperti kirim bukti transfer atau bertanya langsung. Karena dengan virtual account, pembayaran akan langsung terdeteksi secara langsung saat transaksi berhasil dilakukan.

Memantau Arus Kas Masuk dengan Lengkap

source : kitalulus

Manfaat lainnya bagi pengusaha dengan menggunakan virtual account adalah mampu memantau arus kas masuk secara lengkap. Karena berbasis online, laporan ini bisa Anda pantau kapan saja dan di mana saja.

Dalam hal ini bukan hanya besaran nominalnya saja. Akan tetapi, segala informasi pembayaran akan dirinci secara real time pada rekening Anda, mulai dari nomor dan nama virtual account, bank, nominal yang dibayarkan serta waktu pembayarannya.

Baca juga: Cara Mengatur Cash Flow Agar Bisnis Selalu Stabil

Sistem Keamanan Terjamin

source : paymentsjournal

Dalam bertransaksi, faktor keamanan tentu menjadi salah satu prioritas paling penting. Makanya, Anda sebagai pelaku usaha juga perlu memahami cara kerja setiap fitur pembayaran yang Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui, transaksi online menggunakan virtual account lebih aman dibandingkan transaksi secara manual. Layaknya OTP (one time password), nomor unik virtual account bisa diatur kadaluarsa setelah transaksi selesai. Hal ini untuk mencegah nomor tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Serba Serbi Seputar Kode OTP

Bisa Meningkatkan Jumlah Konsumen

source : clodeo

Seperti kita ketahui, virtual account memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran. Selain cepat dan mudah, pembayaran dengan metode ini bisa dilakukan dari rekening bank manapun. Sehingga, pelanggan bisa terhindar dari biaya admin, layaknya pembayaran dilakukan secara transfer manual.

Tanpa disadari, kondisi ini mampu meningkatkan jumlah konsumen yang hendak berbelanja pada online shop Anda. Karena tentunya, selain pertimbangan harga dan kualitas barang, konsumen akan memilih online shop yang memiliki virtual account dari pada yang tidak.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

KawanKAWN, baru saja kita ulas mengenai peran virtual account terhadap sebuah bisnis online. Bagaimana, tertarik menerapkan metode virtual account juga pada bisnis Anda? Atau jangan-jangan Anda masih nyaman menggunakan sistem pembayaran yang lebih konvensional. Yuk diskusi di kolom komentar!