Mendadak Jadi Pengusaha? Ikuti Langkah Transisi Berikut Ini

-

Bagi sebagian orang, menjadi seorang pengusaha merupakan profesi yang sangat di idam-idamkan. Bukan hanya anak muda yang baru menyelesaikan masa studinya, bahkan sekelas karyawan yang notabene memiliki penghasilan tetap pun tergiur untuk menjadi seorang pengusaha.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha di Usia Muda

Berbagai alasan kuat yang membuat seorang karyawan memutuskan untuk menjadi pengusaha. Selain memang ingin menjadi pengusaha yang sukses, bisa saja karena karyawan tersebut dalam bayang-bayang dirumahkan.

Baca juga: Wajib Dicontoh Kisah 3 Orang Sukses Berbisnis Setelah Di-PHK

Ketakutan tersebut membuat seorang karyawan mengambil keputusan untuk berbisnis. Sebetulnya, menjadi pengusaha itu bukan hal yang mustahil, karena sudah banyak pengusaha-pengusaha sukses yang latar belakangnya adalah seorang karyawan.

Baca juga: Siapa Sangka, 7 Pengusaha Sukses ini Tadinya Mantan Karyawan Biasa!

Memang dibutuhkan wawasan, keberanian dan tekad yang kuat jika seorang karyawan memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, terlebih jika berbisnis adalah dunia baru baginya. Lantas, langkah-langkah transisi apa saja yang harus dilakukan saat seorang karyawan ingin menjadi seorang pengusaha? Melansir unitedtronik.co.id, berikut langkah transisi yang bisa Anda lakukan.

Kenali Karakteristik Pengusaha dan Potensi Diri Anda

Source: Google Image

Saat Anda seorang karyawan dan ingin menjadi seorang pengusaha, ada baiknya Anda berkaca pada diri Anda sendiri. Karena, jika Anda memutuskan beralih menjadi seorang pengusaha, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Baca juga: Ini 5 Persiapan Jadi Pengusaha Pemula

Selain tentu saja modal dan konsep bisnis, karakteristik untuk menjadi seorang pengusaha pun juga perlu dibangun. Memang, karakter seorang pengusaha tidak timbul secara alami saat Anda lahir, namun hal ini bisa dibagun berkat latihan dan kebiasaan.

Baca juga: Kenali 6 Karakteristik Seorang Entrepreneur, Mungkin Anda Salah Satunya?

Melansir kawn.co.id, berikut beberapa karakteristik seorang pengusaha yang perlu ada pada diri Anda:

  1. Berani memulai sesuatu
  2. Cepat beradaptasi
  3. Berpikir kritis
  4. Ulet dan tidak menyerah
  5. Disiplin Menerima kritik dan saran

Namun, selain Anda mengetahui karakteristik seorang pengusaha, Anda juga perlu mengetahui bakat atau kelebihan apa saja yang ada dalam diri Anda. Tentunya dengan cara mengetahui potensi diri, bisa menjadi modal yang bisa dimanfaatkan ketika akan memulai sebuah bisnis.

Baca juga: 7 Langkah untuk Membantumu Menemukan Potensi Diri

Melihat Peluang

Source: Google Image

Disaat Anda meyakini jika diri Anda memiliki potensi dan karakteristik yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha. Langkah berikutnya adalah dengan melihat dan mencari peluang yang ada.

Baca juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Karena saat ini banyak berseliweran peluang bisnis yang bisa dijalani. Namun, Anda juga perlu menyeleksi kembali, bisnis jenis apa yang sepertinya cocok dengan diri Anda.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Kamu Siapkan ketika Ingin Berbisnis Sesuai Passion

Sebagai contoh, jika dulu Anda adalah seorang koki handal di hotel berbintang. Anda mungkin bisa membuka bisnis kuliner dengan mengandalkan keahlian memasak Anda. Atau jika Anda seorang fotografer pada sebuah perusahaan media, bisa saja Anda membuka bisnis fotografi sendiri.

Baca juga: Tanpa Modal, Ikuti 7 Tips Memulai Bisnis Fotografi Berikut Ini

Mengubah Mindset

Source: Google Image

Mindset atau pola pikir seorang karyawan tentu saja berbeda dengan pengusaha. Salah satu pola pikir yang perlu dibuang jauh-jauh saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, yaitu jangan bergantung pada gaji bulanan.

Baca juga: Perbedaan Pola Pikir Enterpreneur Vs Salary Man

Karena dalam dunia usaha, tentu saja penghasilan utamanya berasal dari profit bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, sebagai pemilik usaha, sukses atau tidaknya bisnis tersebut, Anda lah yang menentukannya.

Namun, mindset seperti apa yang mesti dirubah saat Anda memutuskan menjadi seorang pengusaha. Melansir blog.sribu.com, berikut daftarnya:

  1. Anda bertanggung jawab pada semua keputusan yang Anda buat.
  2. Anda harus memegang visi baik jangka panjang dan jangka pendek secara bersamaan.
  3. Bisnis merupakan dunia baru bagi Anda, namun saat Anda merasa tidak nyaman, Anda harus mulai terbiasa, karena itulah ‘zona nyaman’ Anda yang baru.  Belajar adalah sebuah perjalanan yang berkelanjutan.
  4. Hargai sekecil apapun nilainya.
  5. Cintai bisnisnya, namun tetaplah bersikap objektif.
  6. Manfaatkan waktu yang ada.
  7. Mulailah sesegera mungkin.

Perdalam Wawasan Berwirausaha

Source: Google Image

Knowledge tentang bisnis wajib Anda perdalam. Karena tentu saja Anda perlu pengetahuan lebih rinci tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari informasi tentang bisnis, bisa melalui internet, membaca literatur bisnis atau mengikuti acara seminar bisnis.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis, Pemula Wajib Ikut Nih!

Bahkan, dengan mengikuti seminar bisnis, Anda bisa saja menemukan mentor berpengalaman yang bisa Anda jadikan panutan. Selain itu, kehadiran mentor pun kadang kala akan memberikan beberapa solusi saat Anda dihadapkan dengan masalah bisnis.  

Buat Perencanaan yang Matang

Source: Google Image

Setelah Anda merasa yakin dengan keputusan untuk berbisnis, barulah Anda melanjutkan ke tahap yang lebih penting, yaitu merencanakan bisnis yang akan dijalani. Untuk itu, rencanakan bisnis Anda dengan matang ya!

Sebagai contoh jika Anda berencana menjalankan bisnis F&B. Tentu saja banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Selain, menciptakan produk F&B, tentu saja membuat nama brand, menyiapkan peralatan, menentukan lokasi serta menentukan strategi pemasaran.

Baca juga: 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Selain itu, Anda jangan lupakan peran teknologi untuk menunjang keberhasilan bisnis F&B Anda. Karena di zaman yang serba canggih saat ini, apapun bisa dilakukan dengan keberadaan teknologi. Salah satunya adalah aplikasi kasir online KAWN.

Baca juga: 5 Alasan Bisnis F&B Kamu Perlu Menggunakan Kasir Online

KAWN POS merupakan aplikasi kasir online berbasis teknologi cloud yang dapat memudahkan transaksi bisnis F&B Anda. KAWN hadir dengan fitur-fitur yang cukup mumpuni, seperti analisa bisnis, pencatatan transaksi, manajemen stok, manajemen meja dan manajemen multi-outlet.

Untuk itu, jika Anda sudah tekadkan niat untuk berbisnis dan memerlukan pendamping bisnis. Anda bisa mencoba pengalaman menggunakan KAWN secara gratis selama 30 hari, hanya dengan klik disini.

Itulah beberapa langkah transisi yang bisa Anda jalankan, jika Anda saat ini seorang karyawan dan ingin menjadi seorang pengusaha. Namun, jika Anda punya pandangan lainnya, silahkan tulis komentar pada kolom dibawah ini ya! Terima kasih!