Kemerdekaan dan Revolusi Teknologi

-

Sudah 75 tahun Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan oleh bangsa asing. Selama itulah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang cukup pesat di tanah air.

Revolusi teknologi sendiri diartikan sebagai proses perubahan pemanfaatan teknologi yang semula analog menjadi serba digital (Quipper.com, 2020). Revolusi teknologi semakin pesat semenjak telah ditemukannya teknologi internet pada tahun 1961. Munculnya internet telah menjadi babak baru perkembangan teknologi di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga : Sejarah Internet dan Perkembangannya Hingga Kini

Kemerdekaan dan revolusi teknologi dapat dimaknai sebagai kebebasan untuk mengeksplorasi informasi dan pengetahuan melalui jaringan internet. Tentunya kita sebagai pengguna patut menghargai perjuangan para pahlawan dengan memanfaatkan teknologi tersebut secara bijak dan positif.

Salah satu bentuk revolusi teknologi adalah dengan munculnya teknologi kasir online atau yang dikenal dengan istilah POS (point of sale). Mesin kasir yang semula digunakan oleh bisnis untuk melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan, sekarang sudah digantikan dengan aplikasi kasir yang dapat melakukan semua fungsi tersebut, bahkan lebih dari sekedar fungsi kasir belaka.

Baca juga : Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda

Melalui POS proses bisnis dapat lebih berkembang, karena memiliki fitur-fitur yang menunjang hal tersebut. Sebut saja fitur analisa pendapatan, analisa keuntungan, manajemen stok bahan baku, manajemen cabang dan masih banyak lagi. Tentunya hal-hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh mesin kasir biasa.

Masih banyak contoh kecil lainnya yang dapat menggambarkan bentuk revolusi teknologi yang terjadi pada masa kini. Adapun revolusi teknologi adalah proses yang linear dan akan terus maju dari waktu ke waktu.  Pernahkah Anda menonton film mengenai pembuatan mesin waktu dan peluang manusia untuk berjelajah dari waktu ke waktu? Pastinya Anda akan berpikir kalau hal tersebut mustahil dilakukan oleh manusia. Namun siapa sangka di kemudian hari nanti dengan kecerdasaan manusia, akhirnya mampu untuk menciptakan teknologi tersebut.

Baca juga : Mengelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dengan Point-of-Sale dari KAWN!

Berawal dari ide-ide gila itulah, teknologi akhirnya dapat muncul dan mempermudah kehidupan manusia. Sebut saja, mungkin pada masa lampau orang-orang tidak akan percaya bahwa manusia dapat terbang di angkasa atau menyelam ke dalam samudra luas. Seiring berjalannya waktu munculah pesawat dan kapal selam yang dapat membantu manusia untuk merasakan sensasi berada di atas dan bawah bumi dengan bantuan teknologi tersebut.

Menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun, kita sebagai manusia tidak boleh berhenti untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mungkin saat ini penjajahan sudah tidak ada lagi, namun perlu diperhatikan kebodohan adalah bentuk penjajahan saat ini yang harus kita perangi.

Menjadi manusia yang ulet, kritis dan open minded merupakan modal dasar untuk dapat merdeka dari kebodohan dan kekurangan informasi. Maka dari itu mari merdekakan diri Anda dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Dirgahayu Indonesia ke-75.