Petani Jamur di Madura ini Berhasil Raih Omzet Hingga Jutaan Rupiah

-

Petani jamur di Madura sukses dengan usahanya, yaitu budidaya jamur tiram. Perempuan asal Madura ini bahkan bisa raup penghasilan hingga jutaan rupiah per bulannya. Usaha jamur tiram sendiri termasuk usaha yang sangat langka di Sampang.

Petani jamur yang telah sukses menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah ini, bernama Devi Andhina Firdiani yang berusia 23 tahun, ia juga turut membantu perkembangan UMKM petani jamur di Madura. Hanya bermodalkan tempat tinggalnya yang terletak di Jalan Pahlawan Gang 1 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Devi berakhir sukses mengembangkan usaha menjadi petani jamur dan budidaya jamur tiram.

Pada artikel kali ini, KAWN POS akan mengulas tentang riwayat sukses petani jamur bernama Devi ini dalam usaha budidaya jamur tiram miliknya. Semoga kisah ini bisa dijadikan inspirasi Anda dalam meraih kesuksesan, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Khas Sampang Madura, Kaya Rempah

Petani Jamur Sukses Yang Bermula Dari Kuliah Daring

source: canva.com

Awal mula tercetusnya ide dari mahasiswi semester 8 di Universitas Malang untuk budidaya jamur tiram ini berawal dari Devi yang lebih sering menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Karena pada saat itu keadaan kuliah yang masih dilakukan secara daring, lalu tercetuslah ide untuk memulai membuka usaha menjadi petani jamur untuk mengisi waktu luangnya di rumah.

Pada mulanya, Devi tidak tahu ingin membuka usaha apa, namun kemudian ayahnya merekomendasikan untuk berjualan jamur saja. Hingga akhirnya, rumahnya dijadikan tempat untuk budidaya jamur. Setiap hari Devi mempersiapkan pembibitan baglog yang sudah siap dan tersusun. Biasanya hasil panen akan tumbuh dan siap panen selama kurang lebih satu pekan.

Baca Juga: Kursus Daring, Bisnis Minim Modal Banyak Peminat

Kerja Keras Yang Tidak Mengkhianati Hasil

source: canva.com

Perempuan dengan jurusan agribisnis ini bekerja sangat keras, ditambah dengan ilmu yang ia pelajari sewaktu berada di bangku kuliah serta dukungan dari kedua orang tuanya, lambat laun kini usaha budidaya jamur tiramnya sudah memiliki banyak sekali pembeli. Bahkan kini kabarnya, pesanan pada usaha budidaya jamur tiramnya telah sukses tersebar hingga ke luar daerah Sampang, seperti Kabupaten Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, hingga ke Surabaya.

Dengan usaha dan kerja kerasnya tersebut, beberapa pelanggan menilai bahwa jamur yang dijual oleh Devi merupakan jamur yang cukup murah dan juga segar. Nah, nantinya para pembeli akan mengolah hasil jamur tiramnya menjadi berbagai macam olahan. Beberapa jamur olahan yang dibuat adalah jamur krispi, jamur tiram kuah santan, tongseng jamur tiram, dan pepes jamur tiram.

Baca Juga: 5 Manfaat Kerja Keras agar Bisnis Sukses

Pendapatan Sekitar Rp3 juta-Rp5 juta per bulan

source: canva.com

Sukses dengan percobaan awal yang tinggi minat, sekarang Devi setiap harinya bisa memanen jamur tiram dari 10 kilogram hingga 30 kilogram. Tidak akan mengira usahanya akan seramai itu, Devi jadi harus pintar mengatur waktu antara jadwal kuliah dengan budidaya jamur miliknya.

Jadi begitulah sekilas tentang perempuan sukses dengan usaha budidaya jamur tiram di rumahnya. Tentu, Anda juga bisa menjadi Devi selanjutnya jika mau melihat peluang dan bekerja keras.

Baca Juga: Mark Zuckerberg, Cerita Sukses dan Sebuah Kesederhanaan

Nah, apapun usaha yang ingin Anda geluti nantinya, jangan lupa untuk menggunakan kasir online KAWN POS sebagai pendamping usaha-mu, ya!

Sampai jumpa di artikel berikutnya!