Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

-


Dalam industri bisnis online, feedback pelanggan merupakan hal yang ditunggu-tunggu pemilik bisnis setelah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Karena, sederhananya feedback pelanggan adalah bentuk interaksi atau tanggapan yang disampaikan oleh pelanggan kepada pemilik bisnis tentang produk atau layanan yang diberikan.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Feedback pelanggan sangatlah penting terhadap bisnis online shop Anda, karena akan memberikan Anda wawasan yang lebih tentang produk Anda, sehingga dapat Anda jadikan dasar untuk meningkatkan kualitas bisnis online shop Anda, baik itu dari segi produk atau pelayanannya. Untuk itu, jaring lah sebanyak-banyaknya feedback dari pelanggan Anda.

Baca juga : 5 Trend Bisnis Online saat Masa New Normal

Lantas, seberapa penting sih feedback pelanggan terhadap perkembangan bisnis online shop Anda, seperti yang KAWN lansir dari startquestion.com, berikut penjelasannya.

Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Sangat penting bagi bisnis online shop Anda menerima banyak feedback dari pelanggan mengenai kebutuhan, keinginan dan masukan dari mereka tentang bagaimana reaksinya setelah mengkonsumsi atau menggunakan produk yang diberikan. Beragam  informasi yang diberikan pelanggan Anda terhadap produk Anda, bisa saja berupa kritik, testimoni positif atau bahkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan produk dan pelayanan bisnis online shop Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kualitas Produk dan Mutu

Feedback dari pelanggan juga berguna untuk evaluasi bagi bisnis online shop Anda agar bisa lebih baik dalam meningkatkan sebuah produk atau layanan yang diberikan. Sebab tanpa adanya feedback dari pelanggan, Anda tidak akan mengetahui apakah produk atau layanan yang anda berikan sudah sesuai atau justru malah memberikan ketidakpuasan terhadap pelanggan Anda.

Mengukur Kepuasan pelanggan

Kalau bisnis online shop Anda dirasa sudah berkembang dan melakukan banyak penjualan, namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya adalah berapa banyak pelanggan yang melakukan repeat order? Atau berapa pelanggan kah yang menjadi pelanggan tetap bisnis online shop Anda?

Baca juga : Trik Online Shop Meraih Repeat Order dari Konsumen

Jika dirasa pelanggan Anda tidak melakukan repeat order atau banyak pelanggan Anda adalah pelanggan baru. Bisa dipastikan pelanggan Anda tidak merasa puas terhadap produk atau layanan yang diberikan. Untuk itu, gunakan atau jaring feedback sebanyak-banyaknya guna untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda, sehingga feedback tersebut dapat menjadi insight berharga untuk penentuan strategi bisnis kedepannya.  

Membangun Citra Positif

Ada banyak cara untuk membangun citra positif bisnis online shop yang Anda jalankan. Salah satunya dengan memasang feedback positif dari pelanggan Anda. Tampilkanlah testimoni-testimoni yang menonjolkan keunggulan bisnis online shop Anda misalkan, produk yang sesuai dengan foto, layanan yang memuaskan, seperti pengiriman cepat, penjual atau admin yang responsif dan packaging yang aman.

Baca juga : Trik Online Shop Meraih Repeat Order dari Konsumen

Saat ini para calon pelanggan cenderung lebih selektif dalam memilih toko online, mereka akan memperhatikan feedback pelanggan lainnya, sebelum memutuskan untuk membeli. Namun, jika citra positif bisnis online shop Anda sudah terbangun dengan baik maka secara otomatis pelanggan akan percaya dan kemudian akan membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Sumber Informasi yang Dapat Diandalkan pelanggan Baru

Saat ini, banyak pelanggan yang lebih mendengarkan pengalaman pribadi dari orang lain tentang informasi dan manfaat dari produk itu sendiri ketimbang informasi dari pemilik bisnis online shop tersebut. Karena itu feedback bisa dijadikan sumber informasi yang dapat diandalkan pelanggan baru untuk memutuskan, apakah mereka akan melakukan pembelian atau tidak. Jadi dapat disimpulkan, kalau feedback sangat memberikan dampak yang cukup besar untuk menarik para pelanggan baru.

Feedback Pelanggan Memberi Anda Data yang Membantu Keputusan Bisnis

Feedback pelanggan merupakan data yang sangat penting karena bisa digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik, seperti  meningkatkan kualitas produk dan layanan atau menentukan strategi bisnis di masa depan. Untuk itu, jaring feedback sebanyak-banyaknya sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.


Hargai dan terima dengan baik setiap feedback yang diberikan oleh pelanggan Anda. Karena, bisa saja pelanggan Anda memberikan feedback yang positif kepada bisnis online shop Anda karena mereka tahu dari segi kualitas produk dan layanan bisnis Anda memang pantas mendapatkannya. Namun, Anda jangan berkecil hati jika pelanggan Anda memberikan feedback negatif, sebetulnya feedback negatif lah yang lebih Anda butuhkan, karena feedback negatif biasanya memberi kritik dan masukan agar bisnis online shop Anda bisa lebih baik lagi kedepannya. Hal ini lah yang bisa menjadi dasar Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat kedepannya.

Baca juga : Strategi Mengubah Review Negatif Konsumen Menjadi Positif


Itulah beberapa hal pentingnya feedback pelanggan terhadap kelangsungan bisnis online shop Anda. Untuk itu, jangan takut untuk meminta feedback berupa testimoni dari para pelanggan Anda. Karena sejatinya, tidak ada hal yang lebih membanggakan selain mengetahui tentang kepuasan pelanggan Anda.
Banyak artikel yang sudah KAWN ulas yang bisa jadi inspirasi terhadap bisnis Anda, dan tentu saja artikel ini sifatnya open to discuss, untuk itu jika Anda ada pertanyaan seputar feedback pelanggan, silahkan tulis di kolom komentar ya!