Kompetitor memang kerap kali menjadi hambatan atau tantangan tersendiri saat Anda menjalankan sebuah bisnis. Layaknya sebuah kompetisi dalam berbisnis, kompetitor bisa bermakna negatif jika Anda menyingkapinya sebagai ancaman eksistensi dari bisnis Anda. Pasalnya, mungkin saja sang kompetitor akan menawarkan barang atau jasa yang lebih baik dari pada Anda.
Berbagai macam upaya pun dilakukan seorang pebisnis untuk lebih unggul dari kompetitor lainnya. Bahkan, tak jarang pula yang menghalalkan berbagai cara demi menjatuhkan sang kompetitornya dengan memasang tarif atau harga tidak wajar, perang iklan, bahkan ada saja yang memberikan ulasan negatif pada media sosial sang kompetitor.
Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda
Salah satu contoh persaingan sebuah bisnis yang begitu mencolok ada pada brand minuman soda, yakni persaingan antara Coca-Cola dan Pepsi. Banyak sekali iklan-iklan Pepsi dan Coca-Cola yang saling menjatuhkan dengan cara saling membuat sebuah gambaran atau ilustrasi pada iklannya yang merendahkan salah satu produk lawannya.
Baca juga: Coca-Cola vs Pepsi: Perseteruan Legendaris di Dunia Soda
Tidak maukan persaingan bisnis layaknya Coca-Cola dan Pepsi ini terus menerus terjadi pada bisnis Anda? Daripada selalu berpikir negatif, lebih baik ambil positifnya saja dengan mencari sisi manfaat dari keberadaan kompetitor.
Lantas, apa saja sisi positifnya atas keberadaan kompetitor dalam berbisnis? Melansir cermati.com, berikut ulasannya.
Kompetitor Membuat Pelaku Bisnis Semakin Termotivasi

Pertama, coba Anda bayangkan bagaimana jika bisnis Anda berjalan tanpa adanya kompetitor? Pastinya, Anda akan merasa cepat puas dengan hasil yang sudah didapatkan ya! Selanjutnya coba bayangkan jika hadirnya kompetitor langsung terhadap bisnis yang Anda jalankan? Sudah pasti Anda akan termotivasi untuk menjadi yang lebih baik bukan!
Pasalnya, tanpa kompetitor, Anda tidak dapat membandingkan apakah bisnis Anda tergolong sudah baik atau belum. Jika dirasa bisnis Anda masih kalah dari kompetitor, coba Anda analisa, bagian mana pada bisnis Anda yang membutuhkan perbaikan. Apakah terjadi kesalahan pada strategi pemasaran, penentuan target market yang tidak sesuai atau bahkan produk yang tidak up to date.
Meningkatkan Kinerja

Jangan sampai karena tidak adanya kehadiran kompetitor membuat kinerja bisnis Anda terbilang santai. Karena bagaimana pun juga, pastinya ada sisi positif yang bisa Anda ambil dari kompetitor, salah satunya adalah meningkatkan kinerja.
Pasalnya, dengan adanya persaingan, secara otomatis Anda pasti menginginkan hasil yang lebih baik atau unggul dari kompetitor. Karena itulah, Anda membutuhkan kinerja yang maksimal untuk mencapai itu semua.
Baca juga: 5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal
Keluar dari Zona Nyaman dengan Berpikir Out of The Box

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran kompetitor pasti membuat Anda tidak nyaman saat menjalankan bisnis. Secara head to head, menjalankan bisnis dan output produk yang serupa, membuat Anda dan kompetitor harus berbagi konsumen pada pasar yang sama. Tentu saja kondisi ini akan mempengaruhi hasil atau keuntungan yang nantinya Anda raih.
Lantas, bagaimana caranya agar bisnis Anda bisa memenangkan pasar? Pertama, cobalah keluar dari zona nyaman, selanjutnya lakukan inovasi terhadap bisnis Anda. Keluar zona nyaman yang dimaksud, bukanlah meninggalkan semua yang telah dijalankan, akan tetapi lebih pada memutar strategi kembali dan mencoba hal baru pada bisnis yang Anda jalankan.
Beberapa inovasi yang bisa Anda lakukan, seperti menghasilkan produk yang lebih inovatif, ubah strategi marketing yang lebih up to date atau jalanin bisnis dengan sistem digital yang lebih mumpuni.
Sebagai contoh, jika Anda dan kompetitor sama-sama menjalankan bisnis rumah makan yang masih menggunakan sistem kasir secara manual. Cobalah Anda beralih pada sistem yang lebih digital, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN.
Baca juga: Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda
Pasalnya, aplikasi kasir online KAWN dapat memudahkan kinerja bisnis Anda, seperti mampu mencatat penjualan secara lengkap, menganalisa keuangan, mencatat stok bahan baku dan lain sebagainya. Untuk itu, jika Anda tertarik menggunakan aplikasi kasir online KAWN, cukup klik disini untuk menikmati free trial 30 hari ya!
Membangun Loyalitas Pelanggan

Sederhananya seperti ini, dengan hadirnya kompetitor pasti membuat Anda sebagai pemilik bisnis termotivasi untuk memperbaiki kualitas produk yang Anda tawarkan kepada konsumen. Karena itulah, memungkinkan terbangunnya loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda. Dengan begitu, sang kompetitor pun akan kesulitan untuk menarik pelanggan yang sudah terlanjur loyal kepada Anda.
Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Diatas merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari hadirnya kompetitor dalam berbisnis. Daripada selalu berpikir negatif, lebih baik ambil positifnya saja! KawanKAWN, sekian pembahasan kali ini, jika dirasa artikel ini sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, mohon berikan komentar pada kolom yang sudah disediakan ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!