Konten menjadi suatu hal penting yang diperbincangkan oleh banyak orang. Bahkan banyak pebisnis yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar seorang content creator loh. Anda pernah dengar cerita itu? Atau cerita ini sama dengan pengalaman Anda?
Baca juga: 4 Cara Memulai Bisnis F&B
Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Terutama beragam media sosial yang tidak saja digunakan untuk fitur personal namun juga sebagai media pemasaran digital oleh para pebisnis. Seperti yang dikatakan oleh CEO SocialBakers bahwa perkembangan media sosial berhasil mengubah sebuah paradigma baru, yaitu mendorong kepercayaan melalui konten yang dibagikan.
Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan
Karena saking pentingnya peran konten dalam pemasaran digital, kita juga harus mengetahui karakter dari masing-masing media sosial loh. Misalnya, Instagram adalah media sosial yang banyak berisikan kaum milenial dan karakternya yang mengutamakan estetika visual.
Tiktok, media sosial yang mengincar pasar kaum generasi Z ini juga berisikan konten audio visual yang menarik. Sedangkan Facebook, media sosial berbasis pertemanan ini mencakup banyak generasi dari baby boomers hingga millennial. Facebook juga mendorong para konsumen untuk menulis berbagai ulasan tentang brand yang mereka gunakan.
Baca juga: Jualan Di TikTok, Siapa Takut?
Setelah kita mengenali karakter media sosial, kini saatnya Anda menentukan target marketnya. Karena konten yang akan Anda buat pada suatu media sosial harus memiliki korelasi dengan target market, sehingga mereka membeli produk yang Anda tawarkan.
Baca juga: Google Analytics, Sarana Kenali Pelanggan Anda
Kali ini KAWN akan membahas tip & trik untuk membuat konten promosi bisnis agar viral di media sosial Facebook. Artikel ini cocok bagi Anda yang menjual produk-produk yang banyak dikonsumsi oleh konsumen pada umumnya, maupun segmented market seperti generasi baby boomers maupun generasi X.
Konten Video Lebih Disukai Loh!

Video memang menjadi konten yang disukai saat ini. Selain berisi audio dan visual, video juga bersifat dinamis sehingga mempengaruhi mood yang menontonnya. Karakter video yang baik, pertama adalah dilihat dari seberapa banyak penonton atau viewer-nya.
Kedua, sertakan video dengan copy headline dan copy image yang anti mainstream sehingga mencuri perhatian penonton. Ketiga, jangan sembarang membuat video namun buat dengan cara story telling atau bercerita sehingga penonton bisa merasa relate dengan video tersebut.
Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Video Marketing
Konten Berhadiah Atau yang Sering Disebut Giveaway

Hadiah, siapa yang tidak mau? Meski disertakan dengan syarat dan ketentuan, cara ini paling banyak digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen serta meningkatkan engagement dengan lebih cepat di Facebook.
Cara membuat giveaway yang sederhana, Anda bisa menentukan terlebih dulu tujuan dari acara ini. Kemudian pilih hadiah yang pas atau sesuai dengan kemampuan finansial (bisnis) Anda. Sertakan dengan syarat ketentuan yang bisa dijadikan ajang soft selling seperti hashtag maupun testimoni produk.
Baca juga: Giveaway: Strategi Marketing Kekinian Buat Memikat Pelanggan
Konten Berisikan Penawaran Produk Terbatas

Tanggal cantik, seperti 10.10 atau 11.11 pernahkah Anda melihatnya? Pasti tanggal seperti ini cukup familiar di halaman gadget Anda. Kalau promo flash sale hanya berlangsung dari pukul sekian hingga pukul sekian, Anda pernah melihatnya bukan? Atau pun promo Hari Kemerdekaan dan lain sebagainya.
Di waktu-waktu tersebut biasanya suatu brand akan memberikan penawaran berupa produk dengan potongan harga dan stok yang terbatas. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuat konten menarik dan mempostingnya di halaman Facebook business. Sertakan interaksi para konsumen ya, misalnya produk apa yang dipromosikan saat momen tersebut.
Baca juga: Cara Ikut Promosi di Tanggal Cantik yang Bikin Produk Jualan Banyak Dilirik
Demikianlah beberapa ide konten untuk mempromosikan bisnis Anda agar viral di media sosial Facebook. Apakah Anda ingin kami mengulas ide konten untuk media sosial lainnya? Silahkan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar ya.
Sebagai usahawan masa kini, Anda memang dituntut untuk mulai sadar bersosialisasi di media sosial. Selain untuk menambah relasi antar usahawan, mendekatkan diri dengan konsumen juga sangat penting.
Baca terus artikel inspirasi bisnis lainnya di website KAWN. Pastikan juga Anda menjadikan aplikasi kasir KAWN sebagai pendamping bisnis Anda. KAWN, satu harga untuk beragam fitur unggulan!