Kuliner Jelang Ramadhan 2022

-

Kuliner yang paling ditunggu-tunggu salah satunya adalah kuliner yang hanya tersedia kala menyambut Bulan Ramadhan. Selain rindu akan suasana Ramadhan yang syahdu, momen sahur dan berbuka juga menjadi satu hal yang dinatikan oleh umat Muslim.

Kuliner pada Bulan Ramadhan mempunyai ciri khas dan keunikannya tersendiri. Dan biasanya, di setiap tempat dan daerah memiliki kuliner khas Ramadhannya masing-masing. Tak jarang bulan puasa ini banyak yang bepergian untuk berburu takjil untuk berbuka puasa.

Untuk itu, KAWN POS rangkumkan beberapa kuliner pada Bulan Ramadhan dari berbagai daerah yang bisa dijadikan rekomendasi.

Baca Juga: 37 Ide Makanan Unik Khas Indonesia yang Trending di Tahun Ini

1. Kuliner Es Pallu Butung di Makassar

Source: Fimela.com

Beberapa dari kalian mungkin sudah cukup familiar dengan es pisang ijo, bukan? Nah, Es Pallu Butung khas Sulawesi Selatan terutama Makassar ini ternyata memiliki rupa yang hampir mirip dengan es pisang ijo, lho!

Es Pallu Butung ini biasanya sering dijadikan menu hidangan wajib untuk Bulan Ramadhan di Makassar karena rasanya yang menyegarkan jika disantap setelah berbuka. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak begitu rumit untuk dicoba.

Makanan khas Makassar ini bisa kamu buat dengan menyiapkan beberapa bahan. Diantaranya, dengan mencampur tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian diaduk hingga adonan mengental, lalu masukkan potongan-potongan pisang. Anda bisa memakai pisang raja yang sudah dimasak, lalu tinggal diaduk.

Pallu Butung nikmat disantap ketika hangat, namun jika ingin disajikan dingin, Anda bisa menambahkan parutan es di atasnya, dan menambahkan sirup jika Anda ingin ada rasa manisnya.

Baca Juga: Bulan Puasa di Kota Makassar, Jangan Lupa Mampir Shalat ke Masjid 99 Kubah, Begini Persiapannya!

2. Kuliner Khas Arab Saudi, Thareed

Source: The National

Apakah Anda tahu, kalau kurma itu bukan satu-satunya makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW? Ternyata, thareed juga merupakan salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW, lho!

Di Arab, thareed menjadi salah satu makanan khas untuk berbuka puasa. Thareed terbuat dari bahan utama daging domba yang dimasak kurang lebih selama satu jam. Thareed sendiri disaajikan dengan bentuk sup daging domba dan dicampur dengan sayuran di dalamnya.

Jika Anda penasaran bagaimana rasanya,  apakah Anda pernah mencicipi lasagna? Nah, kuliner khas Qatar satu ini memiliki cita rasa yang hampir mirip. Bahkan, thareed seringkali disebut-sebut juga sebagai lasagna-nya Arab.

Baca Juga: Hidangan Khas Pulau Bali yang Wajib Anda Coba

3. Kuliner Khas Minangkabau, Lemang

Source: pergikuliner.com

Kuliner khas saat bulan puasa selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Lemang. Lemang merupakan kuliner khas Melayu, terutama Minangkabau. Lemang sangat diminati hingga termasuk dalam kuliner legend-nya Indonesia.

Makanan berbahan dasar beras ketan yang dicampur santan lalu dimasak dalam tabung ruas bambu ini menjadi salah satu takjil favorit dan banyak diburu pada bulan puasa Ramadhan.

Mungkin Anda ingin menjadi salah satu yang mencicipi makanan khas Melayu satu ini?

Baca Juga: Panganan Khas Sumatera Utara yang Melegenda

4. Kuliner Gulai Siput Khas Riau

Source: bualbual.com

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Riau satu ini?

Jika Anda penggemar makanan dengan serba gulai atau penggemar siput, maka kuliner satu ini wajib untuk Anda coba.

Dinamakan gulai siput, karena gulai siput terbuat dari bahan utama berupa bumbu kuah kuning yang terasa asam pedas, dan daging siput yang dimakan dengan cara disedot langsung dari cangkangnya. Inilah mengapa, gulai siput juga disebut gulai siput sedut.

Kebayang kan, betapa nikmatnya memakan gulai siput ini dengan ditambah nasi hangat setelah berbuka puasa?

Baca Juga: Minuman Bersantan Kreasi Tangan Orang Indonesia, Lezat No Debat!

5. Kuliner Kolak Khas Nusantara

Source: kompas.com

Membicarakan menu berbuka puasa rasanya tidak lengkap jika tanpa membahas makanan tradisional satu ini. Makanan yang berbahan dasar pisang dan ubi jalar yang dimasak dengan kuah santan ini menjadi makanan paling banyak dicari untuk berbuka di Bulan Ramadhan.

Kabarnya, kolak berasal dari daerah timur tengah hanya karena mayoritas penduduk timur tengah penyuka makanan manis. Namun ternyata, kolak berasal dari Indonesia asli, lho!

Berbuka rasanya tidak afdal jika di meja makan tidak ada makanan satu ini, setuju?

Baca Juga: Makanan yang Cocok Disantap Saat Sahur

Nah, jadi itulah beberapa rekomendasi kuliner spesial di Bulan Ramadhan yang bisa Anda jadikan opsi untuk berbuka bersama orang tersayang. Kalau Anda punya rekomendasi lainnya, jangan ragu untuk tinggalkan jejak di kolom komentar, ya!