Media Sosial x Bisnis

-

Berbicara tentang media sosial, mungkin pertanyaan yang terlintas adalah berapa banyak aplikasi media sosial yang telah terpasang pada smartphone Anda? Atau berapa banyak akun media sosial yang Anda miliki saat ini? Dengan menjamurnya media sosial yang ada, sudah pasti Anda kini telah memiliki lebih dari satu media sosial ya! Lalu, bagaimana peran dan manfaat media sosial ini bagi kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani?

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Seperti yang kita ketahui, Media sosial telah berkembang menjadi salah satu bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak memberikan manfaat, mulai dari berbagi tentang informasi menarik, berkomunikasi dengan keluarga yang jauh, hingga jadi sarana untuk melakukan personal branding, namun saat ini media sosial bisa juga dijadikan sebagai platform untuk mengembangkan bisnis bagi para pelaku usaha. Apabila Anda bisa mengoptimalkan fungsi dan peran media sosial dengan baik, bukan hal yang mustahil kalau media sosial dapat menguntungkan bisnis Anda. Seperti yang kami kutip dari duitologi.com berikut beberapa peran media sosial yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga : Inilah Beberapa Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda

Media untuk Riset dan Menentukan Segmentasi Pasar

Sepertinya tidak ada satu jenis bisnis yang cocok untuk semua segmen konsumen. Karena hal itu, Anda perlu menentukan terlebih dahulu segmen konsumen yang ingin Anda sasar. Segmentasi pasar bisa dilakukan berdasarkan usia, tingkat penghasilan, jenis kelamin, profesi, wilayah tempat tinggal dan lain sebagainya, sehingga Anda bisa menentukan segmen pasar mana yang akan Anda sasar.

Baca juga : Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

Untuk memudahkan pencarian segmen pasar di media sosial, Anda membutuhkan data yang akurat untuk mendukung keputusan yang akan Anda ambil. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan analisis demografi untuk menemukan calon konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda. Melalui analisis tersebut, kita akan dengan mudah mencari tahu cakupan segmen pasar yang akan kita bidik. Untuk menganalisa demografi sendiri, terdapat beberapa metode yang bisa digunakan, terdiri dari :

A. Interest adalah analisis dari bentuk ketertarikan konsumen terhadap kegiatan yang disukai atau sering dilakukan.

B. Similarity merupakan sebuah metode pencarian demografi konsumen berdasarkan informasi profil pengguna di media sosial.

C. Behaviour merupakan metode untuk menemukan konsumen berdasarkan perilaku atau aktivitas yang telah dilakukan.

Jadi, sebelum Anda memulai sebuah bisnis, hal yang wajib Anda lakukan adalah riset dan tentukan pasar yang sesuai dengan bisnis Anda ya!


Membangun Customer Engagement

Dalam berbisnis, mungkin Anda sering mendengar kutipan ‘engage your customers!’, kalimat ini memang benar adanya dan sangat disarankan oleh para pakar. Namun, bagaimana cara melakukannya?

Baca juga : Customer Engagement: Pengertian, Cara Mengukur, dan Penerapannya

Media sosial merupakan cara paling efektif untuk membangun customer engagement terhadap bisnis Anda. Karena bisa saja facebook, twitter atau bahkan instagram Anda dapat menghubungkan bisnis Anda kepada konsumen. Untuk itu desain serta konten yang ditampilkan harus dapat merepresentasikan brand Anda, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebagai contoh apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, bisa saja Anda memberikan knowledge tentang resep makanan atau bagi Anda yang memiliki bisnis dibidang kecantikan, mungkin Anda bisa berikan tutorial mengenai tren make up yang sedang hits. Dengan cara seperti ini, pastinya akan ada interaksi antara Anda dengan konsumen.

Karena, konsumen yang sudah jatuh cinta terhadap konten Anda, pastinya akan terus mengunjungi sosial media Anda dan mungkin saja akan mempromosikannya kepada orang lain.

Sebagai Media Promosi yang Sangat Efektif

Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi pastinya dapat menekan biaya promosi bisnis Anda, beda halnya jika Anda melakukan promosi dengan media lainya seperti televisi, radio bahkan media cetak yang pastinya akan memakan biaya promosi yang sangat besar.

Baca juga : Promosi Lewat Media Sosial Dinilai Lebih Efektif, Mengapa?

Media sosial menawarkan promosi dengan tarif rendah dan efektif dengan jaminan pertambahan jumlah follower pada bisnis Anda, yang artinya brand awareness bisnis Anda juga pasti meningkat. Lantas, apa saja manfaatnya jika Anda melakukan promosi pada media sosial ?

A. Meningkatkan Brand Awareness

promosi menggunakan media sosial juga bermanfaat agar bisnis Anda menjadi lebih banyak terlihat oleh masyarakat secara lebih luas. Setelah memilih platform media sosial yang tepat, selanjutnya yang menjadi kunci adalah konsistensi konten yang Anda unggah di media sosial bisnis Anda.

Semakin banyak konten menarik yang sesuai dengan minat konsumen, bisa saja akan menghasilkan review positif dari konsumen tentang bisnis yang Anda tawarkan, sehingga semakin banyak konsumen yang memberikan review positif, maka awareness akan terbentuk secara organik. Hal inilah yang disebut dengan menciptakan brand awareness.

B. Praktis dan cepat dalam menyebarkan informasi

Mungkin saja Anda tidak punya banyak waktu untuk menyebarkan informasi penting tentang bisnis Anda, untuk itu dengan keberadaan media sosial kemampuan menjangkau lebih banyak orang untuk memberikan informasi dalam waktu singkat dan praktis adalah salah satu alasan mengapa media sosial menjadi sarana yang tepat untuk menunjang promosi bisnis Anda.

C. Jaringan bisnis yang sangat luas

Dalam menjalankan bisnis, networking merupakan unsur penting yang akan menunjang kesuksesan bisnis Anda. Media sosial memberikan peluang untuk membuka jaringan bisnis seluas-luasnya secara global. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencoba produk pada bisnis Anda atau mungkin saja dapat membuka peluang investor untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola media sosial bisnis seoptimal mungkin.


Membangun Personal Branding dari sebuah Bisnis

Personal branding merupakan cara memasarkan bisnis Anda sebagai sebuah merek, atau dengan kata lain, membangun image bisnis sebagai sebuah paket menarik. Tujuannya adalah membuat orang lain terkesan dan kemudian menganggap bisnis Anda memiliki kapabilitas dan kepercayaan yang baik. Beberapa manfaat personal branding terhadap bisnis Anda adalah sebagai berikut :

A. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

B. Membuat Anda lebih percaya diri terhadap bisnis yang Anda jalani.

C. Mudah dalam membangun jaringan.

D. Lebih mudah dalam mendapatkan konsumen.

Berikut adalah pemaparan mengenai apa dan bagaimana peran penting media sosial untuk bisnis Anda. Dengan memaksimalkan pemanfaatan media sosial, Anda dapat saja menarik lebih banyak konsumen. Nah, dari yang sudah dijelaskan diatas, apakah Anda tertarik menggunakan media sosial untuk menunjang bisnis Anda? Tulis di kolom komentar ya!