Bab 1 - Cara Melihat Ringkasan Penjualan

-

Bab 1 - Cara Melihat Ringkasan Penjualan

Dalam menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan sebuah laporan yang dapat menyajikan informasi lengkap terkait dengan perkembangan atau kemunduran sebuah bisnis. Sederhananya laporan bisnis dapat dilihat dari banyaknya penjualan yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Namun, kendala terjadi ketika laporan bisnis yang dikerjakan secara manual hanya mengandalkan total struk yang tercetak saja. Struk memiliki kelemahan karena mudah hilang atau dimanipulasi oleh oknum tertentu yang tentunya dapat merugikan bisnis Anda.

Melalui fitur laporan pada aplikasi kasir online KAWN, kendala tersebut dapat teratasi dengan mudah. Fitur laporan akan merekam semua transaksi yang terjadi selama periode waktu tertentu secara lengkap, aman dan detail.

Tidak hanya melihat data transaksi secara umum, fitur ini pun Anda dapat membantu Anda memperoleh informasi lainnya, seperti laba penjualan, jenis-jenis transaksi yang terjadi, sampai dengan ringkasan penjualan untuk model bisnis multi-cabang. Pada bab ini Anda akan diberikan beberapa pemaparan mengenai kegunaan fitur laporan pada aplikasi kasir online KAWN yang meliputi:

  1. Cara melihat ringkasan penjualan
  2. Cara melihat laba kotor
  3. Cara melihat laporan berdasarkan metode pembayaran
  4. Cara melihat laporan berdasarkan tipe pesanan
  5. Cara melihat laporan penjualan
  6. Cara melihat laporan berdasarkan kategori
  7. Cara melihat laporan per pelanggan
  8. Cara melihat rekap kas
  9. Cara melihat penjualan FOC

Cara Melihat Ringkasan Penjualan

  1. Akses dasbor back office KAWN di komputer tablet Anda.
  2. Setelah masuk akan terdapat beberapa fitur utama, Anda dapat pilih dan klik “laporan” pada kasus ini.
  3. Setelah Anda klik “laporan” akan terdapat beberapa fitur, seperti “ringkasan penjualan”, “laba kotor”, “metode pembayaran”, “tipe pesanan”, “penjualan”, “kategori”, “laporan penjualan per pelanggan”, “rekap kas” dan “laporan penjualan FOC”.
  4. Pilih dan klik “ringkasan penjualan”, kemudian Anda akan masuk ke dasbor filter utama.
  5. Atur “cabang” yang akan Anda lihat ringkasan penjualannya, bisa semua cabang atau cabang tertentu saja, misal: Happy Day JKT.
  6. Atur “periode” waktu ringkasan penjualan, bisa hari ini, minggu lalu, bulan lalu atau lainnya.
  7. Kemudian setelah Anda mengatur “cabang” dan “periode” secara otomatis dasbor akan menampilkan informasi seputar data ringkasan penjualan, meliputi “jumlah transaksi”, “total penjualan”, “penjualan kotor”, “rata-rata per transaksi”, “penggratisan penjualan” dan “jumlah tamu”.
  8. Indikator-indikator tersebut juga dilengkapi dengan catatan grafik peningkatan.
  9. Selesai

Cukup mudah bukan? Berikut tadi adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melihat ringkasan laporan penjualan pada aplikasi kasir online KAWN. Apabila Anda masih menemukan kesulitan, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.