Promo, siapa yang tidak tergiur dengan lima huruf tersebut? Promo juga jadi momen yang ditunggu-tunggu loh oleh para pelanggan untuk membeli produk yang diidam-idamkannya selama ini. Apalagi promo yang khusus diberikan saat Hari Pelanggan Nasional.
Tahukah Anda, bahwa ada Hari Pelanggan Nasional dan juga Hari Konsumen Nasional? Jika sekilas dibaca, Anda pasti menganggap kedua hari tersebut sama. Padahal keduanya memiliki objektif dan tanggal perayaan yang berbeda loh.
Baca juga: Apa Itu Minat Belanja? Dan Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Belanja Konsumen?
Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap tanggal 4 September dengan maksud untuk menekankan kepada pelaku usaha agar memberikan produk (barang maupun jasa) yang terbaik kepada para pelanggan. Sedangkan Hari Konsumen Nasional diperingati pada tanggal 20 April setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mencerdaskan dan melindungi hak para konsumen melalui peraturan pemerintah.
Nah, pasti Anda saat ini bertanya-tanya dong apa bedanya konsumen dan pelanggan ya? Jika konsumen adalah orang yang membeli produk jualan Anda (intensitasnya minimal satu kali). Sedangkan pelanggan merupakan konsumen loyal atau setia yang membeli produk jualan Anda berulang-ulang kali (intensitasnya lebih dari satu kali pembelian). Sampai sini sudah paham kan?
Baca juga: Memanfaatkan Loyalty Program pada Bisnis F&B
Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, aplikasi kasir KAWN semakin menguatkan komitmen untuk terus mengedukasi serta memberikan informasi seputar dunia bisnis kepada para penggiat UMKM. Tujuan ini semoga berbanding lurus dengan aksi yang dapat ditunjukkan oleh penggiat UMKM yang sedang membaca tulisan ini, agar bisa ikut serta berkontribusi.
Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memberikan promo istimewa. Namun, perhitungkan dulu secara matang agar promo tersebut tidak merugikan bisnis Anda ya. Nah, kali ini KAWN akan memberikan informasi yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat promo terbaik. Mari kita simak bersama!
Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda
Promo Sambut Hari Pelanggan Nasional, September Ceria!

Bulan September identik dengan kata-kata ceria, Anda setuju? KAWN sendiri setuju, karena lagu September Ceria memang pas untuk menggambarkan Bulan September. Namun ceria seperti apa nih yang diinginkan pelanggan/konsumen ya?
September Ceria bisa jadi penamaan promo yang cocok loh KawanKAWN. Misalnya ada menu baru yang lebih colorful lalu Anda namai dengan promo September ceria. Atau Anda dapat memberikan potongan harga yang menarik kemudian menamainya dengan promo September ceria. Mudah bukan?
Baca juga: Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis
PPKM Melonggar, Tunjukkan Vaksin Dapat Potongan Bayar!

Pemerintah memperpanjang PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk wilayah Pulau Jawa-Bali. Berada di level 3, kini pemerintah memberi kelonggaran bagi para penggiat UMKM. Tujuannya tidak lain tidak bukan, agar perekonomian kembali meningkat.
Namun, kelonggaran ini juga disertai peraturan ketat loh. Misalnya saja, pelanggan/konsumen yang hendak makan di tempat harus menunjukkan bukti vaksin kepada outlet. Dengan harapan, pelanggan, pemilik serta karyawan outlet saling menjaga dari virus covid-19.
Nah, biar pelanggan semakin semangat untuk datang ke outlet Anda, berikan promo potongan harga atau free makanan camilan contohnya. Dan pastikan outlet Anda untuk rutin di desinfektan ya. Selamat mencoba!
Baca juga: Diskon belanja di 14 brand lokal untuk yang sudah vaksin COVID-19
Pelanggan Takut Keluar Rumah? Home Care = Solusi Mudah

Walaupun pemerintah sudah memberi kelonggaran level PPKM, namun tetap ada loh pelanggan/konsumen yang masih takut keluar rumah. Lalu, gimana dong solusinya bagi para pemilik usaha yang bergerak di bidang jasa seperti klinik kecantikan atau pijat refleksi?
KAWN punya saran nih. KawanKAWN bisa juga kok memberi penawaran promo home care (perawatan yang datang ke rumah). First thing first, pastikan semua terapis atau karyawan Anda sudah divaksin dan rutin dicek kesehatannya secara berkala ya.
Baca juga: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Prinsip Home Care
Promo Payday, Bikin Penat Jadi Go Away

Yuhu, sampai juga kita di jenis promo yang terakhir. Ini promo yang sudah sering mondar-mandir pastinya di halaman marketplace Anda bukan? Nah, KAWN setuju banget nih dengan ide promo payday ini. Karena gajian menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang.
Tingginya kebutuhan dan keinginan setiap orang untuk memiliki suatu produk seringnya tertahan karena belum adanya uang gajian, kasian ya. Nah, dengan adanya promo payday alias promo gajian ini pastinya akan dimanfaatkan oleh pelanggan/konsumen Anda untuk segera membeli produk kesayangan mereka.
Baca juga: Arti Payday Beserta Do & Dont Saat Tanggal Gajian
Kira-kira dari promo di atas ada yang sudah Anda terapkan belum? Kalau sudah, coba ceritakan di kolom komentar ya. Saling berbagi pengalaman dan informasi agar UMKM Indonesia bisa sama-sama maju.
Pastikan untuk menjadikan KAWN sebagai pendamping setia bisnis Anda. Mengapa? Karena selain dilengkapi dengan berbagai fitur andalan, KAWN juga bisa bantu Anda membuat promo menarik loh. Gak percaya? Langsung aja klik di sini ya!