PPOB, Bisnis Fleksibel yang Minim Modal

-

PPOB atau (Payment Point Online Bank) merupakan sistem layanan pembayaran online yang terintegrasi dengan berbagai jenis layanan pembayaran lainnya. Sejatinya PPOB adalah aggregator pembayaran yang memudahkan pelanggan membayar tagihan bulanan pada satu pintu tanpa harus repot pergi ke masing-masing gerai penyedia jasa.

Bisnis PPOB dinilai cocok dijadikan bisnis sampingan karena sifatnya yang fleksibel, minim modal dan tempat. Rumah tangga adalah sasaran dari bisnis PPOB, karena setiap bulannya rumah tangga minimal melakukan pembayaran untuk dua jenis layanan, misalnya listrik maupun PDAM.

Melalui layanan PPOB pelanggan tidak hanya bisa melakukan pembayaran kedua tagihan tersebut, namun juga bisa membayar tagihan lainnya, seperti pembayaran belanja daring, pulsa, paket data bahkan zakat. Sangat memudahkan bukan?

Bisnis PPOB banyak dijalankan oleh ibu rumah tangga, yang masih ingin produktif namun urusan keluarga tetap bisa berjalan seimbang. Bisnis PPOB tidak selalu membutuhkan tempat untuk memulai usaha, cukup bermodalkan saldo, gawai, paket data dan materi promosi maka Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Baca juga: 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan Di 2021

Bagi Anda para moms dirumah pasti tertarik, khan untuk bisa menjalankan bisnis ringan tapi masih menghasilkan cuan? Daripada penasaran dan bingung harus memulai dari mana, yuk kita simak pembahasan dibawah ini.

PPOB Juga Butuh Modal

source : pexels

Bisnis apapun itu dan sekecil apapun pasti membutuhkan modal untuk dapat memulainya. Begitu pula dengan bisnis PPOB, modal dasar untuk memulainya adalah dengan memiliki saldo, paket data dan gawai untuk melakukan pembayaran ke berbagai sumber layanan.

Saldo akan berkurang otomatis ketika Anda melakukan pembayaran tagihan dan apabila sudah habis Anda harus mengisinya kembali. Bisnis ini hampir sama dengan bisnis isi pulsa yang sempat tenar pada era 90-an.

Baca juga: Tips Sukses Memiliki Bisnis Pulsa dengan Omzet Tinggi

Jangan lupa Anda juga harus menyiapkan beberapa gawai, seperti komputer, printer dan ponsel sebagai media untuk melakukan proses pembayaran. Dan terakhir tentu koneksi internet yang lancar berpengaruh terhadap kecepatan layanan transaksi.

Baca juga: Jualan Di TikTok, Siapa Takut?

Cari Lokasi Strategis

source : pexels

Lokasi yang tepat dan cocok untuk memulai usaha PPOB adalah di area pemukiman penduduk, misal di perumahan, komplek, apartemen atau pedesaan. Karena bisnis PPOB identik dengan kebutuhan rumah tangga, maka sangat ideal apabila gerai Anda bisa mudah dijangkau oleh calon pelanggan potensial.

Baca juga: RFID, Teknologi yang Dipakai Pada E-KTP dan E-Money, Berikut Faktanya!

Rekening Bank dan Materi Promosi

source : tekno esportsku

Langkah terakhir untuk mendirikan bisnis PPOB adalah dengan membuat akun rekening bank khusus dan tentu saja materi promosi berupa brosur, baliho atau spanduk.

Pembuatan rekening khusus bertujuan agar pemasukan atau pengeluaran bisnis tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Tercampurnya rekening tentu bisa membuat Anda bingung dalam memantau arus kas keluar masuk bisnis.

Baca juga:  Masalah Finansial yang Sering Menimpa UMKM

Materi promosi dibutuhkan terutama pada saat awal Anda membuka bisnis. Sebar brosur atau flyer ke rumah-rumah warga bisa menjadi cara yang cepat, murah dan cermat untuk melakukan promosi awal.

Gunakan spanduk atau banner yang menarik di sekitar gerai bisa menjadi strategi promosi yang bisa menciptakan awareness calon pelanggan. Namun, tetap sesuaikan anggaran Anda untuk melakukan promosi yang tepat ya!

Baca juga: https://kawn.co.id/kebiasaan-pebisnis-sukses-yang-wajib-anda-tiru/

Berikut tadi adalah penjabaran singkat mengenai seluk beluk memulai bisnis PPOB. Apabila Anda mempunyai pandangan lain, seputar bisnis PPOB jangan sungkan untuk komen di bawah ya!

Nantikan terus ulasan bisnis yang tentu memberikan inspirasi dan motivasi berbisnis untuk Anda semua. Sampai jumpa dilain kesempatan!