SEO atau kepanjangan dari search engine optimization merupakan serangkaian proses yang dilakukan untuk mengoptimasi halaman sebuah website. Dengan adanya teknik ini memungkinkan halaman website untuk ditelusuri oleh mesin pencari google, agar muncul di urutan/peringkat 1 atau 2.
Baca juga: Apa Itu SEO? Pengertian SEO dan Cara Kerjanya
SEO merupakan serangkaian teknik yang dilakukan secara berkesinambungan dan tiada henti. Dalam penerapannya SEO terbagi menjadi dua teknik, yakni SEO On Page dan SEO Off Page.
Baca juga: Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis
SEO On Page merupakan teknik optimasi halaman sebuah website dari dalam. Teknik SEO On Page menitikberatkan kepada pengaturan-pengaturan dalam website yang mempermudah mesin pencari melakukan crawling terhadap informasi di dalam website tersebut. Adapun beberapa teknik SEO On Page yang dapat dilakukan adalah:
- Penyetelan alamat URL yang terformat dengan baik.
- Penanaman keyword yang berimbang di setiap koten.
- Konten yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.
- Penggunaan tools SEO On Page, contoh: Yoast SEO.
- Penanaman keyword pada alt text gambar.
- Penggunaan keyword dengan tingkat persaingan rendah atau medium.
- Penggunaan keyword dengan volume pencarian yang tinggi.
- Penggunaan tools pencarian persaingan keyword, contoh: google keyword planner.
- Penanaman internal link dan external link.
- Penanaman keyword pada sub judul pertama.
- Penggunaan gambar yang tidak terlalu berat, guna mengurangi presentasi bounce rate.
Sedangkan SEO Off Page merupakan teknik optimasi halaman sebuah website dari luar. SEO Off Page memiliki sifat saling melengkapi dengan SEO On Page dan merupakan suatu kombinasi yang harus dilakukan agar halaman website dapat teroptimasi dengan maksimal. Terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk melakukan optimasi SEO Off Page.
- SEM (search engine marketing).
- Pemasangan iklan dengan landing page ke halaman website yang ingin di optimasi, misal: facebook ads, instagram ads atau digital publisher ads.
- Penggunaan jasa blogger untuk memasang link halaman website yang ingin di optimasi sebagai eksternal link mereka.
- Pemasangan link pada bio media sosial bisnis atau influencer.
- Link building atau Backlink.
Mengapa SEO itu sangat penting? Karena saat ini telah terjadi perubahan pola konsumen dalam mencari informasi seputar produk atau jasa. Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, biasanya konsumen akan mencari informasi seputar produk atau jasa di mesin pencari google. Melansir dari centerklik.com terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh bisnis dengan mengoptimalkan SEO pada halaman website.
Trafik Organik Meningkat Berkat SEO

Manfaat pertama yang dapat dirasakan dengan menerapkan teknik SEO adalah dengan bertambahnya trafik pengunjung secara organik. Tentunya trafik ini merupakan calon konsumen potensial yang harus selalu Anda kelola dengan baik.
Konten-konten seputar produk atau jasa yang lengkap akan membuat calon konsumen semakin yakin untuk membeli produk Anda. Dengan trafik yang semakin tinggi pun akan membuat halaman website Anda berpotensi menjadi rangking 1 atau setidaknya 5 besar di daftar mesin pencari google.
Memperjelas Target Pasar

Target pasar yang jelas dan terarah merupakan item penting dalam sebuah bisnis. Dengan melakukan strategi penanaman keyword yang mempunyai volume pencarian tinggi, tentunya akan memperjelas jenis pengunjung yang masuk ke halaman website Anda.
Sebagai contoh, apabila produk Anda merupakan aplikasi jasa antar makanan, maka kata kunci, seperti ongkir, antar makanan atau jasa antar makanan bisa jadi adalah kata kunci yang sering diketik oleh konsumen di mesin pencari google. Dengan menanamkan kata-kata kunci tersebut di dalam website Anda, bukan tidak mungkin ketika calon konsumen mengetik kata kunci tersebut maka akan keluar beberapa halaman website yang mungkin salah satunya adalah halaman website bisnis Anda.
Strategi Branding

Dengan muncul sebagai peringkat 1 atau 2 di mesin pencari google, secara tidak langsung peringkat tersebut akan membentuk citra merek bisnis Anda di mata konsumen. Sederhananya peringkat 1 atau 2 dapat disimpulkan sebagai merek yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi, mutu yang berkualitas dan dikenal orang banyak.
Maka dengan mengoptimasi website Anda dengan teknik SEO akan membuat halaman website bisa muncul di peringkat 1 atau 2. Peringkat tersebut bisa Anda jadikan sebagai portofolio kepada calon konsumen.
Meningkatkan Penjualan

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan dengan melakukan teknik optimasi SEO adalah dengan semakin meningkatkan penjualan produk. Manfaat ini muncul sejalan dengan semakin percayanya konsumen terhadap produk atau jasa yang menjadi peringkat teratas di mesin pencari google.
Baca juga: Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis
Promosi Hemat dan Efektif

Melalui teknik optimasi SEO On Page, Anda dapat melakukan kegiatan promosi secara hemat dan efektif. Mengapa? Karena SEO On Page tidak membutuhkan biaya besar untuk melakukannya, tidak seperti pada SEO Off Page dimana Anda memerlukan jasa dari pihak ketiga untuk mengoptimasi website Anda.
Baca juga: 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis
Cukup dengan rajin mengunggah konten yang sudah sesuai dengan kaidah SEO On Page, maka mesin pencari google akan melakukan kegiatan crawling secara otomatis. Crawling adalah semacam robot laba-laba yang menyaring semua informasi di dunia maya kemudian robot tersebut akan mengkategorikannya berdasarkan kata kunci yang sering digunakan.
Berikut tadi merupakan penjelasan singkat terkait dengan SEO dan manfaatnya terhadap halaman website bisnis Anda. Apabila ada masih menemukan fakta lain seputar SEO, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar yah! Sampai jumpa di artikel KAWN selanjutnya.