Minum 3 Ramuan Jamu Tradisional ini Untuk Sambut Era Normal Baru

-

Semenjak pemberlakuan era normal baru beberapa bulan lalu, kini masyarakat Indonesia sudah mulai berangsur-angsur melakukan berbagai kegiatan di luar rumah. Era normal baru merupakan masa transisi untuk hidup secara berdampingan dengan keberadaan virus Covid-19 yang masih mengudara di tanah air.

Baca juga : 5 Strategi Bisnis yang Perlu Dipersiapkan Pasca Pandemi COVID-19

Semua kegiatan dari berbagai lini, seperti bekerja, berbisnis, berbelanja, berlibur dan lain sebagainya sudah mulai dapat dilakukan, namun tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Protokol kesehatan sejatinya bertujuan untuk melindungi masyarakat dari infeksi virus Covid-19 dan menekan angka penyebaran infeksi tersebut. Namun, pelaksanaan protokol kesehatan saja tidak cukup untuk melindungi Anda dan keluarga dari paparan virus Covid-19.

Baca juga : 5 Trend Bisnis Online Potensial saat Masa New Normal

Melansir dari wikipedia.org jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami, dapat merupakan bagian dari tumbuhan atau hewan. Jamu dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan manusia.

Baca juga : 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Keberadaan jamu di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu kala dan menjadi salah satu kekayaan budaya yang menjadi identitas Bangsa Indonesia. Kandungan herbal yang terdapat di dalam jamu memiliki segudang khasiat, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar buang air kecil/besar, meningkatkan imunitas tubuh dan bahkan jamu juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis, seperti jantung, kanker dan diabetes.

Baca juga : Dapatkan Keuntungan dengan 5 Usaha Minuman Tradisional ini

Melaksanakan berbagai kegiatan pada saat era normal baru ini, tentu saja membuat sedikit kekhawatiran di dalam hati akan kemungkinan terinfeksi oleh virus Covid-19. Meskipun sudah melindungi diri secara eksternal dengan selalu menggunakan masker dan mencuci tangan secara berkala, tetap diperlukan perlindungan internal dari dalam tubuh melalui peningkatan imunitas tubuh.

Baca juga : 3 Peluang Bisnis Pasca Covid-19

Meminum jamu secara berkala pada saat pandemi seperti ini dapat menjadi salah satu langkah tepat untuk menangkal virus tersebut. Melansir dari health.grid.id terdapat 3 ramuan jamu yang dapat kita konsumsi sehari-hari untuk tingkatkan imunitas tubuh. Lalu, apa saja ketiga ramuan jamu tersebut? Berikut KAWN akan bahas selengkapnya.

Baca juga : Minum Jamu Efektif Cegah Corona? Ini Penjelasan Profesor UB Malang

Kunyit Asam

Ramuan jamu satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, minuman yang terbuat dari campuran sari kunyit dan asam jawa ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan, memperlancar buang air besar, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan imunitas tubuh merupakan beberapa khasiat umum dari jamu ini.

Baca juga : 3 Khasiat Awet Muda Dengan Bahan Alami Kunyit

Kandungan antioksidan, anti-peradangan dan antibakteri di dalam kunyit asam dipercaya mampu untuk menangkal segala radikal bebas dan virus yang terhirup oleh manusia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda cukup blender beberapa siung kunyit lalu rebus bersamaan dengan air dan asam jawa, jangan lupa tambahkan madu atau gula jawa untuk memberikan cita rasa manis yang sempurna.

Beras Kencur

Beras kencur merupakan ramuan jamu tradisional yang terbuat dari campuran air beras, kencur dan rempah lainnya. Jamu ini biasanya selalu tersedia di penjual jamu gendong maupun kedai jamu. Sama halnya dengan kunyit asam, jamu beras kencur juga dapat meningkatkan imunitas tubuh apabila dikonsumsi secara teratur.

Baca juga : 12 Manfaat Jamu Beras Kencur, Bikin Kurus dan Bebas Jerawat

Kandungan pati, mineral, patieol, asam metil kanil, asam sinamat, borneol, paraeumarin, asam, anisat, dan alkaloid merupakan senyawa-senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh Anda. Cara membuatkan jamu tradisional ini pun juga cukup mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan air rendaman beras, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa kemudian direbus bersama dengan air.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat di Balik Kencur

Empon-Empon

Pada masa awal kemunculan virus Covid-19 di Indonesia, nama jamu tradisional empon-empon pun cukup populer di media sosial. Kepopuleran jamu tradisional ini didukung dengan adanya kebiasaan Presiden Joko Widodo yang rutin meminum ramuan rempah ini selama masa pandemi untuk menjaga kesehatan beliau.

Baca juga : Cegah Corona, Jokowi Suguhi Tamu Minuman Empon-empon

Empon-empon sendiri sebenarnya adalah istilah dari Jawa untuk menjelaskan rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk obat/jamu tradisional, bumbu masakan, pewarna tekstil dan perawatan kecantikan. Indonesia sebagai negara agraris dan tropis sangat kaya akan ragam empon-empon, namun hanya sedikit yang baru dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

Ramuan empon-empon yang dipercaya mampu untuk tingkatkan imunitas dan menangkal virus adalah rebusan jahe, kunyit, temulawak, secang dan kayu manis. Rebus semua empon-empon tersebut bersama dengan air dan gula jawa lalu minum sehari 2-3 kali, niscaya tubuh Anda akan semakin sehat dan segar.

Berikut adalah 3 ramuan jamu tradisional yang KAWN berhasil rangkum untuk pengetahuan kesehatan Anda. Ramuan jamu tradisional tersebut sangat mudah dibuat dirumah dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat. Minum ramuan jamu tradisional secara teratur dan gunakan alat perlindungan diri untuk maksimalkan diri menghadapi era normal baru. Apabila Anda mempunyai info lainnya seputar jamu tradisional, jangan lupa berbagi di kolom komentar ya! Sampai jumpa lagi.