Kesalahan Bisnis yang Mesti Dihindari, UMKM Wajib Tahu!

-

Kesalahan dalam menjalankan bisnis bisa saja terjadi kepada banyak pelaku bisnis. Bukan hanya bisnis kecil atau yang biasa disebut UMKM saja, bisnis yang sudah besar pun pasti masih sering mengalami kesalahan yang dapat menghambat operasionalnya.

Baca juga: Kegagalan Saat Berbisnis, Ayo Bangkit Dengan 5 Tips Berikut Ini!

Tentunya, kesalahan dalam berbisnis ini sangat perlu untuk dihindari. Terlebih bagi usaha kecil, kesalahan tersebut bukan hanya berdampak pada operasional, melainkan juga berdampak pada keberlangsungan bisnis. Dikutip dari fundera.com, hanya 80% bisnis kecil yang bisa bertahan pada tahun pertamanya, tentunya hal ini diakibatkan karena kesalahan bisnis yang telah dilakukan.

Melihat dampak buruk dari kesalahan dalam berbisnis. Untuk itu, kesalahan-kesalahan apa saja yang perlu Anda hindari? Melansir marketeers.com, berikut ulasannya.

Kesalahan Dalam Mengelola Keuangan

source: google image

Salah mengelola keuangan merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan oleh banyak pebisnis, terlebih bagi UMKM. Pernahkan Anda mengalami kasus, dimana penjualan cukup laris, namun pendapatan yang dihasilkan tidak terlihat? Kalau iya, mungkin ada yang salah saat Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

Baca juga: 13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

Satu tips penting yang perlu dilakukan adalah membedakan antara rekening dana pribadi dan dana bisnis Anda. Lebih tepatnya, pemilik bisnis tidak diperbolehkan mengambil dana bisnis untuk keperluan pribadinya.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Kesalahan Dalam Mengelola SDM

source: google image

Kesalahan berikutnya yang perlu dihindari adalah saat Anda mengelola sumber daya manusia. Pelaku UMKM kerap kali kewalahan saat mengelola karyawannya, permasalahannya bukan hanya keterbatasan karyawan, melainkan mencari karyawan yang tangguh dan sesuai untuk bisnisnya.

Untuk itu, ada tiga indikator penting yang perlu dipertimbangkan dalam hal mengelola karyawan, yaitu pengetahuan, kecakapan dan karakter. Namun, Anda perlu beri perhatian lebih kepada karakter dari karyawan tersebut, dikarenakan pengetahuan bisa dipelajari, kecakapan bisa dilatih, sedangkan karakteristik seseorang terbentuk dari kecil dan sulit untuk dirubah.

Baca juga: Tips Mengurangi Kecurangan Karyawan

Kesalahan mengelola SDM bisa digambarkan sebagai berikut. Ketika sang karyawan melakukan kecurangan berupa penggelapan hasil penjualan, maka disitulah Anda sebagai pemilik bisnis dianggap salah dalam menilai karakteristik karyawan tersebut.

Kesalahan Dalam Produktivitas Kerja

source: google image

Selain dua kesalahan sebelumnya, kesalahan dalam produktivitas kerja juga kerap kali dilakukan para pelaku UMKM. Contoh sederhananya, aset dan SDM yang disiapkan tidak sebanding dengan output atau penjualan yang dihasilkan. Sehingga, terjadinya pembengkakan pada biaya produksi.

Karena hal ini, efisiensi dan efektivitas dalam bekerja perlu sekali Anda terapkan. Karena dengan efisiensi, Anda dituntut untuk mampu memberi perhatian lebih kepada hal-hal kecil yang mengandung biaya-biaya. Sementara itu, untuk efektivitas berarti semua aset yang dimiliki harus dapat memberikan peningkatan pada penjualan.

Kreativitas yang Tidak Terealisasi

source: google image

Kemampuan untuk mengeksekusi ide atau kreativitas menjadi tindakan yang nyata merupakan hal penting dalam memajukan sebuah bisnis. Namun, masalahnya pelaku UMKM kerap kali menemukan hambatan dalam mengelola kreativitas menjadi nyata.

Baca juga: 5 Bisnis Kreatif yang Duitnya Fantastis

Berikut tips penting saat mengelola kreativitas, Anda perlu melihat dari segi manfaat emosional dan fungsional dari sebuah produk. Manfaat emosional meliputi kemasan yang menarik, unik dan tidak mudah ditiru oleh kompetitor. Sedangkan, manfaat fungsional berdasarkan pada kualitas dari produk tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Produk Agar Pelanggan Tak Berpaling

Mulai Kehilangan Fokus

source: google image

Seiring berkembangnya bisnis, Anda pun akan senantiasa menjumpai berbagai peluang bisnis yang menurut Anda layak untuk dimanfaatkan. Hal ini kerap membuat seorang pebisnis menjadi tidak lagi fokus dengan rencana bisnis yang sebelumnya sudah dibuat.

Baca juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Alhasil, alih-alih menggapai bisnis baru, bisnis utama yang Anda jalankan malah terabaikan. Untuk itu, pentingnya Anda tetap fokus terhadap bisnis yang Anda jalani.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang mesti Anda hindari saat menjalankan bisnis. Apakah Anda merasa pernah melakukan kesalahan yang telah disebutkan di atas? Kesalahan bisnis mana yang paling sering Anda lakukan? Jika Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.