Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis

-

Melihat penetrasi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat, tak ayal jika hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba agar perusahaan atau produk mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana internet. Internet menjadi pilihan utama pelaku bisnis, karena dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan kapanpun dan dimanapun.

Baca juga : Media Sosial x Bisnis

Website dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap, seperti  mengenai info bisnis yang dijalankan serta memberikan info-info terbaru tentang produk yang akan diluncurkan. Sederhananya website adalah kumpulan informasi dalam suatu halaman yang memiliki topik saling terkait. Suatu website pada umumnya terangkum dalam suatu domain yang ditempatkan dalam sebuah server web (hosting) yang dapat diakses melalui alamat internet (URL).

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Dikutip dari Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk. Jadi, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis Anda. Bukan hanya itu, seperti yang KAWN lansir dari swa.co.id website juga memiliki peran terhadap perkembangan bisnis, sebagai berikut:

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh konsumen adalah mencari tahu produk yang akan dibelinya terlebih dahulu. Biasanya hal ini dilakukan melalui mesin pencarian Google.

Baca juga : 5 Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Website

Maka dari itu, website memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan munculnya website produk Anda di hasil pencarian Google, konsumen akan merasa lebih yakin akan kredibilitas dengan produk Anda, namun jika website Anda tidak muncul di mesin pencarian Google, tentu saja konsumen akan merasa ragu, dan sangat mungkin beralih ke produk lain yang telah memiliki website.

Sebagai Media Promosi & Publikasi yang Efektif

Website bukanlah sebuah toko yang bisa tutup dan buka, karenanya semua orang dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun, sehingga bisa dikatakan website adalah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai keunggulan produk, harga produk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Kemudahan Memberikan Informasi Tentang Produk atau Bisnis

Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik dengan produk bisnis Anda.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Bukan hanya informasi produk, Anda juga dapat menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan. Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena dengan website, semua informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalamnya.

Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah Anda ketahui, website dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan setia Anda untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website. Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat website dengan fitur penjualan online di dalamnya.

Baca juga : 10 Hal Penting Yang Perlu Ditampilkan Pada Website Bisnis Anda

Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Coba bayangkan website Anda sebagai brosur online atau katalog produk Anda, tentunya hal ini jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dengan menggunakan brosur cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menginformasikan kepada pelanggan Anda tentang bisnis dan produk Anda. Terlebih jika Anda menggunakan fitur live chat pada website Anda, sudah bisa dipastikan Anda bisa langsung terhubung dengan calon pelanggan Anda.

Baca juga : 10 Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis

Itulah beberapa peran website terhadap perkembangan sebuah bisnis. Jadi, cobalah Anda mulai pikirkan untuk membuat website bisnis Anda. Selain memanfaatkan website, ada baiknya jika bisnis Anda memanfaatkan teknologi kasir online. Aplikasi kasir online KAWN kini hadir dengan fitur yang memiliki peran penting untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda cukup klik disini, untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan aplikasi kasir online KAWN secara gratis selama 30 hari!