Memanfaatkan Loyalty Program pada Bisnis F&B

-

Semakin tingginya persaingan di dunia bisnis F&B, membuat para pebisnis melakukan banyak strategi agar tetap bertahan. Selain gencar melakukan promosi dan meningkatkan kualitas produk, tentunya loyalty program juga menjadi strategi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Lantas, apa yang dimaksud dengan loyalty program? Sederhananya, loyalty program merupakan program membership atau program keanggotaan pelanggan yang bertujuan untuk menawarkan berbagai reward yang menguntungkan bagi pelanggan. Program ini kerap kali ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan sebagai upaya untuk menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan volume penjualan.  

Dalam penerapannya, loyalty program terbagi menjadi 3 langkah;

  1. Memberikan member card kepada pelanggan: Pelanggan yang memiliki member card akan mendapatkan privilege tertentu, seperti mendapatkan pelayanan khusus, potongan harga dan mendapatkan reward yang lebih menarik daripada konsumen yang tidak memiliki member card. Perlu diketahui juga, ada 2 cara dalam memberikan member card, yaitu member card berupa fisik dan digital member card.
  2. Memberikan point reward: Cara kerja point reward yaitu dengan mengakumulasikan jumlah pembelian pelanggan yang dihitung dengan sistem poin. Hal ini guna memancing pelanggan untuk membeli produk secara berulang-ulang atau dalam jumlah banyak.    
  3. Penukaran point reward: Langkah terakhir dalam pelaksanaan loyalty program adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan. Reward bisa berupa, pemberian merchandise, potongan harga atau gratis pembelian produk tertentu.

Melihat begitu pentingnya loyalty program pada bisnis F&B Anda. Oleh karena itu, pada artikel ini KAWN akan coba membahas beberapa manfaat dari loyalty program. Melansir hashmicro.com, berikut ulasannya.

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Loyalty Program

Source: Google Image

Tentunya, tujuan utama dijalankan loyalty program adalah agar pelanggan tetap loyal terhadap bisnis F&B Anda. Dalam bisnis apapun, loyalitas pelanggan sangat dibutuhkan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan

Karena pelanggan yang loyal akan secara rutin melakukan pembelian terhadap bisnis Anda. Hal ini tentu saja akan menguntungkan bisnis secara finansial.

Loyalty Program Membentuk Repeat Order

Source: Google Image

Bagi Pelanggan Bukan hanya mencari pelanggan baru, menciptakan repeat order pada pelanggan lama masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup rumit bagi para pebisnis. Karenanya, banyak cara dilakukan pebisnis untuk mengupayakan terjadinya repeat order, salah satunya adalah dengan menjalankan loyalty program.

Baca juga: 7 Tips Jitu Meningkatkan Repeat Order Setelah Melakukan Penjualan

Repeat order atau pembelian kembali sang pelanggan merupakan tujuan utama dari dijalankannya loyalty program pada bisnis F&B. Selain me-maintenance pelanggan lama, tentunya pelanggan baru pun menjadi sasaran utama dibentuknya loyalty program.

Sebagai Strategi Public Relation

Source: Google Image

Disaat bisnis Anda memiliki banyak kompetitor, tentunya Anda ingin dilihat lebih baik dimata pelanggan. Karena hal itu, banyak cara dilakukan pebisnis agar bisnisnya lebih menonjol.

Salah satunya adalah dengan menjalankan loyalty program. Disaat sang pelanggan merasakan manfaat dari loyalty program, tentunya hal ini akan memberikan pandangan positif terhadap bisnis F&B Anda.

Mendorong Pelanggan untuk Membeli Lebih Banyak

Source: Google Image

Dalam menjalankan loyalty program ada step dimana bisnis Anda memberikan point reward kepada pelanggan. Point reward merupakan strategi yang cukup ampuh untuk terus mendorong pelanggan Anda membeli produk dalam jumlah yang banyak.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Sebagai contoh, jika pelanggan Anda melakukan transaksi sebesar Rp 50.000, maka mereka akan mendapatkan 50 poin dan kelipatannya. Maka, semakin banyak pelanggan melakukan pembelian, maka poin mereka akan semakin banyak yang nantinya bisa mereka tukarkan dengan produk atau hadiah tertentu. Tentunya cara ini akan memancing pelanggan akan membeli kembali dalam jumlah banyak.

Kemungkinan Terjadinya Promosi ‘Word of Mouth’

Source: Google Image

Manfaat selanjutnya dari loyalty program adalah kemungkinan terjadinya promosi word of mouth atau yang biasa disebut promosi dari mulut ke mulut. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menggaet dan menyakinkan pelanggan baru untuk membeli produk pada bisnis F&B Anda. Karenanya pelanggan yang loyal, tidak hanya menguntungkan secara keuangan tetapi juga menjadi alat promosi ‘word of mouth’ yang sangat efektif.


Mengingat betapa pentingnya loyalitas pelanggan pada perkembangan bisnis F&B, maka dari itu sangat penting dijalankannya loyalty program. Dan diatas adalah beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dengan dijalankannya loyalty program pada bisnis F&B.

Jika Anda pebisnis F&B yang sedang menjalankan loyalty program dan merasakan manfaatnya terhadap bisnis Anda. boleh share pengalaman Anda di kolom komentar ya! Terima kasih!