Klinik Laboratorium Laris Manis Di Kala Pandemi. Peluang Ini Sayang Jika Anda Lewatkan!

-

Klinik laboratorium menjamur dengan masifnya selama masa pandemi. Apakah Anda sependapat? Jika iya, Anda tahu dengan pasti bahwa klinik laboratorium dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Baca juga: Cara UMKM Beradaptasi Di Tengah Perubahan Aturan PPKM

Kebutuhan apa sajakah itu? Bermacam-macam! Ada yang ingin memastikan bahwa dirinya bebas virus covid, syarat bepergian, bahkan ada pula perusahaan yang mewajibkan tes covid sebelum karyawannya WFO (Work From Office).

Baca juga: Ketahui Perbedaan dari Swab Test Antigen dan PCR

Selain fakta di atas, dua tahun pandemi berlangsung berdampak pula pada pasang surutnya kehidupan berwirausaha. Ada yang gulung tikar, tutup sementara, namun klinik laboratorium diprediksi mampu meraup keuntungan besar selama masa pandemi tersebut.

Jika dilihat sekilas, biaya yang dibutuhkan untuk membuat klinik laboratorium tidaklah sedikit. Namun, buktinya klinik laboratorium terus berkembang dan berinovasi untuk menjawab kebutuhan kesehatan pelanggannya.

Baca juga: Bisnis Frozen Food, Nikmati Cuan Melimpah Saat Pandemi Covid-19

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, KAWN akan membagikan step by step memulai bisnis klinik laboratorium. Tidak bosan-bosannya KAWN mengingatkan, sebelum Anda berbisnis lakukan riset dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki ya.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Juga Usai, Tingkatkan Imunitas dengan Minuman Berikut

Klinik Laboratorium Butuh Apa Ya? Riset, Riset, Riset!

Source: Canva

Mengapa riset menjadi poin pertama? Karena untuk memulai jenis usaha/bisnis apapun itu, perlu dilakukan riset. Riset itu mencakup bagaimana permintaan pasar (demand), kompetitor yang sudah lebih dulu memulai bisnis, persaingan harga serta buat USP (Unique Selling Point) dari klinik laboratorium yang akan dibuat.

Baca juga: Apa Itu Unique Selling Point (USP)? Bagaimana Cara Menentukannya untuk Bisnis Anda?

Memenuhi Syarat Pendirian Klinik Laboratorium

Source: Canva

Bisnis di bidang kesehatan tentu memiliki beberapa syarat pendirian. Hal itu terkait izin dan juga hukum. Pastikan Anda memenuhinya agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan di kemudian hari.

Dengan memiliki perizinan usaha maka bisnis/usaha yang Anda miliki itu adalah sah di mata hukum. Memiliki izin usaha tentu saja akan memberikan dampak yang sangat baik bagi kredibilitas pemilik usaha. Ketika kredibilitas usaha Anda juga sudah terpercaya, maka masyarakat tidak akan ragu untuk memilih produk barang ataupun jasa Anda.

Baca juga: Izin Penyelenggaraan Laboratorium Klinik Pratama

Rekrut SDM yang Kompeten

Source: Canva

Selain izin usaha, kredibilitas klinik laboratorium Anda juga  terletak pada karyawan di dalamnya. Sehingga, rekrutlah SDM yang mumpuni dan ahli dalam bidangnya. Beberapa keahlian yang Anda butuhkan, yaitu dokter, perawat, analis laboratorium, admin, kasir dan security untuk mengatur ketertiban layanan klinik yang akan diberikan.

Baca juga: Tips untuk Para HRD, 10 Cara Merekrut Karyawan yang Tepat untuk Perusahaanmu!

SOP & Budaya Pada Klinik Laboratorium

Source: Canva

Berilah SOP (Standard Of Procedure) yang jelas kepada karyawan Anda. SOP tersebut juga dapat membantu aAnda mengetahui apakah mereka memang bertanggung jawab atau tidak. Selain itu, aAnda juga dapat menerapkan budaya klinik seperti kekeluargaan, saling menghormati, disiplin, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Pembuatan dan Manfaat Standar Operasional Prosedur (SOP) Perusahaan

Bisnis Di Era Digital, Tidak Lengkap Tanpa Sistem Manajemen Terintegrasi

Source: Canva

Anda bisa mengintegrasikan semua program dalam klinik laboratorium. Tujuannya untuk memudahkan Anda dalam mengontrol karyawan, keuangan perusahaan, pengadaan bahan baku (alat kesehatan) hingga marketing & promo kepada pelanggan. Pilih aplikasi yang dapat mendampingi bisnis Anda dari awal hingga akhir.

Baca juga: Kawn Pos Pakai Big Data dalam Kembangkan Aplikasi Bisnis F&B

Last But Not Least, Modal

Source: Canva

Klinik laboratorium membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda perlu ekstra dalam mengumpulkan modal. Namun, hitunglah terlebih dahulu perkiraan modal yang dibutuhkan. Anda bisa membuat list kebutuhan, kisaran harga, yang bersumber dari syarat dan apa saja yang harus dipenuhi dalam pendiriannya.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Usaha bagi Pebisnis Pemula

Demikianlah step by step yang bisa Anda terapkan untuk memulai usaha klinik laboratorium. Belum terlambat untuk memulai, tapi jangan gegabah juga hanya sekedar ikut-ikutan tren.

Sampai jumpa di artikel KAWN berikutnya. Salam sehat & sukses selalu!