Potensi Cuan di Bisnis Sablon Kaos

-

Dari sekian banyaknya jenis bisnis yang ada, mungkin bisnis sablon kaos bisa menjadi jawaban. Terkadang bisnis sablon seringkali dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang, apalagi jika dibandingkan dengan bisnis makanan yang berpotensi mendatangkan cuan lebih banyak.

Baca juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Namun, jika bisnis sablon kaos Anda pelajari lebih dalam dan dijalani lebih serius, bukan tidak mungkin cuan melimpah akan masuk ke kantong Anda.  Lantas, bagaimana cara terbaik saat Anda akan membangun bisnis sablon kaos, melansir cekaja.com berikut ulasannya.

Jenis Sablon Kaos yang Dijalankan

Source: Google Image

Sebelum Anda memulai bisnis sablon kaos, ada baiknya jika Anda mencari informasi tentang bisnis tersebut. Karena perlu diketahui, bahwa sablon kaos sendiri ada banyak macamnya, seperti sablon digital, sablon manual, sablon glow in the dark, sablon polyflex serta sablon plastisol.

Baca juga: Sablon Manual VS Sablon Digital – Apa Kelebihan dan Kekurangannya ?

Untuk itu, dari sekian banyak jenis sablon kaos yang ada. Anda perlu memilih jenis sablon kaos apa yang akan Anda jadikan peluang usaha.

Tentukan Target Pasar

Source: Google Image

Setelah Anda menentukan jenis sablon langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar yang akan Anda sasar. Dalam menentukan target pasar ini diperlukan riset terlebih dahulu, mulai dari jenis kelamin, status sosial, usia, geografis dan juga hobi.

Baca juga: Mulai Bisnis Kecil? Ini Cara Menentukan Target Market-mu

Tentunya, dalam bisnis sablon kaos sendiri bukan hanya target pasar individu yang hanya memesan sablon kaos dalam satuan, melainkan Anda bisa juga bidik pasar perusahaan, organisasi atau komunitas yang tentu saja akan melakukan pemesanan dalam jumlah banyak. Sudah barang tentu, hal ini berpotensi mendatangkan cuan lebih banyak lagi, dibandingkan pasar individu.

Peralatan Sablon Kaos

Source: Google Image

Langkah selanjutnya yang perlu Anda siapkan adalah peralatan sablon kaos. Perlu dicatat bahwa dalam menentukan peralatan sablon, Anda sudah harus menentukan juga jenis usaha sablon kaos yang akan Anda jalani.

Baca juga: Ini Dia 9 Alat Sablon Kaos Manual yang Harus Diketahui Pemula

Karenanya, setiap jenis sablon kaos pastinya akan memerlukan peralatan yang berbeda-beda. Sebagai contoh jika Anda akan menjalankan bisnis sablon kaos digital. Peralatan yang wajib disiapkan adalah sebagai berikut, mesin cutting, laptop atau PC, transfer paper serta mesin press kaos.

Tentukan Harga Jual

Source: Google Image

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan harga jual. Banyak cara yang bisa Anda terapkan dalam menentukan harga jual, namun yang paling mendasar adalah dengan menghitung semua biaya produksi.

Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan harga jual dari beberapa pesaing bisnis sablon kaos Anda. Satu tips penting saat Anda menentukan harga untuk bisnis sablon kaos, yaitu buat harga khusus untuk pesanan dalam jumlah besar.

Menyediakan Layanan Free Design

Source: Google Image

Tips ini sebetulnya boleh Anda jalankan atau tidak. Karena, dengan memberikan layanan free design, tentunya Anda harus memperdalam skill design Anda. Namun, bisa juga Anda mempekerjakan seorang desainer grafis.

Baca juga: Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Langkah ini dilakukan agar konsumen tertarik untuk menggunakan jasa sablon kaos Anda. Karena dengan memberikan benefit free design, akan memancing makin banyak orang yang ingin menggunakan jasa sablon kaos di tempat Anda. Hal ini sudah pasti akan mendorong penjualan dan tentunya cuan pun makin bertambah.

Promosi yang Efektif

Source: Google Image

Promosi merupakan langkah penting yang wajib Anda jalani. Setelah Anda sudah menentukan target pasar, tentunya Anda sudah bisa melakukan promosi yang lebih tertuju.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam melakukan promosi. Namun dimasa yang serba digital seperti saat ini, melakukan promosi melalui digital marketing bisa jadi cara yang efektif.

Baca juga: Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis

Membuka Layanan Pesan Online

Source: Google Image

Terakhir dan tidak kalah pentingnya, yaitu membuka layanan pesan online. Karena saat ini, kepraktisan merupakan suatu hal yang diinginkan banyak orang, memberikan layanan pesan online merupakan suatu keharusan yang bisa Anda terapkan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak bisnis yang bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis yang Perlu Dipersiapkan Pasca Pandemi COVID-19

Sablon kaos memang bukan kebutuhan primer setiap orang yang wajib dipenuhi dalam hidupnya. Untuk itu, Anda harus cerdik dalam membidik target pasar.

Seperti saat ini, di tengah menjamurnya komunitas olahraga. Anda bisa menawarkan kebanyak komunitas olahraga tentang keunggulan dari bisnis sablon kaos Anda. Selain itu, menjelang berlangsungnya pilkada atau pemilu, tak ayal banyak partai politik yang berlomba-lomba memproduksi kaos partainya. Untuk itu Anda bisa menawarkan bisnis sablon kaos milik Anda. Bukan tidak mungkin, potensi cuan bisa muncul dari peluang ini.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jalankan saat membangun bisnis sablon kaos. Akan tetapi, jika Anda memiliki pandangan atau cara lainnya yang lebih berpotensi mendatangkan cuan. Boleh cerita pengalaman Anda di kolom komentar ya! Terima kasih!