Lemas Saat Berpuasa, Ikuti Tips Berikut Agar Tetap Terasa Segar

-

Lemas merupakan kondisi normal yang biasa dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa. Hal ini biasa terjadi pada siang menjelang sore hari, dimana rasa lapar dan haus sedang memuncak. Kondisi ini tentu saja dikarenakan tidak adanya asupan makanan dan minuman terhitung dari pagi hingga sore hari.

Tentunya, rasa lemas yang dirasakan saat berpuasa membuat aktivitas Anda terganggu. Alih-alih mau menjalankan beberapa aktivitas, seperti bekerja atau beribadah malah dilalui hanya dengan beristirahat sepanjang hari. Tidak mau kan hal ini terjadi?  

Untuk menghindarinya, perlu dilakukan beberapa tips yang bisa membuat Anda tetap terasa bugar, meski menjalankan puasa selama kurang lebih 12 jam lamanya. Untuk itu, pada artikel ini KAWN coba mengulas beberapa tips yang bisa Anda jalani. Melansir sehatq.com, berikut ulasannya.

Saat Berpuasa, Jangan Lewatkan Momen Sahur.

source : google image

Sahur menjadi momen persiapan saat seseorang akan menjalankan ibadah puasa. Dimana saat sahur, seseorang diberikan kesempatan untuk makan dan minum.

Baca juga: Makanan yang Cocok Disantap Saat Sahur

Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang serta mencukupi kebutuhan cairan harian untuk modal berpuasa dengan lancar. Untuk itu, agar puasa tetap lancar dengan kondisi yang bugar, di sarankan untuk tidak melewatkan bersantap sahur.

Saat Sahur dan Berbuka Puasa, Wajib Konsumsi Makanan Sehat.

source : google image

Selanjutnya, tips agar tidak lemas dan tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa yakni dengan mengonsumsi makan sehat saat sahur dan berbuka. Makanan sehat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan seluruh organ tubuh agar berfungsi dengan baik, termasuk mencegah lemas dan tetap bugar saat berpuasa. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kriteria makanan sehat yang perlu Anda makan selama menjalankan ibadah puasa.

1. Makanan yang Kaya Akan Karbohidrat Kompleks

Ini menjadi zat yang paling penting saat seseorang menjalankan puasa. Karena karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang relatif lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tentu saja membuat Anda tidak merasa lemas meski sedang berpuasa.

Karbohidrat komplek sendiri bisa Anda temukan pada beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum serta beras merah. Selain itu, fungsi dari karbohidrat kompleks menjaga gula darah tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Makanan yang Tinggi Serat

Sama halnya dengan karbohidrat kompleks, makanan yang kaya akan serat juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, kondisi ini dapat membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, serat juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saluran pencernaan. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi, diantaranya kurma, sayur-sayuran, buah-buahan serta biji-bijian.

Baca juga: Jus Buah, Temukan Ragam Manfaat Kesehatan Didalamnya

3. Makanan yang Banyak Mengandung Protein

Beberapa makanan tinggi protein seperti daging ayam, telur, daging sapi dan keju juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

Cukupi Kebutuhan Cairan Harian

source : google image

Selain mengonsumsi makanan-makanan bergizi, tips lainnya agar tidak lemas saat berpuasa adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Masalahnya, meski sedang berpuasa atau tidak puasa, kebutuhan tubuh akan cairan tetap sama. Jadi, penuhi cairan harian tubuh Anda ya!

Baca juga: 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Minum air putih memang dinilai sangat ampuh untuk memenuhi cairan tubuh Anda. Akan tetapi, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, sayuran dan air kelapa.  

Menjaga Pola Tidur

source : google image

Pola atau jam tidur saat bulan ramadan pasti akan berubah dari pada bulan-bulan lainnya. Hal ini dipengaruhi karena terdapat beberapa kegiatan atau ibadah lainnya seperti sahur dan sholat tarawih yang dijalani saat malam hari.

Untuk itu, jagalah pola tidur dengan sebaik-baiknya, dan yang terpenting adalah jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Karena pada dasarnya, kurangnya jam tidur sudah pasti menyebabkan tubuh terasa lemas. Cobalah untuk menjalankan rutinitas tidur secara optimal, paling tidak 7-8 jam sehari.

Baca juga: 10 Tips Mengatur Pola Tidur yang Sehat Selama Ramadan

Berolahraga

source : google image

Terakhir, tips yang bisa Anda jalankan agar terhindar dari rasa lemas adalah dengan berolahraga. Jangan berpikir bahwa ketika puasa Anda tidak boleh olahraga. Tentu salah besar, karena olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh Anda tidak mudah lemas dan lesu.

Akan tetapi, selain memperhatikan waktu dan durasi saat berolahraga, penting juga bagi Anda untuk menjalani olahraga yang ringan-ringan saja, seperti jogging, sepeda sore, yoga serta latihan beban.

Baca juga: 6 Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan di Bulan Ramadan

KawanKAWN, seseorang memang selalu dituntut selalu tetap bugar untuk bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari meski tengah berpuasa. Untuk itu, jika Anda selalu merasa lemas saat menjalani ibadah puasa, boleh dicoba beberapa tips diatas. Namun, jika Anda memiliki tips lainnya yang lebih jitu, boleh berbagi pengalamannya di kolom komentar ya!

Ditunggu artikel selanjutnya!