Kota Tangerang Punya Pasar Lama, Surganya Pecinta Kuliner!

-

Kota Tangerang, salah satu kota yang berada di Provinsi Banten. Keberadaannya tepat di sebelah barat ibu kota, Jakarta. Kota Tangerang juga menjadi kota terbesar di provinsi Banten lho.

Jika harus membahas tentang Kota Tangerang secara keseluruhan, tidak cukup waktu hanya sekali pembahasan. Maka dari itu, dalam artikel kali ini KAWN akan berfokus pada wisata kuliner di Kota Tangerang.

Baca juga: Ide Jual Makanan Khas Daerah Lain di DKI Jakarta

Secara umum, Kota Tangerang didiami oleh masyarakat suku Sunda Banten. Namun, kenyataannya saat ini, Kota Tangerang didiami oleh beberapa etnik suku Jawa, Betawi, Tionghoa, Arab, dan Eropa. Semua ini tidak lepas dari sejarah Kota Tangerang yang pernah menjadi tempat bertempur saat kemerdekaan serta adanya penyebaran agama secara nasionalis.

Perlu diketahui, bahwa semua etnik suku, agama dan budaya yang berada di Kota Tangerang hidup harmonis dan penuh toleransi, lho. Sehingga tidak mengherankan jika kuliner Kota Tangerang beraneka ragam.

Jika Anda penasaran dengan aneka kuliner di Kota Tangerang, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Pasar Lama yang beralamat di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang, Banten. Ada apa saja kuliner di sana? Berikut pembahasannya!

Baca juga: Makanan Legendaris di Pasar Mayestik - Aplikasi Kasir Online | KAWN POS

Kota Tangerang Punya Sate Ayam H. Ishak

Source: Canva

Saat Anda sudah tiba di gerbang/gapura Pasar Lama, berjalan sekitar 10 menit atau 450 meter, Anda akan menemukan kedai Sate Ayam H. Ishak yang berada di sebelah kanan.

Selain lokasinya berada di tempat legendaris Pasar Lama, Kota Tangerang, sate H. Ishak bisa dikatakan sebagai makanan legendaris di Pasar Lama, lho. Rasa daging satenya yang empuk dengan bumbu kacang yang kental membuat siapapun yang memakannya pasti ketagihan.

Jam Operasional: 15.00 - 23.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 20.000 - Rp 25.000 per 10 tusuk

Baca juga: Pasar Benhil dan Surga Kulinernya!

Kopi Kong Djie Belitung

Source: Google Image

Kopi Kong Djie ini termasuk kopi legend. Sudah ada dari tahun 1943, didirikan oleh Hong Kong Djie seorang perantau warga Tionghoa dari Bangka.

Sekarang sudah ada beberapa cabang, salah satunya ada di Pasar Lama Kota Tangerang ini. Dari bagian depan terlihat sekali kalau itu adalah warung kopi Belitung. Ada 3 ceret kopi khas berukuran besar yang menghias meja depan.

Jam Operasional: 07.00 - 21.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 15.000 - Rp 20.000

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Ngopi Hits di Jakarta untuk Rileks dan Chill

Bakmi & Bubur Kepiting Hokie

Source: Canva

Kuliner favorit lain di Pasar Lama Kota Tangerang adalah Bubur dan Mie Kepiting Hokie. Bayangkan saja, dalam seporsi mie yang lembut, ada potongan kepiting di dalamnya. Daging kepiting segar plus kaldu kepiting yang terasa kental di lidah dan mulut.

Jam Operasional: 05.00 - 00.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 35.000 - Rp 50.000 per porsi

Baca juga: 8 Restoran Bakmi Ayam Legendaris di Jakarta, Rekomendasi Wisata Kuliner

Es Kuwut

Source: Canva

Minuman segar asal Bali ini bisa ditemukan di beberapa pedagang di Pasar Lama Tangerang. Campuran selasih, sirup berbagai rasa, dengan tambahan perasan jeruk nipis membuat segelas es kuwut mampu menyegarkan tenggorokan setelah berkeliling di Pasar Lama Tangerang.

Jam Operasional: 07.00 - 15.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 10.000 per porsi

Baca juga: Panas-panas Begini Netizen Pamer 10 Es Campur yang Menggiurkan Ini

Djajan Seafood

Source: Canva

Menu yang wajib dicoba adalah Seafood Platter. Isinya sangat lengkap, ada lobster, udang, kepiting, cumi sampai kerang. Semuanya dimasak dengan saus padang dengan cita rasa pedas. Sajian lautnya juga sangat segar. Sangat pas bagi Anda penyuka hidangan laut.

Jam Operasional: 11.00 - 21.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 50.000 - 100.000 per porsi

Baca juga: 7 Cara Memilih Seafood yang Benar, Dijamin Dapat yang Segar!

Waroenk Atas Awan

Source: Canva

Untuk Anda yang suka sajian nasi kucing dengan berbagai lauk, bisa mendatangi Waroenk Atas Awan. Ada nasi cumi, teri, udang, tahu, bakso udang, otak-otak bakar, semur jengkol dan masih banyak lagi. Pilihannya sambalnya ada tiga macam, yaitu ada sambal matah, sambal terasi dan sambal kacang.

Jam Operasional: 15.00 - 22.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 20.000 - 50.000

Baca juga: 5 Angkringan Enak di Jakarta, Puas Makan Nasi Kucing hingga Aneka Sate

Es Podeng

Source: Canva

Anda dapat menemukan pedagang es podeng tidak jauh berjalan dari gapura tadi. Tepatnya berada di depan toko kosmetik Toko Varia. Dalam satu gelas es podeng, berisi campuran serutan es dari bahan santan. Lalu ditambah potongan roti tawar, potongan kelapa muda, kacang hijau, cendol, alpukat. Dan terakhir dilumuri kental manis cokelat diatasnya.

Jam Operasional: 07.00 - 17.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 7.000 - 15.000

Baca juga: 8 Kedai Es Podeng Enak di Jakarta Siap Bikin Kamu Bahagia

Demikianlah tujuh tenant kuliner di Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten. Anda dapat mengunjungi Pasar Lama namun dengan protokol kesehatan ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!