Bab 2 - Cara Membuat Promo Produk

-

Bab 2 - Cara Membuat Promo Produk

Selain, membuat program promo dengan tipe global, pada aplikasi kasir online KAWN Anda juga dapat membuat program promo dengan sistem potongan atau diskon pada produk tertentu. Kehadiran program promo ini sangat berguna bagi bisnis yang ingin menghabiskan stok produk tertentu karena masa kadaluarsa yang sudah dekat atau memberikan insentif penjualan pada produk yang kurang laku atau baru dirilis.

Adapun salah satu contoh promo produk yang sering Anda temukan, misalnya adalah diskon 50% nasi goreng kambing atau potongan 20% menu baru. Dengan adanya promo tersebut diharapkan produk-produk dapat dilirik oleh pelanggan dan pelanggan dapat melakukan testing produk.

Promo produk pun diharapkan dapat menciptakan brand experience yang positif kepada pelanggan, sehingga peluang pelanggan melakukan pembelian ulang pun dapat terjadi. Berikut ini KAWN akan menjelaskan tahap demi tahap yang dapat Anda lakukan untuk membuat promo produk pada aplikasi kasir online KAWN.

Cara Membuat Promo Produk

  1. Akses dasbor back office KAWN di komputer tablet Anda.
  2. Setelah masuk akan terdapat beberapa fitur utama, Anda dapat pilih dan klik “promo” pada kasus ini.
  3. Setelah pilih dan klik “promo” Anda akan masuk ke halaman dasbor filter utama, kemudian untuk memulai membuat promo pilih dan klik “tambah promo”.
  4. Pada bagian “promo information” Anda diharuskan mengisi “nama” promo, misalnya: diskon 50% untuk menu nasi goreng kambing dan mengisi “tags” untuk nama promo tersebut.
  5. Pada bagian “tipe promo” Anda pilih “promo produk”.
  6. Centang “promo ini berlaku otomatis” apabila Anda ingin menampilkan promo pada display menu.
  7. Pada bagian “pengaturan” Anda dapat menentukan “mode diskon” yang dipilih dapat berupa “persen”, “fixed amount” atau “specified amount” kemudian isi “discount value” pada program promosi Anda.
  8. Pada bagian “pilih produk” Anda dapat menentukan “produk” atau “kategori” produk mana yang akan Anda berikan promo.
  9. Centang “produk” kemudian cari produk yang akan Anda beri promo di kolom “affected product”.
  10. Centang “kategori” kemudian cari kategori produk yang akan Anda beri promo di kolom “affected category”.
  11. Centang bagian “metode pembayaran” apabila promo produk juga mensyaratkan penggunaan metode pembayaran tertentu.
  12. Centang “minimum purchase amount” apabila promo produk mensyaratkan minimal nominal transaksi tertentu.
  13. Centang “discount amount limit” apabila promo produk memiliki batas nominal diskon yang diberikan, misalnya diskon 50% untuk menu nasi goreng kambing, namun potongan maksimumnya adalah Rp 10.000 dari total harga Rp 30.000.
  14. Pada bagian “customer eligibility” tentukan jenis promo produk berlaku ke tipe pelanggan seperti apa, dapat berupa “everyone”, “selected customer” atau “selected group”.
  15. Pada bagian “usages limit” digunakan untuk membatasi frekuensi penggunaan promo, dapat berlaku “unlimited”, “uses limit” atau “amount limit”
  16. Apabila Anda memilih “uses limit” maka program promo dibatasi oleh frekuensi pelanggan menggunakan promo tersebut misal, pelanggan dapat menggunakan berapa kali promo sesuai dengan periode tertentu, seperti “daily”, “minggu”, “bulan” atau “tidak ada rekurensi”.
  17. Apabila Anda memilih “amount limit” maka program promo dibatasi oleh limit nominal pelanggan menggunakan promo tersebut, Anda dapat menginput nominal maksimum tersebut dan atur periode pemakaiannya menjadi “daily”, “minggu”, “bulan” atau “tidak ada rekurensi”.
  18. Pada bagian “tanggal berlaku” Anda dapat menentukan tanggal kapan program promo dimulai dan berakhir.
  19. Centang “setiap hari” apabila program promo berlaku setiap hari atau centang “atur waktu promo” apabila promo berlaku pada hari-hari tertentu saja.
  20. Centang “semua lokasi” apabila program promo berlaku untuk semua outlet, baik yang lama maupun yang baru.
  21. Apabila semua pengaturan sudah diatur, maka langkah terakhir Anda dapat pilih dan klik “buat”.
  22. Setelah klik “buat” Anda akan masuk kembali ke halaman dasbor filter utama untuk mencari program promo yang sudah Anda buat.
  23. Selesai.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat program promo produk pada aplikasi kasir online KAWN. Apabila Anda masih menemukan kendala, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.