Mandalika Jadi Primadona, Simak Peluang Bisnisnya

-

Mandalika menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan Indonesia telah berhasil memiliki sirkuit balap motor taraf internasional dan melakukan pagelaran event MotoGP yang dilaksanakan di Kawasan Khusus Mandalika.

Mandalika sendiri bertempat di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Event MotoGP yang diselenggarakan pada 18-20 Maret lalu, ternyata telah menjadi perbincangan serta perhatian yang positif dari masyarakat. Bahkan, tidak hanya dari kalangan yang familiar dengan MotoGP saja, tetapi masyarakat yang tidak begitu familiar pun ikut meramaikan pagelaran ini.

Namun siapa sangka, moment ini ternyata telah menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai primadona di mata masyarakat domestik maupun mancanegara. Bahkan kabarnya, Sirkuit Mandalika dikabarkan akan gelar event Endurance World Championship. Lantas, apa saja peluang bisnis yang ada di Mandalika? Simak ulasannya sebagai berikut.

Baca Juga: Percaya Nggak, Ternyata Ada Fakta Menarik Tentang MotoGP!

1. Mandalika Buka Peluang Bisnis Penginapan

Source: freepik.com

Berkaca dari event WSBK yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret lalu, hampir seluruh penginapan penuh, baik hotel, hingga losmen pun penuh. Hal ini dapat dilihat dari cuitan beberapa netizen yang mengeluh tidak mendapatkan penginapan, karena semuanya telah penuh terisi. Pun jika tersedia, harganya sudah dipastikan melonjak tajam.

Karena hal ini, akhirnya banyak yang akhirnya menginap dengan sewa tenda di Camping Ground Mandalika, lho! Bisa dibayangkan, kan, jika kelak akan diadakan gelaran MotoGP atau event selanjutnya yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika ini, pasti akan semakin menarik antusias banyak orang.

Untuk itu, dengan antusiasme yang setinggi ini terhadap pagelaran MotoGP tempo lalu, agaknya dapat menjadi pertimbangan untuk warga lokal khususnya bagi warga yang mungkin memiliki lahan di Kawasan Mandalika atau sekitarnya, untuk membangun usaha penginapan. KAWN POS melihat kedepannya, peluang bisnis jasa sewa penginapan di Mandalika ini akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan.

Baca Juga: Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Penginapan

2. Bisnis Pernak-Pernik Kerajinan Tangan

Source: freepik.com

Siapa yang tidak tahu dengan kerajinan tangan dan pernak-pernik khas Lombok yang unik-unik?

Seperti yang kita ketahui, bahwa Lombok terkenal dengan kerajinan tangannya. Banyak sekali masyarakat lokal maupun non lokal yang berlibur ke Lombok dan tidak lupa untuk membawa pernak-pernik kerajinan tangan khas Lombok ini untuk diberikan kepada saudara dan teman-temannya.

Pernak-pernik khas Lombok, diantaranya ada kain tenun, songket, mutiara khas Lombok serta masih banyak lagi kerajinan khas Lombok yang menjadi oleh-oleh karena keunikannya. Nah, dengan fakta seperti ini, mungkin para perajin maupun masyarakat Lombok dan NTB bisa mulai membuat pernak-pernik kerajinan yang out of the box, seperti pernak-pernik khas Lombok yang dipadu-padankan dengan tema pagelaran tertentu.

Ide ini menarik, sebab selain tentu akan bisa meningkatkan omzet penjualan, membuka bisnis kerajinan tangan juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana dalam mengenalkan produk lokal NTB ke market international. Maka, akan menjadi suatu ciri khas tersendiri ketika banyaknya wisatawan yang datang untuk menonton gelaran MotoGP atau pagelaran lainnya di Sirkuit Mandalika dengan membawakan oleh-oleh pernak-pernik otomotif, MotoGP atau event lainnya yang didapat dari para perajin khas Lombok.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas yang Buat Anda Makin Cinta dengan Kota Bandung

3. Bisnis Paket Wisata Laris Manis

source: freepik.com

Meski sudah banyak yang membuka bisnis paket wisata ke Lombok, namun KAWN POS yakin bahwa bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang bagus dan menggiurkan. Dari banyaknya keluhan masyarakat yang menonton pagelaran MotoGP kemarin, kebanyakan mengeluhkan soal penginapan yang telah habis terjual, sedangkan mereka sudah berada di lokasi.

Nah, Anda bisa membuat paket wisata yang tidak hanya menjual penginapan saja, tetapi juga sekaligus paket trip yang di dalamnya sudah include dengan tiket menonton MotoGp atau gelaran event lainnya. Dengan begini, paket wisata Anda menjadi berbeda dari paket wisata yang sudah ada. Dengan paket trip yang sangat memudahkan dan simpel ini, tentu paket trip seperti ini akan sangat diminati oleh para pengunjung.

Baca Juga: Bisnis Open Trip Menjanjikan Keuntungan Sekaligus Kesenangan, Siapkan 5 Tips Berikut!

Masih banyak sekali peluang usaha yang bisa dibuka di Kawasan Sirkuit Mandalika. Semoga dengan semakin banyak event yang diselenggarakan nantinya, akan semakin banyak juga warga lokal yang bisa meraup keuntungan, terutama untuk masyarakat yang berada di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Nah, kalau KawanKAWN sendiri, sudah ada terpikirkan rencana untuk membuka bisnis di Kawasan Mandalika? Tuangkan pendapatmu di kolom komentar, ya!