Staycation Dengan Kuliner Enak Di Daerah Solo. Check!

-

Staycation adalah istilah masa kini yang digunakan banyak orang untuk merujuk pada arti menginap/berlibur yang jaraknya tidak jauh dari rumah tinggal. Staycation sendiri merupakan gabungan dari dua kata yati stay yang artinya menetap dan cation yang berasal dari vacation yang artinya berlibur.

Baca juga: Kuliner Khas yang Membuat Anda Selalu Rindu dengan Kota Malang - Aplikasi Kasir Online | KAWN POS

Nah, staycation saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat kota besar seperti Jakarta, Semarang, Jogja, Surabaya, dan kota lainnya. Mengapa harus staycation? Penyebabnya tidak lain karena mereka memilih untuk mencari suasana baru dan bebas sementara dari pekerjaan rumah loh.

Menurut data dari Annual Reviews, penghuni kota-kota besar memiliki resiko 40% untuk depresi/stres, 20% berpotensi memiliki gangguan kecemasan (anxiety) dan dua kali lipat berpotensi skizofrenia atau penyakit mental dalam jangka waktu panjang. Beragam fakta tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap produktivitas seseorang,  terutama seorang pekerja.

Baca juga: Sering Lemas? Ini Dia 5 Makanan Penambah Stamina

Nah, untuk menghindari penyakit berbahaya di atas, staycation bisa menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu waktu yang lama atau merogoh kocek yang dalam, luangkan waktu Anda untuk pergi staycation, baik sendiri maupun bersama keluarga & pasangan.

Tidak lengkap rasanya staycation tanpa menyantap kuliner nikmat maupun otentik bukan? Karena berburu kuliner juga punya banyak manfaat loh KawanKAWN. Sebut saja, mencicipi rasa yang baru hingga cinta akan budaya. Wah, seru banget kan.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Untuk itu, KAWN akan membahas beberapa tempat staycation di Kota Solo yang dekat dengan wisata kuliner enak serta otentik. Sudah tidak sabar? Yuk kita simak bersama artikelnya!

Staycation Di Daerah Serengan, Solo

Source: Google Image

Serengan merupakan sebuah kecamatan di selatan Kota Solo, Jawa tengah. Wilayah Serengan memang kecil, namun sangat produktif dengan banyaknya industri rumahan di sini. Anda bisa mencari banyak hotel ataupun guest house nyaman di daerah Serengan.

Selain itu, terdapat wisata kuliner legendaris sejak 1987, yaitu Selat Solo Mba Lies. Selat sendiri merupakan makanan khas Jawa yang terpengaruh hidangan Eropa. Terdiri dari potongan daging sapi, telur rebus, aneka sayuran, kemudian diguyur dengan kuah encer rasa manis khas Jawa.

Alamat: Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kec. Serengan, Kota Solo

Jam Buka: 08.00 - 17.30 WIB

Harga Per Porsi: Rp 12.000 - Rp 21.000

Baca juga: Resep Selat Solo yang Manis Gurihnya Bikin Kangen

Daerah Pasar Gede, Solo

Source: Google Image

Pasar terbesar di Kota Surakarta/Solo ini sangatlah legendaris loh KawanKAWN. Terletak di seberang Balai Kota Surakarta yang berada di jalan Jenderal Sudirman. Di sini bermukim warga etnis keturunan Tionghoa yang bersanding harmonis dengan masyarakat lokal.

Anda akan sangat mudah menemukan hotel maupun guest house untuk menginap di daerah Pasar Gede ini. Selain memang di pusat Kota Surakarta, Pasar Gede juga menyimpan wisata kuliner di dalamnya. Sebut saja, Timlo Sastro kesukaan Bapak Jokowi.

Makanan ini berbentuk kuah, seperti soto namun juga bisa dikatakan sup. Bingung bukan? Segera saja berkunjung ke daerah Pasar Gede Kota Solo ya!

Alamat: Pasar Gede Timur No. 1, Solo

Jam Buka: 06.30 - 15.30 WIB

Harga Per Porsi: Rp 7.000 - Rp 18.000

Baca juga: Resep Timlo Solo Asli yang Berkuah Bening Segar

Daerah Keprabon, Solo

Source: Google Image

Asal-usul nama Keprabon sendiri diambil memiliki arti “tempat para prabu atau raja” sehingga tepat lah jika Istana Mangkunegaran berada di daerah ini, bukan? Di daerah ini pula sangat strategis jika Anda memutuskan untuk staycation loh.

Di Keprabon juga terdapat kuliner yang menjadi pelengkap Anda selama staycation di Kota Solo, yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1951 hingga kini. Nasi liwet sendiri terdiri dari nasi putih, ayam suwir, sayur labu siam, telur rebus dengan sedikit santan kental di atasnya. Penasaran? Langsung aja jadwalkan staycation Anda ya.

Alamat: Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo

Jam Buka: 16.00 - 22.00 WIB

Harga Per Porsi: Rp 19.000 - Rp 22.000

Baca juga: Resep Nasi Liwet Solo, Cita Rasa Tradisional yang Selalu Dirindukan

Masih ada banyak tempat staycation di Kota Solo yang wajib Anda kunjungi. Setujukah Anda jika KAWN membahasnya dalam artikel bagian kedua? Bagikan jawaban Anda di kolom komentar ya.

Jangan lupa, baca terus artikel inspiratif seputar bisnis dan F&B lainnya di website KAWN. Sampai jumpa & salam sukses!