Metaverse Teknologi yang Sedang Populer

-

Metaverse menjadi momok perbincangan yang sedang populer, baik di media maupun di media sosial. Teknologi besutan Facebook ini digadang-gadang akan menjadi game changer bagi dunia bisnis di masa depan.

Metaverse sejatinya merupakan perpaduan antara dua teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya, kemudian mendapatkan penyempurnaan dari segi fitur. VR dan AR adalah kedua jenis teknologi yang menjadi cikal bakal dari lahirnya metaverse.

Virtual Reality (VR) memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam dunia virtual dan melakukan penjelajahan dengan bantuan gawai, sedangkan Augmented Reality (AR) memungkinkan pengguna untuk merasakan sensasi berada di dunia virtual. Melihat potensi ini metaverse menggabungkan keduanya, menjadi sebuah teknologi yang mana pengguna bisa masuk ke dalam dunia virtual dan sekaligus bisa merasakan sensasi panca indera pada dunia tersebut.

Lantas, apa saja tantangan dan peluang dari metaverse di bidang bisnis? Melansir beberapa sumber berikut ulasannya.

Baca juga: Ketahui 2 Hal Inti Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Metaverse Terobosan Baru Pada Bisnis Daring

source: freepik.com

Menjamurnya bisnis daring tidak hanya menjadi sebuah peluang baru, namun menyimpan berbagai kendala di dalamnya. Meskipun, saat ini konsumen sudah lebih banyak memanfaatkan marketplace untuk berbelanja, namun ada beberapa hal yang tidak bisa diberikan oleh platform tersebut kepada calon konsumen.

User experience (UX) menjadi faktor penentu keputusan pembelian dari seorang konsumen. Mungkin, untuk produk diluar pangan atau sandang konsumen tidak terlalu memusingkan soal bagaimana produk dapat dirasakan.

Semisalnya, pada produk sandang yang memerlukan selera atau kecocokan, keterbatasan inilah yang dapat terjawab dengan adanya teknologi metaverse. Melalui metaverse Anda bisa mencoba pakaian pada toko daring, untuk menghindari ketidakcocokan ukuran atau selera.

Baca juga: Peluang Bisnis 2020: Bisnis Ecommerce Akan Memasuki Tahun Emas

Daya Tampung Pengguna

Source: Ilustrasi Facebook Horizon Workrooms

Metaverse memungkinkan perusahaan untuk mengadakan sebuah acara dengan pengguna yang masif. Sebagai contoh, konser musik, workshop, seminar, pameran atau acara belajar mengajar.

Namun, yang menjadi tantangan adalah seberapa kuat daya tampung metaverse terhadap pengguna bagi acara-acara tersebut agar dapat berjalan tanpa kendala. Sepertinya, ini akan menjadi PR bagi metaverse kedepannya yah.

Baca juga: Kursus Daring, Bisnis Minim Modal Banyak Peminat

Transformasi Pada Sosial Ekonomi Masyarakat

source: freepik.com

Prediksi selanjutnya mengenai tantangan kehadiran metaverse pada kehidupan manusia adalah terkait dengan pengaruhnya terhadap cara bersosialisasi manusia.  Metaverse memungkinkan manusia untuk tidak keluar rumah dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Dampaknya akan lebih terasa terhadap generasi anak sekolah daripada orang tua, mengapa? Pasalnya, dengan kehadiran metaverse pada dunia pendidikan, menyebabkan semua kegiatan KBM dapat dilakukan secara virtual, tentu sebagai makhluk sosial, manusia tetap membutuhkan koneksi sosial secara nyata. Sehingga, penggiat dunia pendidikan dan psikologi dirasa perlu membahas lebih dalam perihal kondisi ini guna mencari solusi efektif agar peran teknologi tetap bermanfaat, namun tidak menimbulkan efek samping pada sendi kehidupan yang lain.

Baca juga:  Mark Zuckerberg, Cerita Sukses dan Sebuah Kesederhanaan

KawanKAWN berikut adalah uraian singkat mengenai tantangan dan peluang dari metaverse pada kehidupan manusia. Apabila Anda menemukan temuan lainnya seperti teknologi ini, jangan sungkan untuk komen di bawah.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya!