Ramadhan Identik Dengan Buah Kurma, Yuk Kenali Faktanya!

-

Ramadhan menjadi bulan spesial yang selalu ditunggu-tunggu oleh Umat Muslim di Indonesia bahkan Dunia. Dikenal sebagai bulan penuh berkah, Ramadhan kerap diisi dengan berbagai macam ibadah atau kegiatan-kegiatan positif, mulai dari berpuasa, membaca Al-quran, sholat tarawih, i’tikaf hingga bersedekah.

Namun, ada banyak hal lainnya yang identik selama Bulan Ramadhan, salah satunya adalah mengonsumsi buah kurma. Bukan tanpa alasan, buah asli dari Daratan Timur Tengah ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan, terlebih bagi yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Dikutip kompas, meski terasa manis, buah kurma memiliki kandungan glukosa yang tidak berlebihan. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa, karena mampu memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

Selain itu, mengonsumsi buah kurma saat berbuka juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi “Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (HR. Al-Tirmidzi).

Baca juga: Kurma dan Air Putih, Menu Buka Puasa Anjuran Rasulullah SAW

Itulah sedikit informasi mengenai buah kurma. Mau tahu fakta lainnya tentang buah ini, yuk kita bahas satu persatu!  

Ramadhan Baiknya Mengonsumsi Buah Kurma

source : klikdokter

Demi menjaga kesehatan selama Bulan Ramadhan, selain minum air putih yang banyak, ada juga anjuran untuk mengonsumsi buah-buahan ketika berpuasa. Lantas, buah apa yang baik dikonsumsi saat berpuasa?  

Jika merujuk pada pertanyaan tersebut, sudah pasti jawabannya adalah buah kurma. Selain mampu mengembalikan energi dengan cepat setelah berpuasa seharian, buah ini juga kaya akan serat yang mampu membantu memelihara kesehatan pencernaan. Sehingga, jadwal buang air besar lebih teratur. Selain itu, buah ini cukup mudah ditemukan saat Bulan Ramadhan.

Baca juga: 4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Manfaat Kesehatan dan Nutrisi yang Terkandung pada Buah Kurma

source : klikdokter

Bukan hanya enak dimakan karena rasanya yang manis. Buah kurma juga menyimpan begitu banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip hellosehat, secara umum buah ini mengandung 70% karbohidrat. Selain itu, buah kurma juga diperkaya dengan berbagai macam nutrisi lainnya seperti serat, kalsium, protein, kalium, magnesium, zat besi, vitamin B6 serta antioksidan yang terdiri dari karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Baca juga: Antosianin, Senyawa yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Melihat begitu banyaknya nutrisi yang terkandung, tak ayal membuat buah kurma memiliki begitu banyak kesehatan. Masih mengutip laman hellosehat, buah kurma mampu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah diabetes, menangkal radikal bebas serta meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: Jus Buah, Temukan Ragam Manfaat Kesehatan Didalamnya

Selain yang disebutkan diatas, buah kurma juga mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Bulan Ramadhan. Karena itulah, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.  

Baca juga: Lemas Saat Berpuasa, Ikuti Tips Berikut Agar Tetap Terasa Segar

Terdapat Lebih dari 200 Jenis Buah Kurma

source : mnews

Seperti kita ketahui, buah kurma tidak dapat tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia, Malaysia atau negara-negara Asean lainnya. Akan tetapi, di negara asalnya, buah ini tumbuh sangat subur dan memiliki begitu banyak jenisnya.

Arab Saudi misalnya, negara ini memiliki lebih dari 44 juta pohon kurma dan mampu menghasilkan lebih dari 900.000 ton buah kurma per tahunnya. Dengan total sebanyak itu, tidak heran jika kurma yang dihasilkan mencapai 200 jenis kurma, kutip idntimes. Akan tetapi, hanya beberapa jenis saja yang sudah cukup familiar dengan masyarakat Indonesia, mulai dari kurma Ajwa, Medjool, Deglet Noor, Sukkari dan juga Amer Hajj.

Baca juga: 5 Hidangan Populer Khas Arab yang Menggugah Selera

Termasuk Salah Satu Buah yang Tahan Lama

source : popmama

Berbeda dengan buah-buahan pada umumnya, buah kurma memiliki ketahanan yang cukup lama. Dilansir tribunnews, jika disimpan dengan cara yang benar, buah kurma mampu bertahan hingga 1,5 tahun lamanya lho.

Baca juga: Tetap Awet Hingga 1,5 Tahun, Begini Cara Menyimpan Kurma Agar Tidak Busuk

Ada 2 saran yang perlu diperhatikan sebelum membeli buah kurma. Selain cek expired date-nya, Anda juga perlu mengecek kualitas kemasan, apakah sudah rusak atau masih terjaga dengan baik.

Baca juga: Expired Date dan Best Before pada Produk F&B, Yuk Kenali Perbedaannya!

Dapat Diolah Menjadi Berbagai Macam Hidangan

source : frisianflag

Bosan dengan penyajian buah kurma yang langsung dimakan begitu saja! Kenapa tidak menjadikannya hidangan di Bulan Ramadhan yang lebih bervariasi dan juga kaya rasa?

Perlu diketahui, buah kurma bisa dijadikan berbagai macam makanan dan minuman lho! Dikutip KAWN, setidaknya ada 5 hidangan berbahan dasar kurma yang bisa Anda buat sendiri dirumah, mulai dari smoothies kurma, kopi susu kurma, puding kurma, cookies kurma dan juga selai kurma.

Baca juga: 5 Minuman Dingin yang Cocok untuk Buka Puasa

Selain enak dan begitu kaya manfaat, banyak fakta yang menarik juga dari buah kurma ya! Bagaimana, makin gemar dong mengonsumsi buah kurma di Bulan Ramadhan nanti? Atau jenis kurma mana yang menjadi favorit Anda? Yuk diskusikan di kolom komentar!