Bab 1 -Cara Melihat Pembukuan Penjualan

-

Bab 1 - Cara Melihat Pembukuan Penjualan

Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika harus melakukan kegiatan pembukuan penjualan pada kurun waktu tertentu? Tentu kegiatan tersebut akan terasa menyulitkan ketika Anda melakukan pembukuan hanya dengan mengandalkan buku catatan yang rentan keliru atau bahkan hilang.

Kegiatan pembukuan memang sangat penting dilakukan. Pasalnya dengan melakukan pembukuan secara berkala, Anda dapat melihat berapa total pendapatan atau berapa total produk yang terjual, baik di cabang utama maupun di cabang lainnya.

Namun, hal menyulitkan lainnya adalah ketika bisnis Anda sudah semakin besar dan memiliki banyak cabang, tetapi kegiatan pembukuan masih dilakukan secara manual. Tentu pencatatan tersebut dapat menjadi tidak akurat karena rentan tindak kecurangan atau kekeliruan oleh karyawan Anda.

Sudah saatnya Anda beralih ke aplikasi kasir online KAWN yang mampu memberikan pelayanan handal dalam melakukan pembukuan bisnis. Pada bab ini Anda akan diberikan panduan mengenai bagaimana cara menggunakan fitur “penjualan” pada aplikasi kasir online KAWN.

  1. Cara Melihat Pembukuan Penjualan.
  2. Cara Melihat Pembukuan Produk.
  3. Cara Melihat Ringkasan Penjualan Produk.
  4. Cara Melihat Ringkasan Penjualan Produk Tambahan.

Dengan fitur “penjualan” pada aplikasi kasir online KAWN, Anda dapat melihat dan melacak pembukuan bisnis, baik untuk cabang utama atau cabang lainnya. Pembukuan pun juga dapat dilihat berdasarkan periode waktu tertentu.

Pada bab 1 Anda akan masuk ke panduan tata cara melihat atau melacak pembukuan penjualan bisnis. Simak langkah demi langkah berikut:

  1. Cara Melihat Pembukuan Penjualan Umum.
  2. Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Status Transaksi.
  3. Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Outlet.
  4. Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Tipe Pembayaran.
  5. Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Tipe Pesanan.
  6. Cara Mengunduh Dokumen CSV.

Cara Melihat Pembukuan Penjualan Umum

  1. Akses dasbor back office KAWN di komputer tablet Anda.
  2. Setelah masuk akan terdapat beberapa fitur utama, Anda dapat pilih dan klik “penjualan” pada kasus ini.
  3. Setelah Anda klik “penjualan” akan terdapat beberapa fitur, seperti “pembukuan penjualan”, “pembukuan produk”, “ringkasan penjualan produk” dan “ringkasan penjualan produk tambahan”.
  4. Pilih dan klik “pembukuan penjualan”, kemudian Anda akan masuk ke dasbor filter utama.
  5. Pada kolom “tanggal” Anda harus mengatur periode tanggal transaksi penjualan yang ingin dilihat, misalnya: bulan lalu.
  6. Kemudian data tentang transaksi penjualan selama periode tertentu akan muncul di dalam dasbor filter.
  7. Anda dapat menggunakan filter untuk melihat pembukuan penjualan berdasarkan “status” transaksi, “outlet”, “tipe pembayaran” dan “tipe pesanan”.
  8. Masing-masing pembukuan penjualan berdasarkan masing-masing filter akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Status Transaksi

  1. Pada bagian ini adalah cara melihat pembukuan penjualan berdasarkan “status” transaksi penjualan.
  2. Setelah Anda melakukan langkah 1-7 pada sub bab sebelumnya, maka Anda dapat mengatur “status” transaksi.
  3. Pilih status “selesai” untuk transaksi yang sukses dilakukan sampai proses pembayaran atau pilih status “ditolak” apabila transaksi tidak sukses dilakukan.
  4. Setelah muncul beberapa laporan transaksi, Anda dapat pilih sesuai dengan yang Anda tuju, kemudian pilih dan klik “kode” transaksi tersebut.
  5. Setelah Anda klik “kode” transaksi, maka Anda akan masuk ke halaman baru yang berisikan informasi detail seputar pembukuan penjualan tersebut.
  6. Selesai.

Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Outlet

  1. Pada bagian ini adalah cara melihat pembukuan penjualan berdasarkan “outlet”.
  2. Setelah Anda melakukan langkah 1-7 pada sub bab sebelumnya, maka Anda dapat mengatur “outlet” yang ingin dilihat pembukuan penjualan.
  3. Atur “status” transaksi menjadi “umum” atau “selesai” atau “ditolak”.
  4. Setelah muncul beberapa laporan transaksi, Anda dapat tentukan “outlet” cabang mana yang Anda ingin lihat pembukuannya, misal: Happy Day JKT.
  5. Setelah muncul beberapa laporan, Anda klik “kode” transaksi, maka Anda akan masuk ke halaman baru yang berisikan informasi detail seputar pembukuan penjualan tersebut.
  6. Selesai.

Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Tipe Pembayaran

  1. Pada bagian ini adalah cara melihat pembukuan penjualan berdasarkan “tipe pembayaran”.
  2. Setelah Anda melakukan langkah 1-7 pada sub bab sebelumnya, maka Anda dapat mengatur “tipe pembayaran” yang ingin dilihat pembukuan penjualan.
  3. Atur “status” transaksi menjadi “umum” atau “selesai” atau “ditolak”.
  4. Atur “outlet” yang ingin dilihat data pembukuan transaksinya.
  5. Setelah muncul beberapa laporan transaksi, Anda dapat tentukan “tipe pembayaran” yang dilakukan oleh pelanggan, misalnya: cash, debit, credit atau e-money.
  6. Setelah muncul beberapa laporan, Anda klik “kode” transaksi, maka Anda akan masuk ke halaman baru yang berisikan informasi detail seputar pembukuan penjualan tersebut.
  7. Selesai.

Cara Melihat Pembukuan Penjualan Berdasarkan Tipe Pesanan

  1. Pada bagian ini adalah cara melihat pembukuan penjualan berdasarkan “tipe pesanan”.
  2. Setelah Anda melakukan langkah 1-7 pada sub bab sebelumnya, maka Anda dapat mengatur “tipe pesanan” yang ingin dilihat pembukuan penjualan.
  3. Atur “status” transaksi menjadi “umum” atau “selesai” atau “ditolak”.
  4. Atur “outlet” yang ingin dilihat data pembukuan transaksinya.
  5. Atur “tipe pembayaran” yang ingin dilihat data pembukuan transaksinya.
  6. Setelah muncul beberapa laporan transaksi, Anda dapat tentukan “tipe pesanan” yang dilakukan oleh pelanggan, misalnya: dine-in, delivery, take away dll.
  7. Setelah muncul beberapa laporan, Anda klik “kode” transaksi, maka Anda akan masuk ke halaman baru yang berisikan informasi detail seputar pembukuan penjualan tersebut.
  8. Selesai.

Cara Mengunduh Dokumen CSV

  1. Pada fitur “pembukuan penjualan” Anda juga dapat mengunduh data pembukuan penjualan secara offline dengan format CSV.
  2. Tentukan terlebih dahulu data pembukuan penjualan berdasarkan filter-filter tertentu, kemudian pada bagian pojok kanan atas terdapat tombol “Ekspor CSV”.
  3. Pilih dan klik “Ekspor CSV” sesuai dengan periode yang diinginkan.
  4. Selesai.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melihat dan melacak “pembukuan penjualan” pada aplikasi kasir online KAWN. Apabila Anda masih menemukan kendala, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.