Oleh-Oleh Khas Ciwidey yang Menarik untuk Dibawa Pulang

-

Oleh-oleh biasanya menjadi barang bawaan saat seseorang pulang dari suatu daerah, baik itu dalam rangka berlibur atau perjalanan dinas. Terlebih, yang dikunjungi merupakan daerah wisata yang memiliki keberagaman kuliner menggoda, sudah pasti oleh-oleh wajib masuk kedalam bagasi Anda.

Bandung misalnya, kota yang berada di Jawa Barat ini memiliki daftar kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari Kawasan Lembang, Bandung Kota, Padalarang hingga Ciwidey. Khusus poin terakhir, meski letaknya lumayan jauh, namun Ciwidey masih masuk kedalam Kawasan Bandung, yakni Kabupaten Bandung Selatan.

Baca juga: Kuliner Malam Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

Karena letak geografis Ciwidey yang berada di ketinggian 1.200 mdpl, membuat suhu di kawasan ini begitu dingin. Bahkan, diberitakan grid.id, Ciwidey masuk ke dalam 5 kawasan paling dingin di Indonesia. Suhu rata-rata di Ciwidey mencapai 13 derajat celcius.

Baca juga: Lebih Dekat Matahari, Mengapa Suhu di Atas Gunung Lebih Dingin?

Tak ayal, kondisi ini membuat Ciwidey memiliki daftar wisata yang memikat untuk dikunjungi, mulai dari kawah putih, wisata petik stroberi, kebun teh, penangkaran rusa hingga pemandian air hangat. Namun, kekhasan Ciwidey bukan hanya pada wisatanya saja, satu hal lainnya yang menarik untuk dibahas, yakni oleh-oleh.

Lantas, oleh-oleh khas Ciwidey apa saja yang wajib Anda bawa saat kembali ke rumah? Ditulis dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Oleh-Oleh Khas Daerah Pegunungan Ciwidey, Bandrek

source : frisian flag

Satu-satunya minuman yang jamak ditemui dan kerap dijadikan oleh-oleh dari kawasan dingin seperti Ciwidey, yakni bandrek. Bandrek sendiri merupakan minuman penghangat tubuh yang komposisinya terdiri dari rempah jahe, kayu manis, pala dan gula merah.

Salah satu bandrek terkenal di Ciwidey adalah Bandrek Abah. Bisa dikatakan, Bandrek Abah merupakan market leader dari industri penjualan bandrek saat ini di Ciwidey. Pasalnya, Bandrek Abah selalu tersedia di pusat atau kios-kios yang menjual produk oleh-oleh khas Ciwidey.

Selain itu, berdiri sejak tahun 1982, tidak salah jika menobatkan Bandrek Abah sebagai minuman yang melegenda. Bandrek Abah dibuat dari 100% bahan-bahan alami, sehingga, selain menyehatkan Bandrek Abah juga sangat cocok bila diminum di malam hari.

Baca juga: 5 Minuman Khas Daerah yang Wajib Anda Coba!

Karena Banyak Kebunnya, Oleh-Oleh Stroberi Saja

source : canva

Selain wisata alam yang memesona, Ciwidey juga menyajikan wisata petik stroberi. Tentu saja, aktivitas ini sangat menarik untuk dilakukan, terlebih jika dilakukan bersama anak-anak. Menariknya, selain dimakan langsung, stroberi yang sudah dipetik bisa dijadikan oleh-oleh juga lho! Tertarik?

Akan tetapi, selain bisa dipetik sendiri, banyak juga kedai atau pusat oleh-oleh yang menyajikan buah berwarna merah ini. Sehingga, kurang afdol rasanya jika tidak menjadikan stroberi sebagai buah tangan saat Anda kembali ke kota asal. Untuk harganya, berkisar antara Rp 70 - 80 ribu per kilogramnya.

Manis dengan Ragam Pilihan Rasa, Kalua Jeruk

source : omiyago

Dialah kalua jeruk, satu-satunya oleh-oleh yang hanya bisa Anda temukan di Ciwidey. Kalua jeruk merupakan manisan yang terbuat dari jeruk. Akan tetapi, bukannya daging jeruk, melainkan kulit jeruk lah yang digunakan membuat manisan ini. Menariknya, meski kulit jeruk bercita rasa pahit, warga Ciwidey bisa menyulapnya menjadi camilan bercita rasa manis lho!

Ada banyak pilihan rasa, yang dibedakan dari tampilan warnanya. Warna putih untuk rasa manis tanpa campuran, sementara itu merah untuk rasa stroberi, hijau rasa sirsak sedangkan kuning rasa durian.

Cukup mudah mencari kalua jeruk di Ciwidey. Banyak toko yang menjual dengan cara memajang camilan ini di dalam etalase kaca yang menyerupai akuarium. Sehingga terlihat dari luar oleh para pelancong.

Rasa Lezat dengan Aroma yang Khas, Kopi Ciwidey

source : canva

Meski bukan yang pertama, nyatanya Indonesia masih masuk kedalam 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia saat ini. Banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan kopi dengan cita rasa enak dengan aroma yang khas, Ciwidey salah satunya.

Baca juga: Brasil Rajai Produksi Kopi pada 2020, Indonesia Urutan Berapa?

Walau masih kalah pamor dengan kopi lainnya macam Gayo, Toraja atau bahkan kopi luwak. Kopi Ciwidey tidak bisa dipandang sebelah mata. Tentu saja, karena biji kopi Ciwidey memiliki kualitas yang sangat baik.

Pasalnya, kopi ditanam dan tumbuh di suhu yang sejuk, membuat cita rasanya begitu nikmat. Selain itu, kekhasan lainnya ada pada aromanya yang terasa harum kacang, wangi bunga serta buah, kutip kumparan.com. Coffee lovers, jangan lupa berburu kopi saat Anda mampir ke Ciwidey ya!

Baca juga: Kopi Nusantara yang Sudah Terlanjur Dicintai Masyarakat Dunia

Opak Ketan

source : omiyago

Hampir di setiap sentra oleh-oleh Ciwidey menyajikan camilan ini, yakni opak ketan. Terbuat dari tepung ketan yang dicampur telur dan santan, camilan ini biasanya disajikan menjadi dua macam rasa, yakni asin dan manis.

Bentuknya yang pipih dan teksturnya yang renyah, membuat opak ketan sangat cocok untuk bersantai. Bagaimana, tertarik menjadikan opan ketan sebagai buah tangan saat Anda pulang?

KawanKAWN, diatas merupakan 5 oleh-oleh khas dari tanah Ciwidey. Jika Anda berencana liburan ke Ciwidey, kira-kira oleh-oleh apa saja yang hendak Anda bawa pulang? Bubuhkan jawaban di kolom komentar ya!