Strategi Bisnis Jelang Ramadhan yang Bisa Anda Terapkan

-

Strategi bisnis merupakan upaya dan taktik pada suatu bisnis atau usaha dalam mengambil keputusan kebijakan usaha Anda. Strategi bisnis selain untuk mengambil kebijakan, juga untuk menerapkan rencana strategis untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Strategi bisnis memiliki tujuan selain untuk mendapatkan keuntungan, strategi bisnis juga digunakan supaya kegiatan bisnis berjalan sesuai rencana. Dengan begini, bisnis yang dijalankan akan berjalan sesuai target.

Lalu, bagaimana strategi bisnis yang harus Anda terapkan untuk mengembangkan usaha Anda pada jelang Bulan Ramadhan nanti? Simak tipsnya berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips agar Dagangan Laris Manis, Segera Lakukan!

Strategi Bisnis Pertama: Beri Diskon Produk

Source: freepik.com

Jelang Bulan Ramadhan, selain senang dan tidak sabar untuk segera menyambut bulan yang penuh berkah serta ampunan bagi umat islam. Hal ini juga dikarenakan karena banyaknya kesempatan dan peluang dalam membuka usaha, lho!

Seperti yang Anda ketahui, bahwa perilaku konsumen jelang Ramadhan hingga ketika dimulainya Ramadhan, memiliki kebiasaan konsumsi yang cenderung meningkat. Mulai dari keinginan untuk membeli makanan untuk berbuka dan sahur, hingga barang-barang tersier lainnya, seperti baju, alat sholat untuk hampers ataupun untuk pemakaian pribadi ketika lebaran nanti.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini menjadi salah satu strategi bisnis, agar usaha Anda mendapatkan perhatian yang masif, yaitu dengan menggunakan strategi memberikan diskon pada produk-produk yang Anda jual. Namun, perlu diingat pula, bahwa jelang Ramadhan nanti akan banyak sekali penjual yang menawarkan diskon, maka tugas Anda adalah membuat diskon yang lebih menarik daripada kompetitor Anda.

Baca Juga: Pengertian Kompetitor dan Bagaimana Cara Menanganinya

Buat Konten Produk yang Menarik

Source: freepik.com

Strategi bisnis kedua yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat konten-konten yang memiliki keterkaitan antara produk Anda dengan suasana di Bulan Ramadhan. Dengan membuat konten-konten yang relevan di media sosial milik bisnis Anda, maka diharapkan akan banyak orang yang tertarik dan berakhir dengan membeli produk atau layanan yang Anda jual.

Konten-konten yang bisa Anda buat pun bervariasi, bisa memulainya dengan membuat konten trivia atau fun seperti tips, info seputar Ramadhan, quiz atau giveaway spesial Ramadhan, dan lain-lain. Jika Anda rutin membuat konten yang relevan dengan Bulan Ramadhan, maka Anda bisa sekaligus meningkatkan interaksi antara Anda dengan followers media sosial Anda yang mungkin berpotensi menjadi konsumen yang akan membeli produk Anda nantinya.

Baca Juga: Giveaway, Kenali Jenis dan Cara Membuatnya

Promosikan Bisnis Secara Digital

Strategi bisnis satu ini merupakan strategi yang sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang sedang Anda kelola bisa mendapatkan perhatian yang cukup. Namun, jika Anda telah merencanakan untuk melakukan promosi atau kampanye, maka lakukanlah dengan cara digital. Atau yang biasa disebut juga dengan digital campaign.

Kemudian atur pula strategi campaign Anda semaksimal mungkin dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan kampanye iklan dalam memasarkan produk Anda. Hal ini dilakukan agar iklan Anda bisa mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih banyak.

Seperti misalnya, Anda bisa memasarkan produk Anda pada waktu-waktu menjelang buka puasa atau pada waktu sahur. Dimana, pada waktu-waktu ini akan banyak orang yang sibuk melakukan aktivitas pada ponselnya, termasuk melihat-lihat media sosial mereka.

Baca Juga: Payment Gateway di Dunia E-Commerce

Jadi itulah beberapa strategi bisnis yang bisa Anda terapkan jelang Ramadhan. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk mulai menerapkan strategi di atas untuk bisnis Anda?

Jika Anda memiliki tips lainnya, jangan ragu untuk tinggalkan jejak pada kolom komentar di bawah, ya!