Olahraga, Ada Potensi Usaha Yang 'Menyehatkan' Loh Di Dalamnya. Mari Kulik!

-

Olahraga adalah rutinitas yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menyehatkan. Pernyataan ini bukannya tanpa alasan, karena menurut pakar, olahraga dapat menjaga organ tubuh, stamina, serta kesehatan mental Anda.

Baca juga: Sepeda Lagi Tren! Yuk, Jalani Bisnis Berikut Ini

Selain itu, olahraga juga dapat menjadi pemersatu bangsa lho. Gak percaya? KAWN akan membahas beberapa diantaranya.

Masih ingatkah Anda saat Greysia Polii dan Apriani Rahayu mempersembahkan medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020? Atau lajunya timnas sepakbola Indonesia ke final Piala AFF 2021 di Singapura? Semua masyarakat Indonesia mendukung momen olahraga tersebut dengan gegap gempita.

Baca juga: Piala Eropa 2020, Ada Peluang Bisnis Apa Ya?

Nah, pasti Anda setuju kan jika olahraga memang memiliki daya tarik sendiri bagi yang menjalani sebagai hobi/profesi maupun yang menikmatinya sebagai penonton. Seperti KAWN yang melihat olahraga dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Pada artikel kali ini, KAWN akan memberikan beberapa peluang bisnis dalam bidang olahraga yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi lho. Sudah tidak sabar bukan? Yuk kita bahas bersama!

Baca juga: Hobi Nonton Drakor? Cari Tahu Yuk Peluang Bisnis Di Balik Drama Korea

Olahraga, Pasti Butuh Perlengkapan Olahraga Kan?

Source: Canva

Tidak peduli di mana pun Anda tinggal, pasti ada sekelompok orang yang suka dan terlibat secara aktif dalam satu acara olahraga. Membuka toko perlengkapan olahraga adalah salah satu peluang bisnis yang saat ini masih terbuka lebar untuk Anda dalami, selain peminat yang semakin banyak, ternyata pesaing dalam bisnis yang satu ini terbilang masih kecil walaupun potensi berkembang dan prospeknya cukup baik.

Baca juga: 8 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Penyewaan Arena Olahraga

Source: Canva

Semakin hari, arena olahraga yang difungsikan sebagai fasilitas publik gratis seperti lapangan sepakbola dan trek atletik semakin terkikis. Rata-rata jika ingin berolahraga yang membutuhkan ruang tertentu, seperti tenis atau badminton, maka Anda harus membayar sewa.

Nah, adanya demand inilah yang dilihat dapat menjadi peluang usaha. Jika memiliki lahan yang cukup luas, bisa mengomersilkan lahan menjadi arena olahraga. Seperti lapangan badminton, basket, futsal, kolam renang, gym, atau sasana bela diri.

Baca juga: Tarif Sewa Fasilitas dan Venue Lapangan Olah Raga GBK

Olahraga Di Ruangan Tertutup? Fitness Centre Jawabannya!

Source: Canva

Ide peluang bisnis ini memang terdengar familiar. Namun meskipun sudah familiar, peluang membuka fitness centre tetap menarik untuk dipertimbangkan, karena semakin hari setiap orang semakin sadar akan pentingnya hidup sehat.

Nilai jualnya adalah berada di sebuah tempat tertutup (indoor), dilengkapi dengan peralatan olahraga serta adanya jasa pelatih (trainer) yang berpengalaman. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan harganya saja.

Baca juga: Perbedaan Gym Dan Fitnes Yang Perlu Anda Ketahui

Butuh Pendamping Olahraga Secara Virtual? Aplikasi Olahraga Saja!

Source: Canva

Saat ini kita berada dalam masa di mana keberadaan smartphone menjadi kebutuhan paling dekat untuk banyak orang. Aplikasi atau Aapps adalah bagian terpenting dari smartphone. Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak atau programmer, Anda dapat mempertimbangkan untuk memfokuskan diri dalam membuat aplikasi terkait olahraga.

Ide aplikasi olahraga dapat berupa scheduling olahraga, analisis pasca-latihan dan pertandingan, dan juga aplikasi tracking saat berlari. Di Indonesia sendiri belum banyak developer yang menjalankan bisnis ini lho.

Baca juga: 10 Aplikasi untuk Lari dan Jogging Terbaik di Android

Bisnis Titip Jual (Consignment)

Source: Canva

Membeli merchandise atau perlengkapan olahraga official dari klub favorit menjadi pride tersendiri. Anda bisa membuka bisnis titip jual barang-barang merchandise official ini. Dengan begitu, hanya perlu kerja sama dengan pihak yang terkait.

Untuk memulai bisnis dengan tipe ini tidak membutuhkan modal yang relatif besar. Anda hanya membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait. Kemudian menjaga kepercayaan, mendisiplinkan, dan koneksi yang luas.

Baca juga: Bisnis Penjualan Produk dengan Sistem Konsinyasi, Yuk Kita Ulas!

Itulah tadi lima peluang usaha di olahraga yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk membuka usaha/bisnis. Pastikan saat memilih jenis usaha, sesuai dengan passion dan modal usaha yang Anda miliki ya.

Pilih aplikasi kasir yang dapat menjadi pendamping bisnis Anda. KAWN POS memiliki banyak penawaran dengan harga yang terjangkau lho. Cek infonya di sini ya!