Plus Minus Membeli Usaha Waralaba

-

Usaha waralaba atau yang biasa dikenal dengan istilah franchise merupakan salah satu usaha yang sampai saat ini masih marak kita jumpai, karena usaha waralaba cenderung lebih mudah untuk dijalankan. Jadi, jika Anda ingin menjalankan usaha instan tanpa perlu memulai dari awal, maka usaha waralaba ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu banyak yang mengakui bahwa dengan menjalankan usaha waralaba, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Baca juga : 5 Bisnis F&B dengan Modal 10 Juta aja, Wajib dicoba!

Secara umum, usaha waralaba merupakan salah satu model usaha yang berjalan antara pemilik paten brand atau merek dengan mitra waralaba. Dimana, pemilik brand waralaba memberikan hak kepada mitra waralaba untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. Dengan sistem waralaba, mitra waralaba tidak perlu membangun merek dan sistem kerja dari awal.

Baca juga : 4 Keuntungan Memulai Bisnis dengan Sistem Franchise

Pada dasarnya, apapun sistem usaha yang dijalankan, pasti memiliki plus dan minus. Termasuk jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha waralaba ini. Sebagaimana telah dilansir dari dosenekonomi.com, berikut beberapa plus dan minus membeli usaha waralaba.

Poin Plus Saat Membeli Usaha Waralaba :

Sistem Manajemen Sudah Terbangun

Tidak seperti membangun usaha sendiri, sistem waralaba telah memiliki sistem manajemen yang siap dan matang. Biasanya Pemilik brand pun mulai memberi kesempatan membuka waralaba karena usaha yang dijalani sudah matang dalam hal sistem manajemennya, memiliki pasar yang tidak berubah-ubah, dan juga memiliki reputasi yang baik, sehingga manajemen dan strategi usaha yang dijalankan juga sudah baik.

Baca juga : Tips Memilih Usaha Waralaba yang Menguntungkan

Merek atau Brand Sudah Dikenal

Brand yang sudah dikenal masyarakat akan membuat proses pemasaran usaha waralaba menjadi lebih mudah, apalagi bila produk yang dijual adalah produk yang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat. Hal ini tentu saja akan lebih mudah untuk memasarkan produk yang dijual ke masyarakat, sehingga biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk membangun reputasi usaha tidak sesulit ketika kita membangun usaha dari awal.

Peluang Sukses yang Lebih Cepat

Usaha waralaba biasanya memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena awareness baik dan juga sudah memiliki pasar dan konsumen yang setia. Biaya modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar karena pasokan sumber daya dan strategi pemasaran yang sudah matang dari pemilik brand.

Baca juga : Brand Awareness dan Peran Pentingnya dalam Sebuah Bisnis

Kerjasama Usaha Telah Terbangun

Keuntungan lain jika Anda membeli sebuah brand waralaba, yaitu kerjasama usaha yang telah terbangun dengan baik sebelumnya. Beberapa contoh poin plusnya adalah dalam hal pemasok bahan baku, program pemasaran serta desain dan konstruksi tempat usahanya.

Dukungan yang Lebih Kuat

Biasanya para pemilik brand waralaba memberikan pelatihan khusus kepada para mitra mereka sebelum beroperasi. Pelatihan ini mencakup manajemen keuangan, strategi pemasaran, cara mengolah produk yang dijual, dan lain-lain. Pelatihan tersebut biasanya sudah termasuk dalam pembelian paket waralaba, sehingga para mitra akan dimudahkan dalam menjalankan bisnis mereka sesuai standar yang baik.


Diatas adalah beberapa poin plus jika Anda hendak membeli usaha waralaba. Namun, selain poin plus, ternyata usaha waralaba memiliki minusnya juga loh, dan berikut adalah beberapa poin minus saat Anda menjalankan usaha waralaba :

Mitra Waralaba Kurang Memiliki Kendali

Mitra waralaba biasanya tidak punya kendali penuh pada usaha waralabanya, karena semua sistem sudah ditentukan sebelumnya oleh pemilik paten brand waralaba. Ketika mitra ingin melakukan inovasi atau perubahan, hal tersebut terbentur dengan ketentuan dan peraturan yang sudah disepakati sejak awal. Dengan adanya hambatan ini, ide-ide mitra waralaba tidak bisa diaplikasikan pada usahanya.

Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Termasuk dalam hal mencari pemasok bahan baku produk. Biasanya para pengusaha akan mencari pemasok bahan baku yang menawarkan harga yang paling murah. Namun, hal ini tidak bisa Anda lakukan jika Anda sudah membeli usaha waralaba. Bila pemilik paten brand waralaba telah menentukan pemasok sejak awal, maka mitra waralaba tidak bisa membeli atau memilih pemasok lain yang lebih murah.

Terpengaruh Pada Reputasi Waralaba Lain

Yang dimaksud dengan ketergantungan pada reputasi waralaba lainnya adalah jika waralaba yang lain dengan brand dan jenis usaha yang sama telah melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi waralaba yang sedang Anda kelola. Terkadang bisa terjadi penurunan omset yang signifikan pada seluruh cabang waralaba bila hal ini terjadi pada salah satu mitra.

Adanya Biaya Waralaba

Hampir semua usaha waralaba menerapkan sistem fee kepada mitra mereka. Pemilik paten brand waralaba akan mengajukan biaya awal untuk membeli waralaba miliknya. Selain itu, ada juga biaya berkelanjutan yang dibebankan kepada para mitra, biasanya itu untuk pelatihan dan dukungan kepada pembeli waralaba.

Pemotongan Keuntungan

Selain biaya waralaba, mitra waralaba juga harus membayar royalti kepada pemilik brand waralaba, yaitu pemotongan dari sejumlah keuntungan yang Anda dapatkan. Jika ternyata keuntungan Anda hanya sedikit, maka keuntungan tersebut tetap dipotong untuk menutupi biaya royalti. Namun tidak semua brand waralaba memberlakukan sistem ini. Jadi, Anda harus menanyakan mengenai hal tersebut sejak awal.

Baca juga : Pahami Dulu Cara Menentukan Franchise Fee dan Royalty Fee

Nah, di atas tadi adalah beberapa plus dan minus usaha waralaba yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Pada dasarnya semua jenis usaha memang memiliki plus dan minusnya masing-masing. Dengan mengetahui hal tersebut sejak awal, Anda bisa melakukan perhitungan yang matang sejak awal sebelum memutuskan untuk membeli usaha waralaba.

Jadi, jika Anda berniat untuk membuka usaha waralaba, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan aplikasi kasir online. Aplikasi kasir online KAWN kini hadir dengan fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola usaha waralaba, untuk menikmati free trial 30 hari, cukup klik disini ya!