Bab 3 - Cara Membuat Stok Opname

-

Bab 3 - Cara Membuat Stok Opname

Pada bab 2 Anda telah mempelajari bagaimana cara untuk melakukan mutasi stok dari satu cabang ke cabang lainnya. Pada bab selanjutnya Anda akan belajar bagaimana cara membuat stok opname pada aplikasi kasir online KAWN.

Stok opname merupakan kegiatan pencocokan pencatatan antara ketersediaan jumlah stok asli di gudang dengan ketersediaan jumlah stok yang tercatat di dalam aplikasi atau sistem. Kegiatan stok opname umum dilakukan setiap minggu atau bulan, guna mengecek apakah bahan baku untuk memproduksi suatu produk masih tersedia atau tidak.

Fitur stok opname pada aplikasi kasir online akan memberikan pengingat ketersediaan stok, antara stok gudang dengan stok di dalam sistem. Dengan adanya catatan ini akan mempermudah Anda untuk mengatur kapan harus melakukan kegiatan restock atau tidak.

Cara membuat stok opname pun cukup mudah. Ikuti langkah demi langkah dibawah ini:

Cara Membuat Stok Opname

  1. Akses dasbor back office KAWN Anda di komputer tablet.
  2. Setelah Anda masuk akan terdapat beberapa pilihan fitur, Anda dapat pilih dan klik “inventori” pada kasus ini.
  3. Setelah Anda klik “inventori” Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan fitur, seperti “kartu stok”, “mutasi stok”, “stok opname”, “penyesuaian stok”, “riwayat stok”, “pemasok”, “purchase order”, “penerimaan” dan “order batch”.
  4. Pilih dan klik “stok opname” setelah masuk ke dasbor filter utama, Anda dapat pilih dan klik “tambah stok opname” pada bagian pojok kanan atas.
  5. Setelah Anda klik “tambah stok opname” Anda akan diberikan halaman untuk mengisi beberapa informasi seputar stok opname.
  6. Tentukan “outlet” mana yang akan dibuatkan stok opname.
  7. Tentukan “tipe stok opname” yang Anda inginkan bisa “partial stock opname” untuk memasukan stok satu per satu atau pilih “full stock opname” untuk menampilkan dan menyetel stok keseluruhan.
  8. Masukkan “catatan” jika ada.
  9. Pada bagian “detail stok opname” Anda dapat menentukan produk atau bahan baku apa saja yang ingin dibuat stok opname pada kolom “produk”.
  10. Informasi seputar “ekspektasi stok” akan muncul secara otomatis.
  11. Pilih dan klik “tambah produk” apabila produk yang Anda ingin input lebih dari satu.
  12. Setelah semua sudah terisi maka langkah selanjutnya Anda dapat pilih dan klik “buat”.
  13. Setelah Anda klik “buat” Anda akan masuk ke halaman dasbor detail stok, kemudian pada bagian pojok kanan terdapat “opsi” yang bisa Anda pilih untuk menentukan jumlah “terhitung” dan “satuan” ukuran bahan baku.
  14. Selesai

Berikut adalah langkah cepat dan mudah untuk membuat stok opname pada bisnis Anda. Apabila Anda masih menemukan kendala dalam membuat stok opname, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.