Pengusaha Muda Asal Indonesia, Yuk Cek Daftarnya!

-

Pengusaha muda Indonesia saat ini begitu banyak daftarnya. Tidak seperti dahulu, dimana pengusaha sukses biasanya hanya berlaku bagi dia yang sudah berusia lanjut. Karena itulah, seiring berjalannya waktu, anggapan tersebut sedikit memudar. Dimana, banyak pengusaha-pengusaha sukses berasal dari kalangan anak muda.  

Baca juga: Sukses Di Usia Senja, Intip Kisah Inspiratif Kolonel Sanders Sosok Pendiri KFC!

Hebatnya lagi, beberapa diantaranya mampu menggapai kesuksesannya saat usia mereka masih dibawah 30 tahun. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya omset bisnis yang mencapai ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah. Tak ayal, deretan pengusaha muda tersebut berhasil menjadi role model bagi banyak anak muda lainnya.

Sebetulnya, ada beberapa faktor penentu saat pengusaha muda mampu meraih kesuksesan. Selain kerja keras dan tidak mudah menyerah, kebanyakan anak muda dibekali pemikiran yang out of the box dan juga kreatif.

Menariknya, banyak lini bisnis yang dijadikan peluang oleh para pengusaha muda asal Indonesia. Beberapa diantaranya mulai dari bisnis F&B, bisnis fashion, bisnis kecantikan, bisnis berbasis teknologi hingga lini bisnis bidang pendidikan.

Baca juga: 5 Bisnis F&B dengan Modal 10 Juta aja, Wajib dicoba!

Penasaran, siapa saja pengusaha muda Indonesia yang masuk dalam daftar artikel KAWN kali ini? Dilansir dari beberapa sumber, yuk kita bahas satu persatu.

Belva Devara

source : detik.news

Di urutan pertama pengusaha muda asal Indonesia, ada Belva Devara yang sukses membangun platform digital yang memberikan layanan bimbingan belajar secara daring dengan label Ruangguru. Tidak bisa dipungkiri, keberhasilan Ruangguru ini tidak lepas dari tangan dingin sang pendiri sekaligus CEO, Belva Devara.

Selain sukses membangun Ruangguru, pria kelahiran Jakarta 30 Mei 1990 ini juga sempat menjabat staf khusus Presiden Jokowi pada November 2019 silam. Cukup membanggakan bukan? Akan tetapi, jabatan tersebut hanya berlangsung selama 6 bulan lamanya, setelah dia memutuskan untuk mundur. Alasannya cukup sederhana, Belva Devara tetap ingin fokus dengan Ruangguru, tulis news.detik.com.

Berdiri sejak tahun 2014, usaha dan kerja keras Belva Devara tidak sia-sia. Saat ini, pengguna Ruangguru diketahui telah mencapai lebih dari 16 juta orang. Luar biasa bukan?

James Prananto

source : prestigeonline

Siapa yang tidak kenal dengan Kopi Kenangan? Salah satu brand kopi kekinian yang paling jamak ditemui di jalan-jalan besar di banyak kota di Indonesia. Dialah James Prananto, pengusaha muda yang mampu mendirikan brand Kopi Kenangan hingga besar seperti saat ini.

Tentunya, dia mendirikan Kopi Kenangan tidak sendiri, melainkan dibantu oleh kedua temannya, yakni Edward Tirtanata dan Cynthia Chaerunnisa. Gerai Kopi Kenangan pertama kali dibuka pada tahun 2017 yang berlokasi di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan.

Menjalani bisnis kurang lebih 4 tahun, Kopi Kenangan sukses menjadi satu-satunya brand kopi kekinian yang menyandang predikat “unicorn”. Hal ini tidak lepas setelah Kopi Kenangan mendapatkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai 96 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun, kutip money.kompas.com.

Baca juga: Masih Bingung Apa Itu Unicorn? Ini Penjelasannya

Selain itu, kesuksesannya juga dapat dilihat dari banyaknya gerai Kopi Kenangan saat ini. Ditulis laman kopikenangan.com, saat ini terdapat 600 outlet yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

Ali Muharam

source : liputan6

Satu lagi, pengusaha muda Indonesia yang sukses menjalankan bisnis F&B, yakni Ali Muharam. Ali Muharam diketahui sebagai pebisnis di bidang kuliner dengan merek dagang, Makaroni Ngehe.

Sebelumnya, Ali Muharam hanyalah seorang lulusan SMA yang bekerja sebagai office boy di salah satu perkantoran di kawasan Kota Bogor. Selain itu, pria kelahiran Tasikmalaya ini juga pernah bekerja pada sebuah kantin di salah satu bank di Jakarta. Tentunya kedua profesi tersebut di jalaninya dengan penghasilan yang pas-pasan.

Makaroni Ngehe sendiri merupakan salah satu camilan berupa makaroni kering yang disajikan dengan berbagai macam pilihan bumbu, mulai dari asin, keju, balado serta pedas dengan berbagai macam level. Namun, seiring berjalannya waktu, Ali Muharam menambah variasi menu camilannya, seperti otak-otak, lidi-lidian, cimol serta usus kering.

Kisah berawal pada tahun 2013, dimana saat itu Ali Muharam meminjam uang sejumlah Rp 20 juta dari temannya untuk membangun bisnis ini. Ternyata, Makaroni Ngehe mendapat respon baik dari masyarakat.

Alhasil, saat ini Makaroni Ngehe telah memiliki 34 outlet dan mempekerjakan total 350 karyawan, yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Dengan outlet sebanyak itu, hasil yang didapatkannya pun sangat fantastis, yakni berkisar Rp 6 miliar rupiah perharinya, kutip kumparan.com.

Yasa Singgih

source : liputan6

Pernah dengar salah satu brand fashion dengan label Men’s Republic? Atau jangan-jangan Anda memiliki salah satu produknya? Akan tetapi, pernahkan Anda tahu jika pemiliknya merupakan seorang pemuda kelahiran tahun 1995?  

Men’s Republic merupakan bisnis rintisan pemuda asal Bekasi yang saat ini baru menginjak usia 26 tahun. Sangat muda bukan? Tak salah, jika Yasa Paramita Singgih dinobatkan sebagai pengusaha muda sukses asal Indonesia.

Sebetulnya, jiwa bisnis Yasa Singgih sudah ada sejak kecil. Kisah sukses dimulai pada tahun 2013, dimana saat itu dia baru saja mengalami kegagalan pada bisnis kedai kopi. Saat itulah, ide membangun bisnis Men’s Republic muncul.

Saat itu, dia menggandeng produsen sepatu asal Bandung, hingga akhirnya konsep bisnisnya membuahkan keuntungan yang besar. Hebatnya lagi, Men’s Republic tidak hanya laris di Indonesia, melainkan sudah go international, macam Malaysia, Filipina, Taiwan, Hong Kong, Makau bahkan Nigeria.

Charina Prinandita

source : urbanjabar

Terakhir, ada Charina Prinandita yang sukses membangun bisnis kuliner dengan merek dagang Eatlah. Mungkin, bagi Anda yang tinggal di Jakarta sudah sangat familiar dengan makanan ini! Salah satu menu andalan Eatlah adalah nasi dengan salted egg chicken. Bahkan, usut punya usut, menu ini lah yang melambungkan nama Eatlah sejak 2016 lalu.

Dilansir eatlahjkt.com, saat ini Eatlah sudah membuka total 24 gerai yang tersebar di 6 kota, yakni Jakarta, Banten, Denpasar, Surabaya, Bogor dan Yogyakarta. Dengan begitu banyaknya gerai yang dimilikinya saat ini, tak heran jika penghasilan perbulannya mencapai Rp 3,7 miliar.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

KawanKAWN, baru saja kita ulas tentang pengusaha Indonesia yang sukses di usia muda. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak mereka? Yuk diskusikan di kolom komentar.