Perangkat Lunak Pendukung Bisnis, UMKM Wajib Pakai Nih!

-

Perangkat lunak atau piranti lunak merupakan sebuah kumpulan data yang tersimpan dan terprogram secara digital (Wikipedia, 2021). Adapun dalam penggunaannya perangkat lunak membutuhkan peran perangkat keras atau gawai sebagai medium perantara.

Dewasa ini, hampir semua pekerjaan dapat dipermudah dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak mempunyai beragam jenis dengan berbagai manfaat yang bervariasi. Ada yang berfungsi untuk mempercepat kegiatan operasional atau mencatat kebutuhan administrasi bahkan memantau hasil kerja karyawan dapat dilakukan oleh perangkat lunak.

Meskipun Anda baru saja merintis usaha dan masih dikategorikan sebagai UMKM, namun memanfaatkan teknologi perangkat lunak untuk menopang kegiatan bisnis tidak ada salahnya.  Bersama artikel ini, KAWN akan memberikan beberapa jenis perangkat lunak yang bisa Anda manfaatkan agar kinerja bisnis Anda semakin efektif dan efisien.

Baca juga: Aplikasi Penunjang Bisnis Online Selama PPKM Darurat

Perangkat Lunak Akuntansi

source : kawn

Yang pertama ada perangkat lunak berbasis akuntansi atau populer dengan nama POS (point of sale).  Beberapa tahun kebelakang ini UMKM terutama yang bergerak di bidang F&B, banyak yang memanfaatkan perangkat lunak akuntansi untuk mempermudah kegiatan bisnis.

Pasalnya, perangkat lunak ini mendukung proses transformasi digital dari pola pencatatan manual ke serba digital. Beberapa masalah yang ditemui pada saat proses manual pun bisa terselesaikan dengan baik oleh perangkat lunak ini.

Sebut saja, potensi kecurangan oleh kasir bisa dicegah dengan pencatatan transaksi yang real-time atau perkembangan bisnis dapat terpantau dengan baik dari periode ke periode.

Baca juga: Atur dan kelola kasir lebih mudah dan cepat bersama KAWN!

Teknologi Memori Penyimpanan Awan (Cloud Based)

source : topcareer

Penggunaan memori penyimpanan awan memang sangat dibutuhkan tidak hanya pada UMKM namun pekerjaan kantor sehari-hari pun banyak bergantung pada jenis perangkat lunak ini. Menggantikan tren penggunaan USB atau hardisk yang rentan rusak akibat virus, kehadiran cloud bisa menjadi penyelamat data bisnis dan operasional Anda.

Beberapa penyedia layanan memori penyimpanan awan ada yang memberikan layanan cloud secara cuma-cuma. Namun, tentu saja dengan batasan kapasitas penyimpanan tertentu.

Kenali kebutuhan Anda lalu bandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia layanan. Kemudian berdasarkan kebutuhan tadi Anda bisa menentukan mau berlangganan secara gratis atau berbayar.

Baca juga: 5 Penyimpanan Awan Terbaik untuk Menyimpan File Kesayanganmu

CRM (Customer Relationship Management)

source : PYMNTS

Terakhir, jenis perangkat lunak ketiga ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesetiaan dan kedekatan dengan pelanggan UMKM Anda. Perangkat lunak CRM memberikan pengalaman berbeda bagi pelanggan ketika berbelanja pada bisnis UMKM Anda.  

Data mengenai pelanggan sangat penting untuk dikelola, yang mana data tersebut berpotensi meningkatkan penjualan produk. Sebagai contoh melalui CRM Anda bisa memberikan blasting promo khusus pelanggan atau memberikan kupon belanja bagi top spender. Tentunya masih banyak lagi program lain yang bisa dibuat melalui perangkat lunak CRM.

Baca juga: CRM Ternyata Ampuh Tingkatkan Efektivitas & Produktivitas! Cek Ragam Manfaatnya

Baru saja KAWN telah memberikan informasi mengenai jenis perangkat lunak yang bisa diandalkan untuk meningkatkan performa bisnis UMKM Anda. KAWN sebagai aplikasi kasir online berbasis cloud juga merupakan jenis perangkat lunak yang bisa membantu kinerja operasional dan bisnis Anda.

Ingin tahu fitur-fiturnya? Yuk, klik disini untuk mencoba KAWN selama 14 hari! Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya, sampai jumpa!