Mentor Saat Menjalani Bisnis, Ketahui Penting dan Manfaatnya

-


Mentor bisa menjadi solusi di saat seseorang bingung ketika membangun sebuah bisnis, terlebih bagi Anda pebisnis muda yang belum memiliki pengalaman berbisnis sama sekali. Sehingga, kehadiran mentor memiliki peran yang cukup krusial dalam perjalanan sebuah bisnis.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis, Pemula Wajib Ikut Nih!

Sederhananya, mentor bisnis adalah pebisnis sukses yang telah memiliki banyak jam terbang pada suatu bidang bisnis. Mereka pantas menyandang predikat sebagai ‘guru’, karena Anda sebagai pemula akan mendapatkan banyak wawasan dan ilmu dari belajar kepadanya.

Baca juga: Apakah Anda Sedang Mencari Mentor? Di 7 Tempat Inilah Anda Bisa Menemukannya!

Lantas, melihat begitu pentingnya peran mentor dalam sebuah bisnis. Manfaat apa saja yang bisa Anda ambil dari kehadiran sang mentor? Melansir entrepreneurcamp.id, berikut ulasannya.

Mentor Memberikan Pengalaman Bisnis untuk Dijadikan Inspirasi

source: google image

Meski Anda bisa mencari literasi bisnis dari berbagai media, seperti internet dan buku, namun kehadiran mentor dirasa akan lebih efektif. Karena tentu saja, Anda bisa sharing pengalaman bisnis secara dua arah kepada sang mentor.

Baca juga: 8 Manfaat Komunikasi Dua Arah

Memang, memulai sebuah bisnis tentunya tidaklah mudah. Banyak rintangan tak terduga yang terjadi tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Untuk itu, pentingnya kehadiran mentor, yaitu Anda dapat belajar dari kisah sukses yang sudah pernah mentor alami.  

Baca juga: 5 Cara Berbisnis ala CEO Alibaba Jack Ma

Mentor Akan Membimbing Langkah Anda dalam Berbisnis

source: google image

Membangun sebuah bisnis merupakan suatu hal yang kompleks, mulai dari tahap pengembangan ide, perencanaan hingga pada tahap eksekusi. Tentu saja semua tahapan tersebut membuat Anda ragu untuk mengambil keputusan. Disinilah peran mentor sangat dibutuhkan, dia bisa membimbing Anda mulai dari langkah awal hingga menuju kesuksesan.

Selain itu, kehadiran mentor dapat memberikan Anda sudut pandang lain terhadap sebuah keputusan. Meski sarannya tidak sepenuhnya harus Anda terima, setidaknya Anda bisa mempertimbangkan keputusan lainnya yang akan Anda ambil.  

Memperluas Jaringan Bisnis

source: google image

Selain membimbing dan berbagi pengalaman, mentor dapat membantu Anda untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Karena, seorang mentor yang sukses, biasanya memiliki relasi bisnis yang sangat banyak.

Baca juga: Tips Bisnis: Manfaat Networking dalam Dunia Usaha

Relasi bisnisnya pun sangat beragam, mulai dari sesama pengusaha, investor hingga pejabat pemerintah yang berhubungan dengan regulasi bisnis. Pastinya, guna untuk mengembangkan bisnis, Anda pun perlu jaringan yang cukup luas juga.

Satu tips penting saat Anda menjalin hubungan dengan sang mentor. Buat ia percaya penuh terhadap Anda dan akrab dengan Anda. Karena dengan begitu, dia tidak akan segan memberikan kontak relasi bisnis yang Anda butuhkan. Sehingga, Anda pun bisa mempunyai kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang penting pada dunia bisnis.

Menjadi Motivator Handal saat Bisnis Mengalami Kegagalan

source: google image

Kegagalan dalam merintis sebuah bisnis adalah hal yang mungkin terjadi, namun berkeyakinan dan mencoba kembali setelah gagal adalah hal yang luar biasa. Pada kasus ini, tentu saja sangat dibutuhkan orang yang bisa memotivasi Anda untuk bangkit kembali.

Baca juga: Kegagalan Saat Berbisnis, Ayo Bangkit Dengan 5 Tips Berikut Ini!

Mungkin Anda mempunyai pasangan, orang tua atau sahabat yang peduli akan hidup Anda. Namun, pandangan mereka belum tentu relevan dengan keadaan bisnis Anda, terlebih orang-orang terdekat Anda tidak memiliki latar belakang sebagai pebisnis.

Baca juga: Intip Cara Berbisnis Ala Steve Jobs

Sehingga Anda butuh mentor yang memahami tantangan dan perjuangan jatuh-bangunnya merintis sebuah bisnis. Selain itu, mentor dapat membantu menaikan rasa percaya diri Anda dan membantumu mencari jalan keluar dari kegagalan yang dihadapi.

Diatas adalah beberapa manfaat mentor dalam perjalanan bisnis Anda. Akan tetapi, dalam hal mendapatkan mentor tidak semudah membalikan telapak tangan, Anda perlu bergabung dengan komunitas bisnis. Sehingga, Anda bisa berkenalan baik dengan pebisnis senior yang bersedia menjadi mentor Anda.

Semoga Artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membangun bisnis ya! Namun, jika Anda pernah memiliki cerita sukses bersama sang mentor andalan Anda, boleh share di kolom komentar ya! Terima kasih!