Kiat Manajemen Stok Kadaluarsa by KAWN POS

-

Kiat manajemen stok  terhadap produk atau bahan-bahan yang kadaluarsa ini mungkin sudah sering dibahas. Namun pada kenyataannya masih banyak pengusaha yang kesulitan dalam mengurus stok pada produk usahanya.

Kiat untuk me-manage stok produk yang kadaluarsa ini diberikan agar para pemilik bisnis tidak lagi mengalami kesulitan atau bahkan hingga merasakan kerugian akibat stok produk yang terlanjur kadaluarsa.

Stok yang dimaksud di sini bisa berupa produk-produk yang meliputi bahan baku (raw materials), barang dalam proses (in-process goods) hingga barang jadi (finished goods). Kebayang kan, betapa kesulitannya jika suatu bisnis tidak melakukan manajemen stok produk dengan benar?

Itulah mengapa, mengontrol stok merupakan suatu hal yang penting bagi pelaku bisnis. Bahkan jika hal ini tidak diatasi dengan benar, bukan tidak mungkin usaha Anda akan gulung tikar.

Untuk itu, KAWN POS telah rangkum beberapa kiat-kiat dalam mengelola stok produk untuk bisnis Anda. Berikut ulasannya:

Baca Juga: Pengelolaan Stok yang Salah = Usia Bisnis Tidak Panjang

Kiat 1:  Pantau dan Kelola Stok Dengan Benar

source: freepik.com

Kiat pertama adalah dengan rutin melakukan pemantauan serta mengelola dengan benar terhadap bahan baku dari stok usaha Anda. Dengan rutin melakukan pengecekan stok produk, seperti produk mana yang harus ditambah, hingga kapan saat yang tepat untuk harus melakukan stok opname, hal-hal seperti ini tentu dapat meningkatkan efisiensi serta berujung pada kegiatan operasional yang lancar.

Tak jarang pebisnis mengalami kesulitan dalam mengatur dan mengelola stok usahanya. Entah karena stok barang yang terlalu banyak, hingga kurangnya tenaga, sehingga sulit untuk melakukan pengecekan terhadap masa kadaluarsa stok.

Jadi, jangan sampai stok bahan baku yang Anda miliki kosong dan belum sempat melakukan isi ulang terhadap produknya, ya!

Baca Juga: Efisiensi Bisnis: Apa Itu dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Kiat 2: Cek Bahan Baku Terlebih Dahulu

source: freepik.com

Kiat kedua yaitu dengan selalu melakukan pengecekan bahan baku terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke penyimpanan stok. Perhatikan dengan baik kondisi produk.

Hal ini bertujuan untuk menghindari stok produk-produk yang mengalami kecacatan hingga salah produksi sebelum Anda menyimpannya.

Dengan melakukan pengecekan stok barang secara berkala, dapat menjadi nilai tambah dalam usaha Anda, karena akan terhindar dari kemungkinan pelanggan yang mendapatkan produk dengan kondisi cacat atau bahkan yang sudah kadaluarsa.

Baca Juga: Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Kiat 3: Lakukan Stock Opname

source: freepik.com

Kiat selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah untuk selalu melakukan pencatatan terhadap persediaan stok pada tiap barang yang baru masuk dan barang yang keluar. Anda bisa mulai dengan melakukan stock opname secara berkala.

Stock opname dilakukan untuk menghitung jumlah kesesuaian antara ketersediaan stok yang ada di Gudang dengan yang ada di pembukuan usaha Anda. Sehingga, Anda bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya selisih terhadap jumlah ketersediaan stok yang ada di Gudang dengan catatan usaha Anda.

Baca Juga: Manufaktur Pada Aplikasi Kasir Online KAWN

Kiat 4: Pakai Aplikasi Kasir Online

Mungkin banyak dari Anda yang masih kesulitan dalam mengatur dan mengelola stok pada bisnis Anda. Memang, melakukan kiat-kiat di atas akan sulit dilakukan jika Anda hanya menggunakan dan mengandalkan kasir online saja. Untuk itu, Anda bisa mulai dengan menggunakan sistem kasir online seperti KAWN POS untuk mempermudah Anda dalam mengatur serta mengelola manajemen stok pada bisnis Anda.

Dari berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh KAWN POS, manajemen stok merupakan fitur utama yang memiliki kegunaan untuk memantau kuantitas stok bahan baku di gudang, mutasi stok bahan baku, riwayat stok bahan baku, pengaturan masa kadaluarsa bahan baku hingga membantu untuk mengelola stock opname.

Selain fitur manajemen stok di atas, masih banyak lagi fitur-fitur yang disuguhkan KAWN POS untuk mempermudah bisnis Anda. Anda juga tidak perlu khawatir jika harus mengakses KAWN POS tanpa koneksi internet, sebab KAWN POS dapat diakses secara online maupun offline, sehingga semakin memudahkan Anda dalam mengakses semua data, termasuk data transaksi penjualan secara real-time.

Baca Juga: Fitur Purchase Order Pada Aplikasi Kasir Online KAWN

Nah, jadi itulah beberapa kiat sederhana yang bisa Anda lakukan dalam mengelola stok barang pada bisnis Anda.

Kalau KawanKAWN ada kiat-kiat lainnya, silakan tinggalkan jejak pada komen di bawah, ya!