Bab 4 - Cara Mengatur Pesanan Dapur

-

Bab 4 - Cara Mengatur Pesanan Dapur

Pramusaji dan koki merupakan kedua posisi dalam pekerjaan yang terbilang penting dan saling melengkapi. Tugas pramusaji adalah sebagai garda terdepan dalam menangani segala permintaan dan keinginan dari pelanggan, sedangkan koki bertugas memproduksi permintaan dan keinginan tersebut.

Tak ayal, pramusaji dan koki saling berkomunikasi satu sama lain dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Pada kondisi jam sibuk atau dimana pelanggan datang dalam jumlah banyak, tentu membuat pramusaji menjadi kewalahan dan rentan melakukan kesalahan.

Terutama dalam hal pencatatan pesanan pelanggan, apabila pramusaji masih menggunakan cara lama, yakni dengan mengandalkan buku catatan, terkadang tulisan dari pramusaji sulit terbaca oleh sang koki. Kondisi ini dapat berakibat fatal berupa kesalahan pemesanan atau permintaan khusus pelanggan yang terlewatkan.

Namun, masalah tersebut dapat teratasi dengan adanya aplikasi tambahan KAWN, yakni KAWN dapur. KAWN dapur adalah aplikasi tambahan dari KAWN POS yang berfungsi untuk membantu kinerja koki di dapur.

Adapun terdapat beberapa fungsi dan manfaat dari KAWN dapur adalah sebagai berikut:

  1. Fast Ordering Processing – KAWN Dapur dapat mempercepat proses pemesanan.
  2. Sync Order – KAWN Dapur dapat menampilkan order yang masuk melalui KAWN POS dan KAWN Saji secara real-time, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu pelayanan suatu restoran.
  3. Order Monitor – KAWN Dapur dapat memantau setiap pesanan yang masuk dengan memberikan indikator warna yang berbeda-beda untuk setiap pesanan yang belum dibuat, belum diantar dan sudah selesai.
  4. Order Time Tag – KAWN Dapur dapat memantau waktu pemesanan dari setiap order yang masuk, sehingga dapat melakukan skala prioritas untuk setiap pemesanan.

Aplikasi tambahan KAWN dapur hanya bisa digunakan apabila Anda sudah menggunakan aplikasi KAWN saji dan aplikasi kasir online KAWN. KAWN dapur akan diintegrasikan ke kedua aplikasi tersebut agar dapat digunakan secara optimal.

Simak langkah-langkah dibawah ini untuk mengatur “pesanan dapur” di aplikasi kasir online KAWN:

Cara Mengatur Pesanan Dapur

  1. Akses dasbor back office KAWN di komputer tablet Anda.
  2. Setelah masuk akan terdapat beberapa fitur utama, Anda dapat pilih dan klik “aplikasi” pada kasus ini.
  3. Setelah pilih dan klik “aplikasi” akan terdapat beberapa fitur, seperti “manajemen meja”, “pesan mandiri”, “manajemen pramusaji”, “pesanan dapur” dan “transaksi karyawan”.
  4. Pilih dan klik “pesanan dapur” kemudian Anda akan masuk ke halaman dasbor utama.
  5. Pada bagian pojok kiri atas terdapat “toggle” untuk mengaktifkan layanan pesanan dapur pada aplikasi kasir online KAWN, Anda dapat menggeser toggle tersebut ke arah aktif.
  6. Setelah aktif, pada halaman tersebut akan terdapat 3 fitur, yakni “pengaturan”, “outlet” dan “kitchen card”.
  7. Pada bagian “pengaturan” Anda dapat mengatur durasi maksimal dapur melakukan produksi hidangan, misalnya: 15 menit.
  8. Pada bagian “outlet” Anda dapat mengatur penerapan kitchen display dapat diberlakukan ke outlet mana saja.
  9. Pada bagian “kitchen card” Anda dapat melacak semua hidangan yang diproduksi, mulai dari kapan dimulai, selesai diproduksi dan durasi produksi.
  10. Selesai.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatur dan mengintegrasikan layanan pesanan dapur pada aplikasi kasir online KAWN. Apabila Anda masih menemukan kendala, jangan sungkan untuk menghubungi tim teknis kami.