Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

-

Tahukah Anda jika Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna media sosial cukup banyak? Sebut saja seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya sangatlah akrab dengan masyarakat Indonesia. Melansir dari datareportal.com, bahwa pada Januari 2020 ada kurang lebih 160 juta atau sekitar 59% dari total penduduk Indonesia yang menggunakan media sosial, bahkan jumlah ini meningkat 12 juta atau sekitar 8,1% dari pengguna media sosial pada tahun 2019.

Dahulu banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang melakukan promosi atau pemasaran secara konvensional, seperti melalui media televisi atau radio. Namun, berkaca dari fenomena banyaknya pengguna media sosial saat ini, banyak pelaku bisnis yang beralih menggunakan platform media sosial untuk aktivitas promosinya. Salah satu cara ampuh bisnis online shop Anda melakukan aktivitas promosi adalah dengan memanfaatkan jasa influencer. Lantas, apa itu influencer?

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Sederhananya, influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh di masyarakat. Mereka bisa seorang selebritas, blogger, youtuber, selebgram ataupun seorang public figure yang dianggap penting pada sebuah komunitas. Umumnya, seorang influencer memiliki banyak followers pada media sosial.

Baca juga : Media Sosial x Bisnis

Memang benar adanya bahwa influencer dipercaya dapat meningkatkan penjualan pada bisnis online shop Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa influencer :

Cek Jumlah Followers-nya

Mungkin ini adalah hal yang paling dasar namun paling penting untuk diperhatikan. Cek banyaknya jumlah followers dari influencer tersebut, jika followers-nya cukup banyak, hal tersebut tentu bisa berpengaruh pada banyaknya audience atau masyarakat yang melihat produk yang sedang dipromosikan oleh influencer tersebut.

Baca juga : Micro Influencer vs Macro Influencer: Apa Perbedaannya?

Karena itulah, Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih influencer. Namun, perlu diperhatikan juga apakah followers tersebut tumbuh banyak secara organik atau hasil dari penyedia jasa jual beli followers.

Sesuaikan dengan Budget Promosi Anda

Sama seperti program promosi lainnya, dalam hal memilih influencer Anda harus sesuai dengan budget yang cukup. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, kerja sama dengan micro influencer bisa menjadi pilihan terbaik.

Baca juga : 4 Metode Menentukan Total Anggaran Promosi

Micro influencer sendiri adalah seorang influencer yang memiliki jumlah followers kurang dari 10 ribu, bisa dikatakan jumlah followers micro influencer lebih sedikit dibanding macro influencer. Untuk itu, tentu saja micro influencer memiliki rate harga yang sesuai dengan budget minim. Dengan demikian, Anda dapat mengevaluasi tentang produk yang Anda jual. Sehingga, dapat disimpulkan, walaupun dengan budget minim, namun manfaat yang Anda terima begitu besar.

Baca juga : Mengenal Rate Card dalam Dunia Influencer Digital

Gunakan Influencer yang Cocok dengan Target Market Bisnis Anda

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan influencer yang sesuai dengan target market produk Anda. Hal ini dilakukan agar terjadi kecocokan antara produk yang Anda jual dengan karakter audience dan konten influencer yang akan Anda gunakan.

Baca juga : apa itu influencer di media sosial

Sebagai contoh, jika bisnis online shop Anda menjual produk olahraga, maka target konsumen Anda adalah orang yang memiliki minat pada bidang olahraga. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu, siapakah public figure yang sering posting tentang panduan olahraga. Mungkin Maria Vania bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk bisnis Anda, dia aktif melakukan postingan tentang olahraga pada akun media sosialnya.

Pilih Influencer yang Memiliki Reputasi Baik

Selalu pilih influencer yang memiliki reputasi baik di bidangnya. Sebagai catatan penting, jika Anda hanya melihat jumlah followers-nya saja, namun sang influencer kerap bermasalah dengan hukum, tentu saja hal ini akan berpengaruh tidak baik juga terhadap citra produk Anda.

Sebaliknya, jika influencer yang Anda pilih memiliki reputasi baik, tentu akan memiliki personal branding yang terjaga. Hal ini akan dapat membantu bisnis Anda membangun branding yang baik pula.

Memiliki Engagement yang Tinggi

Engage antara influencer dengan followers-nya juga perlu Anda perhatikan. Sebab, hal itu bisa menjadi tolak ukur bagaimana promosi produk Anda akan menyentuh calon konsumen Anda.

Akan lebih efektif jika Anda menggunakan influencer yang jumlah followers-nya cenderung lebih sedikit namun engagement-nya tinggi. Daripada menggunakan influencer yang followers-nya banyak tetapi engagement-nya kecil.

Sedangkan ciri engagement influencer yang baik adalah influencer yang memiliki tingkat like dan comment yang cukup tinggi pada setiap postingan. Anda tidak perlu pusing untuk mengetahui engagement dari seorang influencer, karena saat ini banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengukur engagement tersebut, salah satunya adalah Phlanx Engagement Calculator.


Intensitas Update Konten yang Baik

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengamati intensitas influencer dalam melakukan posting konten. Karena, jika influencer terlalu sering melakukan posting pada media sosial dalam satu hari, besar kemungkinan konten promo Anda akan cepat hilang dari feed media sosialnya.

Baca juga : 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik

Begitu juga sebaliknya, jika influencer jarang posting konten, bisa saja engagement terhadap followers-nya juga mulai meredup. Untuk itu, cermati kebiasaan calon influencer Anda dalam mengelola postingannya sebelum memilih influencer tersebut.

Siapkan Perjanjian Kerjasama Antara Anda dengan Influencer

Buat perjanjian kerjasama bisnis Anda dengan influencer adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Perjanjian kerjasama yang dibuat harus terperinci dengan jelas dan menyebutkan dengan baik dan detail tentang kewajiban masing-masing pihak. Hal ini guna menghindari kesalahpahaman yang berujung pada masalah hukum yang bisa saja terjadi kedepannya.

Influencer memang dianggap penting dalam perkembangan bisnis online shop Anda. Namun, apakah Anda sudah tahu manfaat apa saja yang Anda dapatkan jika Anda menggunakan jasa influencer? Untuk itu, seperti yang KAWN lansir dari viralnation.com, berikut beberapa manfaatnya.

Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Bisnis Anda

Mungkin mempromosikan produk secara konvensional seperti melalui media cetak sudah mulai ditinggalkan, karena saat ini banyak masyarakat mulai tidak mengkonsumsi media konvensional dan beralih ke media digital termasuk didalamnya adalah media sosial. Namun, lain halnya jika Anda menggunakan jasa influencer, bisa saja kepercayaan terhadap produk Anda akan langsung terbentuk.

Baca juga : Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Alasannya, karena influencer memiliki pengalaman dan keahlian dibidang yang sesuai dengan karakter produk Anda. Jadi, jika influencer menggunakan produk Anda, sangat mudah bagi followers-nya untuk lebih percaya kepada produk Anda. Sebagaimana dilansir adweek.com, bahwa 53% konsumen wanita akan melakukan pembelian produk setelah melihat postingan dari influencer-nya.

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen, Termasuk Pasar Millennials dan Gen Z

Saat ini teknologi sudah sangat berkembang, semuanya sudah bisa di akses di internet, sehingga banyak generasi millenials dan gen Z yang mulai meninggalkan televisi dan lebih memilih media digital seperti media sosial. Untuk itu, melakukan promosi pada media sosial sangat cocok jika target market bisnis online shop Anda adalah generasi milenials dan gen Z.

Baca juga : Ini Dia 8 Perbedaan Antara Generasi Millennial dengan Gen Z

Sebagaimana yang KAWN lansir dari tirto.id, bahwa sebanyak 86% gen Z lebih memilih online di ponsel pintar mereka selama lebih dari 2 jam sehari daripada menonton televisi. Hal ini semakin menguatkan bahwa melakukan promosi pada media sosial dengan jasa influencer tentu bisa menjangkau lebih banyak konsumen, termasuk generasi millenials dan gen Z.

Membangun Consumer Engagement

Membangun consumer engagement sangat penting dalam perkembangan bisnis online shop Anda, karena consumer engagement adalah hubungan komunikasi yang terjalin antara pemilik usaha atau produk dengan konsumen. Salah satu cara membangun consumer engagement adalah dengan menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan karakter produk Anda dan benar-benar menyukai produk Anda. Karena dengan begitu, influencer tersebut akan benar-benar memberikan review jujur terhadap produk Anda sebelum merekomendasikannya kepada followers-nya.

Baca juga : Customer Engagement: Pengertian, Cara Mengukur, dan Penerapannya

Bagi followers mereka hal ini tentu lebih engaging, karena lebih nyata. Dengan kondisi ini, kedekatan konsumen dengan produk tersebut bisa terbangun lebih kuat. Tidak hanya itu, bisa saja dengan cara seperti ini akan terjalin komunikasi dua arah antara bisnis Anda dengan konsumen.

Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis baru, promosi menggunakan media sosial akan sangat bermanfaat agar bisnis online shop Anda semakin terlihat oleh masyarakat secara lebih luas. Namun, disamping itu menggunakan jasa influencer juga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan brand awareness.

Karena seperti yang sudah dibahas pada poin pertama, dengan menggunakan jasa influencer akan terbangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda, hal ini otomatis akan membentuk sendiri brand awareness yang diharapkan. Untuk itu, menggunakan jasa influencer sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang merintis bisnis online shop.

Meningkatkan Penjualan

Tujuan Akhir dari semua manfaat menggunakan influencer yang telah dijabarkan diatas adalah dapat meningkatkan penjualan dari bisnis online shop Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda, bukan tidak mungkin semakin besar penjualan yang bisa dihasilkan.

Baca juga : Tingkatkan Keuntungan Lewat Influencer

Sebagai contoh pengaruh dari seorang Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Saat itu, 2 Juli 2017 beliau secara mendadak mengunjungi Kedai Kopi Tuku di bilangan Cipete Jakarta Selatan untuk mencicipi ‘es kopi susu tetangga’. Sontak setelah kunjungan tersebut, ‘es kopi susu tetangga’ selalu laris, bahkan banyak orang rela antri untuk menikmatinya.

Baca juga : Usai Dikunjungi Jokowi, Kopi Tuku Makin Laris

Hal ini lah yang bisa dinamakan pengaruh influencer yang cukup berhasil pada tujuan utamanya untuk meningkatkan penjualan. Namun tentu saja Bapak Joko Widodo tidak menerima bayaran pada saat itu.


Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan para pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa influencer. Dari semua yang sudah KAWN jabarkan, kira-kira apakah Anda juga tertarik untuk menggunakan jasa influencer? Atau Anda punya cara lainnya, silahkan share pengalaman Anda di kolom komentar ya!