Makanan yang Cocok Disantap Saat Sahur

-

Sahur menjadi momen krusial yang wajib dijalankan bagi seorang muslim ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Dimana pada momen tersebut, seorang muslim diperbolehkan makan dan minum sebelum mereka melanjutkan dengan ibadah puasa. Untuk itu, meskipun hukumnya sunnah, jangan sampai melewatkan momen sahur ya!

Baca juga: Arti Wajib, Sunnah, Makruh, Mubah, dan Haram dalam Islam

Pada saat menjalankan puasa, seorang muslim tidak diperbolehkan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Karena hal tersebut, menjaga pola makan saat sahur sangatlah penting untuk diperhatikan. Bukan hanya harus mengenyangkan, tetapi makanan yang disantap saat sahur pun juga harus mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin, serat serta protein. Tentunya, hal ini bertujuan agar tubuh tetap terasa bugar saat berpuasa.

Baca juga: 4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Untuk itu, kali ini KAWN coba merangkum beberapa makanan yang sangat cocok disantap saat sahur. Melansir wowkeren.com, berikut beberapa makanan yang dianjurkan.

Sahur Praktis dengan Telur

source : google image 

Butuh yang praktis, alias tidak mau repot-repot masak saat sahur? Telur bisa menjadi jawaban menu praktis saat Anda bersantap sahur. Variasi menu yang dihasilkan dari olahan telur pun cukup beragam, mulai dari di dadar, orak arik atau hanya direbus.

Akan tetapi, selain sifatnya yang praktis, telur juga menyimpan banyak nutrisi yang baik sekali untuk tubuh, seperti protein, vitamin dan lemak. Terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, mengonsumsi telur diyakini bisa membuat kenyang lebih lama.  

Baca juga: 4 Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Mau Terasa Bugar Seharian? Konsumsi Oatmeal saja!

source : google image 

Mengenyangkan sekaligus menyehatkan, dialah oatmeal. Ya, benar sekali, makanan yang berbahan dasar gandum ini tinggi akan karbohidrat kompleks yang mampu memberi energi pada tubuh dan otak agar tetap terasa fit saat beraktivitas seharian di bulan ramadan.

Baca juga: Manfaat Menguntungkan dari Makan Oatmeal Saat Puasa

Lebih lanjut, serat yang terkandung dalam oatmeal juga berperan aktif dalam memberi efek kenyang lebih lama. Karena hal tersebut lah, oatmeal merupakan makanan yang sangat cocok dihidangkan saat sahur. Namun, agar lebih terasa nikmat dan menyehatkan, jangan lupa tambahkan susu, buah-buahan serta kacang almond ya.

Tinggi akan Zat Besi yang Baik untuk Penyerapan Nutrisi: Sayuran Hijau

source : google image 

Makan makanan yang tinggi protein sudah, yang tinggi serat juga sudah, tapi mengapa tubuh ini masih terasa lemas ya? Apakah Anda pernah mengalami kondisi seperti ini, jika iya? Mungkin penyebabnya utamanya adalah, karena nutrisi yang masuk kedalam tubuh tidak diedarkan dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Sementara itu, untuk menyerap nutrisi dan menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, darah membutuhkan hemoglobin yang terbentuk dari zat besi. Nah, dari sayuran hijau lah, seperti bayam, sawi dan lain sebagainya Anda bisa mendapatkan asupan zat besi tersebut.

Untuk itu, mengonsumsi sayur bayam saat santap sahur sangat dianjurkan. Selain kandungan gizinya yang dibutuhkan tubuh, cara memasaknya pun terbilang cukup simple.

Baca juga: 5 Resep Olahan Bayam Sederhana untuk Buka Puasa yang Lezat dan Sehat

Kaya akan Serat dan Nutrisi Lainnya: Kacang-kacangan

source : google image 

Waktu imsak masih cukup lama, dari pada Anda isi dengan hanya menonton TV dan bermain smartphone, lebih baik dibarengi dengan mengonsumsi cemilan kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang tanah atau kacang kedelai. Meski terdengar cukup aneh, ternyata mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa membuat Anda terasa kenyang lebih lama, karena kacang-kacangan mengandung banyak protein, mineral, vitamin serta lemak yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Penutup Santap Sahur yang Tepat: Alpukat dan Apel

source : google image 

Menutup santap sahur dengan mengonsumsi buah-buahan memang dinilai sangat tepat. Selain sebagai pencuci mulut, buah-buahan seperti apel dan alpukat juga dipercaya membuat Anda terasa kenyang lebih lama.

Apel yang mengandung kadar air tinggi dan kaya akan serat, mampu memberi efek mengenyangkan. Akan tetapi, satu tips penting saat Anda makan apel, sebaiknya jangan buang kulitnya, karena mengandung serat pektin yang bisa menurunkan rasa nafsu makan.

Bukan hanya apel, alpukat juga merupakan buah sangat baik dikonsumsi saat sahur. Selain tinggi akan lemak tak jenuh, alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti serat folat, potasium dan vitamin E. Sehingga, ada efek mengenyangkan saat Anda menyantap buah alpukat.

KawanKAWN, memang tidak diwajibkan bagi seorang muslim yang menjalankan puasa untuk santap sahur. Akan tetapi, santap sahur sangat dianjurkan untuk dijalankan, karena bisa dikatakan sahur merupakan persiapan atau pembekalan seseorang untuk menjalankan ibadah puasa.

Lebih-lebih, dikutip dari republika.co.id, Nabi Muhammd SAW bersabda, “Makan sahur lah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” Bagaimana, tidak mau terlewatkan untuk bersantap sahur kan?

KawanKAWN, dari daftar makanan sahur yang sudah kami ulas, apakah ada pertanyaan? Atau mungkin ada daftar lainnya yang bisa Anda utarakan? Silahkan tulis komentarnya di bawah ini ya! Terima kasih!