Bab 2 - Cara Melihat Laba Kotor

-

Bab 2 - Cara Melihat Laba Kotor

Laba merupakan keuntungan atau profit yang diperoleh dari kegiatan bisnis. Laba terdiri dari dua jenis, yakni laba bersih dan laba kotor. Laba bersih adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi modal dan biaya-biaya lainnya, sedangkan laba kotor adalah keuntungan yang diperoleh sebelum dikurangi modal dan biaya-biaya lainnya.

Di aplikasi kasir online KAWN Anda dapat melihat laba kotor kegiatan bisnis secara lengkap. Tentunya data ini sangat berguna untuk melihat apakah bisnis yang Anda jalankan sudah berkembang atau belum.

Cara Melihat Laba Kotor

  1. Akses dasbor back office KAWN di komputer tablet Anda.
  2. Setelah masuk akan terdapat beberapa fitur utama, Anda dapat pilih dan klik “laporan” pada kasus ini.
  3. Setelah Anda pilih dan klik “laporan” akan terdapat beberapa fitur, seperti “ringkasan penjualan”, “laba kotor”, “metode pembayaran”, “tipe pesanan”, “penjualan”, “kategori”, “laporan penjualan per pelanggan”, “rekap kas” dan “laporan penjualan FOC”.
  4. Pilih dan klik “laba kotor” kemudian Anda akan masuk ke dasbor filter utama.
  5. Terdapat 2 pilihan untuk melihat laporan laba kotor, baik itu yang berupa “ringkasan” maupun “detail” sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Pilih “ringkasan” kemudian atur “cabang” yang akan Anda lihat laporan laba kotor, misal: Happy Day JKT.
  7. Atur “periode” waktu transaksi yang ingin dilihat, misalnya: hari ini, minggu lalu atau bulan lalu.
  8. Setelah melakukan pengaturan tersebut maka dasbor akan menampilkan data secara otomatis, seperti “penjualan kotor”, “diskon item”, “diskon per tagihan”, “penggratisan item”, “surcharges”, “penjualan”, “harga pokok penjualan” dan “laba kotor”.
  9. Selesai
  10. Pilih “detail” kemudian atur “cabang” yang akan Anda lihat laba kotor, misalnya: Happy Day JKT.
  11. Atur “periode” waktu transaksi yang ingin dilihat, misalnya: hari ini, minggu lalu atau bulan lalu.
  12. Atur “satuan” waktu yang ingin dilihat, misalnya: hari, tanggal, bulan atau jam.
  13. Setelah melakukan pengaturan tersebut maka dasbor akan menampilkan data secara otomatis, seperti “hari/tanggal/bulan/jam”, “penjualan kotor”, “diskon item”, “diskon per tagihan”, “penggratisan item”, “surcharges”, “penjualan”, “harga pokok penjualan” dan “laba kotor”.
  14. Selesai

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melihat laporan laba kotor di aplikasi kasir online KAWN. Apabila Anda masih menemukan kendala, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.