Mengelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dengan Point-of-Sale dari KAWN!

-

Apabila Anda belum mempunyai sebuah sistem kasir atau POS (Point of Sale) untuk usaha restoran Anda, Anda mungkin dapat memikirkan untuk menggunakan POS dalam usaha Anda. KAWN Sebagai penyedia aplikasi kasir point of sale, menyediakan sebuah Aplikasi sebagai “partner” mengelola usaha Food and Baverages [F&B] Anda. Mesin kasir akan kurang lengkap tanpa dukungan aplikasi kasir layar sentuh, berbasis Windows OS dan Android OS, dan mendukung sistem online maupun offline database. Software kasir yang satu ini pun sangat mudah digunakan, serta penggunaan layar sentuh membuat pengoperasiannya jauh lebih mudah.

Software aplikasi ini merupakan software komputer yang terhubung ke perangkat lainnya misalnya handphone tablet sebagai Point Of Sales atau biasa disebut dengan software kasir. Sebagai seorang pebisnis UMKM yang ingin bisnisnya maju, Anda pasti ingin memiliki pencatatan penjualan yang rapi, efektif dan efisien. Tidak semua bisnis berjalan lancar, beberapa bisnis yang ada bahkan harus berhenti karena gagal. Jika Anda sudah menggunakan program akuntansi, Anda tidak perlu dipusingkan pencatatan dan laporan bisnis.

Aplikasi kasir Android Version membutuhkan koneksi internet yang stabil dalam penggunaannya. Namun, Para pemilik gerai F&B perlu memahami perilaku konsumen dan dunia yang semakin digital. Mulai dari menyediakan koneksi Wi-Fi, interior dan penyajian yang menarik, hingga penggunaan teknologi ter-update. Di era serba smart, telah lahir KAWN – sebuah aplikasi kasir online – pendamping bisnis F&B.

KAWN diluncurkan oleh PT Technomedia Multi Sejahtera – salah satu perusahaan teknologi yang bernaung di bawah IndoSterling Group, pada 13 September 2018. KAWN aplikasi kasir online, pendamping bisnis F&B. Terinspirasi bisnis F&B yang potensinya terus berkembang. Dengan KAWN, setiap gerai F&B bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari transaksi, mengecek persediaan, rekap penjualan, penyimpanan data, secara aman, akurat dan digital.

Dikutip dari “Industri Bisnis” William Henley, President Director PT Technomedia Multi Sejahtera, mengungkapkan pengembangan produk ini merupakan jawaban dalam menghadapi tantangan bisnis kuliner yang menuntut digitalisasi operasional ke depannya. "Aplikasi ini bisa mempermudah banyak hal mulai dari pengecekan stok, transaksi, rekap secara digital, yang aman dan akurat," katanya saat peluncuran aplikasi KAWN.

Selain penyimpanan data yang aman, KAWN menghadirkan beberapa fitur andalan. Yaitu, rekap transaksi harian dengan notifikasi real time ke nomor Whats’App pemilik gerai. Ada fitur costum order setting yang juga akan memudahkan transaksi untuk pemesanan costum yang berbeda dengan menu. Lalu ada costum receipt yang membuat pemilik gerai bisa meletakkan visual atau teks pada struk belanja.

Table management, fitur yang memudahkan transaksi di gerai dengan jumlah meja yang banyak ataupun pelanggan yang silih berganti. Termasuk ada promo display yang akan membantu petugas kasir paham dan ingat promo apa yang sedang berlangsung. Fitur yang sangat membantu aktivitas di F&B multi gerai.

Peluncuran KAWN menghadirkan Gofar Hilman, actor, radio DJ yang juga memiliki sebuah gerai burger di Kemang. Gofar menceritakan keuntungan memakai KAWN di gerai F&B. Gofar juga menjelaskan keuntungan fitur-fitur KAWN dalam membantu berbagai aktivitas di gerainya.

Keuntungan lain menggunakan aplikasi KAWN adalah:

Dengan menggunakan software penjualan, data barang yang Anda  miliki di toko akan diolah dan tersimpan secara otomatis dalam sistem sehingga memungkinkan Anda untuk tidak perlu repot-repot lagi mendata secara manual. Yang Anda perlukan hanya menuliskan jumlah stok barang terakumulasi ke mesin kasir jika ada barang yang masuk atau keluar selama proses terjadinya penjualan.

Jika Anda menggunakan aplikasi kasir atau software penjualan, laporan transaksi keuangan  dalam satu hari dapat langsung terbuat secara otomatis dan dapat kita lihat dengan cepat. Tidak lagi menggunakan Barcode. Barcode adalah sekumpulan data yang Bergambarkan garis dan jarak spasi (ruang). Barcode juga menggunakan urutan garis batang vertikal dan jarak antar garis untuk mewakili angka atau simbol lainnya.

Tujuan penggunaan barcode adalah untuk memudahkan pengenalan nama barang tanpa harus mencatat nomor seri yang panjang dan rumit. Jika berjualan secara manual tanpa menggunakan aplikasi kasir, Anda harus memeriksa terlebih dahulu ke tempat penyimpanan barang untuk memastikan secara langsung produk yang dijual masih ada persediaan atau tidak.

Selain itu apabila Anda masih mencatat penjualan harian secara manual, maka yang Anda lakukan adalah setiap toko tutup Anda harus menjumlah nota rangkap yang Anda buat untuk transaksi dari buka toko hingga tutup toko. Dari menjumlah nota, melakukan penyesuaian dengan uang yang kita dapat. Kegiatan ini tentunya memakan waktu yang tidak sebentar lho.

Proses pembelian/purchasing merupakan proses pencarian sumber atau bahan produksi untuk membantu kegiatan produksi dan persediaan toko tersebut. Dalam proses pembelian biasanya diperlukan form pembelian (purchase order) sebagai bukti otentik dalam dokumen pembelian . Software penjualan / akuntansi biasanya meyediakan fungsi ini untuk mengatur format purchase order dalam memudahkan laporan pembelian.

Kemudian, setiap toko tutup untuk mengetahui pendapatan hari ini, bila Anda masih manual Anda harus menjumlah nota rangkap yang dibuat untuk transaksi dari pagi hingga sore. Hal ini tidak bisa Anda lakukan hanya dalam waktu 5 menit, setidaknya anda butuh waktu 15 sampai 30 menit untuk menjumlah nota dan akhirnya mengecek dengan income Anda. Dengan program kasir, Laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat anda lihat dengan cepat. Anda tinggal cros cek dengan uang yang ada di laci. Karena software penjualan saat ini sudah mampu mengolah laporan posisi keuangan dari transaksi- transaksi yang sudah Anda input.

Peran penting lainnya dari sistem kasir dalam bisnis adalah dapat mengubah harga suatu produk dan secara otomatis akan diperbarui di seluruh sistem, sehingga harga selalu terlihat sama di seluruh proses. Oleh karena itu, Anda dapat memastikan bahwa harga selalu sesuai dengan yang diberikan pada pelanggan dan menghindari klien yang tidak puas. Kemudian, selayaknya seorang petugas kasir, tidak dipungkiri bahwa sewaktu-waktu dapat melakukan kesalahan, aplikasi kasir menjaga agar hal tersebut dapat diminimalisir.

Aplikasi kasir KAWN dapat digunakan untuk memeriksa penjualan tambahan yang dilakukan oleh setiap karyawan. Namun, itu juga dapat digunakan sebagai alat manajerial dan reward. Dengan melakukan itu karyawan akan menjadi lebih termotivasi dan lebih efektif. Oleh karena itu, penjualan akan meningkat dan layanan pelanggan akan ditingkatkan.

Dengan menggunakan Aplikasi kasir KAWN, diharapkan bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih besar tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan menggunakan data yang tercatat sebelumnya untuk menciptakan peningkatan pendapatan. Menggunakan KAWN juga lebih membuat Anda menghemat waktu karena tidak melakukan segala macam sirkulasi keuangan secara manual. Jadi, saatnya menggunakan aplikasi kasir KAWN untuk mendukung usaha Anda!