Tips Mengurangi Kecurangan Karyawan

-

Pernahkah Anda merasa keuntungan yang didapat dari bisnis Anda tidak sesuai dengan ekspektasi? Terkadang terbesit di benak Anda mengenai kejujuran dari karyawan yang Anda percayai selama ini. Manusia pada dasarnya tidak ada yang sempurna, karyawan yang selalu tampak rajin dan jujur belum tentu kenyataannya seperti demikian. Diperlukan suatu tindak pencegahan dari hal-hal yang merugikan bisnis Anda dan juga demi kelangsungan hidup karyawan lainnya.

Baca juga : 5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal

Sebagai seorang pebisnis tidak ada salahnya menaruh curiga kepada seluruh karyawan Anda. Karyawan yang melakukan kecurangan dengan mencuri uang atau aset berharga, bukan tidak mungkin akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda kedepan.  Oleh karena itu, berikut KAWN akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum karyawan tertentu. Melansir dari beecloud.co.id berikut 5 tips yang dapat Anda andalkan.

Selalu Lakukan Screening Background Karyawan Anda

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tindak kecurangan pada karyawan adalah dengan melakukan screening awal mengenai latar belakang karyawan pada saat interview kerja. Berdasarkan penuturan Raja Rogers seorang CEO dari Raja Rogers Group mengatakan bahwa karyawan yang memiliki latar belakang seorang pencuri atau pecandu narkoba memiliki potensi yang tinggi untuk melakukan kecurangan di tempat kerja.

Baca juga : Pentingnya Screening Calon Karyawan Baru untuk Perusahaan

Seorang pecandu narkoba pasti selalu membutuhkan uang yang banyak agar dapat membeli barang haram tersebut. Dengan melakukan screening lebih awal tentunya Anda dapat mencegah orang-orang tersebut masuk ke dalam lingkungan kerja dan memberikan pengaruh buruk terhadap bisnis Anda.

Screening dapat dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan mencari tahu latar belakang orang tersebut, melalui media sosial, search engine atau catatan kriminal di lembaga pemasyarakatan. Pastikan tim HRD Anda melakukan hal tersebut dengan teliti dan detail agar karyawan yang Anda rekrut memiliki kepribadian yang baik.

Gunakan CCTV

CCTV atau yang dikenal dengan singkatan closed-circuit television merupakan kamera pengawas yang dipasang di titik-titik tertentu untuk mengawasi dan mencari bukti tindakan kriminal apapun.  CCTV sangat berguna untuk mengawasi gerak-gerik karyawan yang dicurigai melakukan tindak kecurangan dengan melakukan pencurian uang atau aset berharga.

Baca juga : Manfaat Pentingnya CCTV dalam Dunia Bisnis

Gunakan dan tempatkan CCTV di setiap titik yang menurut Anda cukup penting, seperti di area kasir, area dapur, area back office atau di gudang. Dengan adanya CCTV Anda akan dengan mudah mencari tahu pelaku kecurangan melalui rekaman tersebut dan rekaman CCTV dapat dijadikan sebagai barang bukti untuk diproses kepada pihak berwajib.

Gunakan Aplikasi Kasir Online berbasis Cloud

Pernah Anda menonton tayangan berita kriminal bernama “Sergap” di salah satu stasiun televisi swasta kesayangan Anda? Kalau pernah mungkin Anda tidak asing dengan sosok Bang Napi dan juga slogan yang berbunyi “Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan! Waspadalah, Waspadalah”.

Slogan tersebut memiliki pesan moral bahwa tindak kejahatan maupun kecurangan tidak akan terjadi jika korban selalu waspada di mana pun dan kapan pun. Begitupun dengan tindak kecurangan karyawan Anda, tidak mungkin akan terjadi jikalau Anda memiliki sistem keamanan kas yang mumpuni.

Mesin kasir konvensional tidak mampu untuk merekam semua jenis transaksi kas masuk dan keluar karena tidak tercatat secara digital. Kelemahan tersebut menjadi kesempatan emas bagi karyawan untuk melakukan tindak kecurangan. Dengan menggunakan aplikasi kasir online yang serba digital dan terekam di cloud, membuat arus kas masuk dan keluar menjadi aman, tercatat dan bebas kecurangan.

Baca juga : Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda

Selain itu, aplikasi kasir online juga memiliki fitur batasan akses untuk tiap-tiap karyawan dari manajer sampai dengan pelayan. Hal ini sangat membantu agar tindak kecurangan dapat diminimalisir.  Apabila Anda penasaran dengan bagaimana aplikasi kasir online bekerja, Anda dapat klik disini untuk merasakan pengalaman menggunakan aplikasi kasir online KAWN gratis selama 30 hari.

Terapkan Sanksi Tim

Langkah keempat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tindak kecurangan karyawan adalah dengan memberlakukan sanksi tim. Apa itu sanksi tim? Sanksi tim idealnya adalah pemberian sanksi kepada seluruh tim atau tim yang bekerja pada sif tertentu.

Baca juga : 8 Sanksi Karyawan yang Bisa Kamu Terapkan di Kantor

Dengan adanya sanksi tim, segala kehilangan uang atau aset bisnis harus diganti oleh tim yang bekerja pada saat itu. Meskipun yang melakukan mungkin hanya 1 atau 2 oknum karyawan, namun dengan adanya sanksi bukan tidak mungkin karyawan yang tidak bersalah akan lebih peduli dan peka terhadap segala tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Kondisi ini akan membantu Anda untuk mendapatkan saksi hidup selain dari penggunaan kamera pengawas CCTV. Selain itu, oknum karyawan yang melakukan kecurangan mungkin akan mendapatkan sanksi sosial berupa pengucilan dari sesama rekan kerjanya.

Selalu Terhubung Dengan Karyawan Anda

Langkah terakhir yang dapat dilakukan agar kecurangan di bisnis Anda bisa dikurangi adalah dengan membangun kedekatan dengan semua karyawan. Kedekatan dengan karyawan cukup penting, karena dengan mengetahui semua karakter, kepribadian dan sikap dari masing-masing karyawan, Anda akan lebih jeli menilai mana karyawan yang memiliki jiwa yang sehat dan mana yang tidak.

Baca juga : Pentingnya Membina Hubungan Baik Antara Perusahaan dan Karyawan

Selain itu, apabila Anda memperlakukan karyawan dengan baik dan sopan, mungkin karyawan akan merasa segan dengan Anda. Rasa segan tersebut akan mengurangi potensi karyawan melakukan kecurangan, karena karyawan akan merasa bersalah atau setidaknya akan berpikir 2 kali sebelum melakukan kejahatan terhadap bos yang berperangai baik dan sopan terhadap mereka.

Berikut adalah 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tindak kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Apabila Anda memiliki tips lain yang dapat dibagikan kepada Kami, silahkan komentar di kolom komentar ya!