Keuangan seorang karyawan bisa menjadi suatu hal yang sulit untuk dikontrol. Bahkan, tanpa disadari, ada beberapa kesalahan-kesalahan dalam mengatur keuangan yang kerap kali dilakukan oleh seorang karyawan.
Baca juga: Mendadak Jadi Pengusaha? Ikuti Langkah Transisi Berikut Ini
Meskipun karyawan tersebut memiliki gaji cukup besar, namun apabila tidak diatur dengan baik, tentu saja akan berakibat fatal pada arus keuangannya. Bahkan, lebih buruknya lagi, bisa saja keuangannya akan habis sebelum gaji bulan berikutnya masuk ke rekening Anda.
Baca juga: Tips Mengelola Gaji Pertama, Biar Gak Cepat Habis
Lantas, kira-kira apa saja kesalahan dalam mengatur keuangan yang sering dilakukan oleh karyawan dan sebaiknya dihindari? Melansir popbella.com, berikut ulasannya.
Kesalahan yang Paling Mendasar, Tidak Menyusun Rencana Anggaran

Kita semua menyadari, gaji merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi seluruh karyawan. Karena dari gaji lah, seorang karyawan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya, mulai dari membeli kebutuhan pokok, kebutuhan transportasi, membayar segala tagihan serta menyalurkan hobi.
Baca juga: Hobi Menjadi Bisnis, Kenapa Tidak? Berikut Hobi yang Menghasilkan
Namun sayangnya, saat seseorang menerima gaji, satu kesalahan yang sering dilakukannya, yakni tidak membuat rencana anggaran yang akurat. Padahal, rencana anggaran sendiri sangatlah penting untuk dibuat.
Dengan adanya rencana anggaran, seseorang akan jauh lebih mawas diri dengan pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya tidak begitu penting. Untuk itu, mulailah biasakan diri untuk membuat rencana anggaran saat Anda menerima gaji di awal bulan ya!
Jika Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengelola gaji yang benar? Seperti yang kami lansir dari hipwee.com, Anda bisa menerapkan formula 40-30-20-10. Dimana 40% dari gaji Anda gunakan untuk biaya hidup dan pengeluaran rutin, 30% untuk membayar tagihan, 20% untuk tabungan dan dana darurat, selanjutnya 10% Anda gunakan untuk kebaikan atau bersedekah.
Pola Hidup yang Terlalu Konsumtif

Mungkin ini merupakan kesalahan yang paling jamak dilakukan oleh banyak karyawan, yakni pola hidup yang terlalu konsumtif. Setelah bekerja selama sebulan dan menerima gaji, mengapresiasi diri memang layak untuk dijalankan, seperti membeli kopi kekinian, berlibur, shopping atau memanjakan diri di body treatment.
Baca juga: 4 Alasan Membelanjakan Uang untuk Menyenangkan Diri Sendiri Itu Penting!
Namun, Anda juga harus bijak dalam mengatur keuangan. Jangan sampai, gaji Anda habis hanya untuk pengeluaran yang sifatnya sekunder dan tersier. Alih-alih untuk memanjakan dan memuaskan diri, Anda malah kehabisan uang sebelum gaji bulan berikutnya tiba.
Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Pernahkan Anda membayangkan, jika terjadi sesuatu terhadap diri Anda, namun Anda tidak memiliki dana darurat sedikit pun. Tentunya, Anda tidak mau hal itu terjadi pada diri Anda bukan? Karena pada dasarnya, tidak menyiapkan dana darurat merupakan kesalahan keuangan yang banyak juga dilakukan seorang karyawan.
Untuk itu, mulai dari sekarang sisihkan sedikit dari seluruh penghasilan Anda untuk keperluan dana darurat. Dana darurat sifatnya wajib Anda siapkan, karena pada dasarnya dana darurat merupakan dana yang tujuannya untuk keperluan di luar dugaan, seperti anggota keluarga sakit atau terjadi kecelakaan pada diri Anda.
Menganggap Dana Pensiun Tidaklah Penting

Mulai sekarang, janganlah Anda menganggap remeh dana pensiun. Bahwasanya, dana pensiun disiapkan untuk rencana keuangan yang lebih matang saat Anda dinyatakan pensiun dari tempat Anda bekerja.
Namun sayangnya, banyak karyawan yang berpikir bahwa dana pensiun disiapkan ketika menjelang hari tua. Tentu, ini pola pikir yang salah. Karena, semakin dini Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin baik pula hasilnya di masa depan.
Tidak Terkontrol Saat Menggunakan Kartu Kredit

Ada manfaat positif yang bisa diambil saat Anda memiliki kartu kredit. Namun, sayangnya banyak yang menggap bahwa isi dari kartu tersebut merupakan uang pribadinya yang bebas ia belanjakan. Karena hal ini bisa mendorong tingkat konsumsi yang berlebihan, bahkan untuk hal-hal yang sifatnya bukan kebutuhan primer, tentu saja, ini menjadi kesalahan yang perlu Anda hindari.
Baca juga: Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya
Perlu Anda ketahui, bahwa menggunakan kartu kredit itu sama halnya dengan kita telah berhutang pada bank. Dimana bank akan membebankan bunga sekian persen dari total yang Anda pergunakan. Oleh karena itu, lebih bijaklah saat menggunakan kartu kredit. Tidak mau kan, Anda dikagetkan dengan nilai tagihan yang ditujukan kepada Anda.
Anda boleh saja memiliki penghasilan atau gaji yang cukup besar, akan tetapi jika tidak dibarengi dengan tata kelola yang baik, maka itu tidak ada artinya. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk memastikan kondisi kesehatan keuangan tetap stabil. Salah satunya, yakni dengan cara menghindari 5 kesalahan dalam mengatur keuangan seperti yang telah disebutkan diatas.
KawanKAWN, jika Anda memiliki pandangan lainnya dari kelima kesalahan mengatur keuangan yang sudah disebutkan diatas. Boleh dong, berbagi cerita Anda di kolom komentar. Ditunggu ya!