Tips Memilih Alat Masak Bagi Pengusaha F&B Skala Mikro

-

Tips memilih alat masak akan sangat bermanfaat bagi Anda yang akan terjun ke dunia bisnis f&b. Mengapa demikian? Karena saat Anda memutuskan untuk membuka usaha kuliner, tidak semata-mata yang dibutuhkan hanya skill dan passion loh, KawanKAWN.

Baca juga: Masakan Rumahan Menjadi Tren Bisnis Kuliner 2021. Berminat?

Nah, sebelum mengetahui tips memilih alat masak, Anda harus tahu dulu poin-poin apa yang harus diperhatikan untuk membuka usaha f&b. Poin pertamanya adalah, tentukan skala bisnis f&b Anda. Apakah berskala mikro? Atau kecil? Ataupun menengah?

For your information, poin pertama ini diterapkan pada semua jenis bisnis, tidak saja bisnis f&b. Karena dari poin pertama ini, akan memengaruhi poin-poin berikutnya. Misalnya saja, alat masak itu akan masuk dalam poin anggaran dan modal usaha.

Baca juga: 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Anggaran serta modal usaha akan sejalan dengan skala bisnis yang Anda jalankan. Begitupun dengan alat masak yang akan digunakan, misalnya bisnis f&b berskala besar,  maka akan membutuhkan professional kitchen standard dengan biaya yang besar juga.

Nah, dalam artikel ini, KAWN akan membagikan tips bagi Anda usahawan f&b berskala mikro untuk memilih alat masak dengan bijak. Pastikan Anda selalu membaca artikel seputar bisnis, f&b, tips & trik dan inspirasi lainnya di website kawn.co.id. Mari kita simak bersama!

Baca juga: Hobi Nonton Drakor? Cari Tahu Yuk Peluang Bisnis Di Balik Drama Korea

Tips Pertama, Berdasarkan Fungsi Cooking Set

Source: Canva

Untuk seterusnya, peralatan masak akan kita sebut dengan cooking set. Istilah ini lebih familiar digunakan di dunia f&b, baik dari sisi penjual, pembeli, maupun pengguna cooking set (chef) untuk menghasilkan sebuah masakan.

Sebelum membeli cooking set, Anda harus menentukan terlebih dahulu menu-menu apa yang akan dijual nantinya. Berdasarkan menu-menu tersebut, nantinya dapat dijabarkan dengan detail cooking set apa saja yang dibutuhkan.

Misalnya, KawanKAWN akan menjual menu khas Indonesia seperti masakan khas Padang. Berarti peralatan yang dibutuhkan meliputi, wajan untuk membuat rendang, panci untuk merebus sayuran dan teflon untuk menggoreng telur.

Baca juga: 15 Menu Masakan Padang Asli ala Rumahan yang Enak dan Mudah Dibuat

Tips Kedua, Cari Bahan Cooking Set yang Bagus

Source: Canva

Tips yang kedua ini sedang tren loh, khususnya di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Fitur anti lengket, pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Fitur cooking set ini memang memiliki banyak manfaat loh.

Manfaat dari cooking set anti lengket diantaranya, yaitu memudahkan proses memasak, hasil akhir masakannya pun bisa di-plating dengan mudah serta tidak menyulitkan saat mencuci cooking set tersebut.

Baca juga: Review 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru 2021)

Tips Ketiga, Ketahui Cara Merawat Cooking Set

Source: Canva

Masuk pada tips ketiga, yaitu cara merawat cooking set. Pemilihan bahan cooking set yang bagus tidak saja berguna saat proses memasak, namun juga ketahanan dari cooking set tersebut. Pilihlah cooking set yang memiliki cara perawatan mudah dan tidak memerlukan bahan khusus untuk membersihkannya.

KawanKAWN juga harus rutin merawat cooking set dengan baik dan benar. Misalnya, cooking set berbahan stainless jangan dicuci dengan menggunakan serabut kawat karena dapat mengikis lapisannya sehingga mudah bolong.

Cooking set anti lengket, setelah digunakan jangan langsung dicuci. Namun, diamkan sebentar atau dapat mencucinya dengan air hangat jika ingin buru-buru digunakan kembali agar tidak merusak lapisan anti lengketnya.

Baca juga: Biar Tak Salah Beli, Begini Cara Memilih Peralatan Dapur Online

Nah, demikianlah tips memilih alat masak dengan mudah bagi Anda pengusaha f&b berskala mikro. Apakah Anda berminat jika KAWN membahas tips memilih alat masak bagi pengusaha f&b berskala kecil dan menengah? Jika iya, jawab di kolom comment ya.

Perbaharui terus informasi Anda seputar dunia kuliner, bisnis, inspirasi dan teknologi hanya di website kawn.co.id. Serta pastikan Anda menjadikan aplikasi kasir KAWN sebagai pendamping bisnis Anda ya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!