Jualan di berbagai media sosial memang sedang dijalani oleh banyak pengusaha UMKM. Apakah Anda salah satunya? Media apa yang sedang Anda coba?
Setelah ramai perbincangan tentang marketplace beberapa tahun terakhir, kini pengusaha UMKM mulai dikejutkan dengan booming nya TikTok yang ternyata juga berpeluang jadi media jualan. “Loh bagaimana bisa?”, mungkin ini pertanyaan yang sedang terbersit di pikiran Anda.
Baca juga: Media Sosial x Bisnis
KAWN pun tertarik untuk mengulik fakta jualan di TikTok. Karena satu tahun terakhir, TikTok dikenal sebagai platform yang berisi video berdurasi pendek yang syarat akan hiburan, edukasi yang berujung komersial (jualan). Fakta lainnya adalah TikTok didominasi oleh generasi milenial yang tersebar di seluruh dunia loh.
Baca juga: Google Analytics, Sarana Kenali Pelanggan Anda
Dua fakta di atas dapat Anda jadikan alasan untuk jualan di TikTok, karena Anda sudah mengetahui jenis market nya. Namun, tidak cukup sampai di sana, Anda juga harus tahu bagaimana cara berjualan yang baik & benar kan. Bersama KAWN yuk kita simak bersama tips & trik jualan di TikTok!
Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!
Jualan Di TikTok Harus Kenal Platform-nya!

Apa maksud pernyataan di atas? Anda memang harus kenal dulu bagaimana tipikal konten yang menarik di TikTok, lalu cara berinteraksi dengan user lain, serta apakah cocok bisnis Anda untuk dijajakan di TikTok.
Jika Anda sudah bisa menjawab pertanyaan di atas, pastikan Anda langsung membuat akun bisnis di TikTok ya. KAWN ingatkan sekali lagi ya, TikTok adalah platform yang cocok untuk jualan secara tidak serius.
Dengan menampilkan video lucu dan menyenangkan, Anda bisa menarik perhatian market yang didominasi oleh generasi millennial ini. Pastikan juga menyertai video dengan lagu-lagu hits ya!
Baca juga: 10 Macam Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia
Optimalkan Fitur Agar Konten Semakin Menarik

Tips jualan di TikTok berikutnya adalah mengoptimalkan berbagai fitur yang tersedia di TikTok. Misalnya saja ada musik, stitch, POV (point of you), voice changer, sticker, efek, filter, timer, hingga beautify. Banyak ya? Tenang saja KawanKAWN, istilah-istilah di atas sangat user friendly kok saat Anda menggunakannya di TikTok.
Nah, untuk bisa menggunakan fitur-fitur di atas, terlebih dahulu Anda harus membuat konten yang menarik. Karena tujuan Anda menggunakan TikTok untuk berjualan, maka bungkus kemasan jualan Anda dengan video yang menarik. Selain menghibur pastinya bisa membuat audiens juga membeli produk Anda loh.
Baca juga: Pentingnya Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis F&B Anda, UMKM Wajib Tahu nih!
Pakai Hashtag yang Tepat

Penggunaan hashtag yang tepat memang jadi tips penting berikutnya jualan di TikTok. Mengapa? Karena dengan hashtag membuat produk yang Anda jual lebih cepat dikenal banyak orang di kolom explore maupun tampil di halaman FYP (For Your Page).
Cara pemakaiannya adalah sesuaikan hashtag dengan produk yang Anda jual, misalnya pakaian bisa menggunakan hashtag #bisnisbaju #bajuhomemade dan lain-lain. Kemudian pakai hashtag yang sedang viral bisa Anda jumpai di kolom explore TikTok, misalnya #fyp #foryourpage #samasamabelajar dan lain-lain.
Baca juga: 7 Cara Brand Memanfaatkan Top Hashtag dalam Penerapan Influencer Marketing
Ajak Influencer Untuk Berkolaborasi

Tips berikutnya yaitu berkolaborasi dengan influencer. Bagaimana cari tahu influencer yang sedang jadi tren? Perhatikan kolom explore yang ada atau bisa juga dengan mencarinya di hashtag FYP.
Setiap influencer punya rate card-nya masing-masing ya. Jadi, buat dulu daftar budget yang Anda punya, kemudian riset follower dari beberapa influencer tersebut. Karena semakin banyak jumlah follower semakin tinggi biaya endorse-nya.
Baca juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop
Beriklan Di TikTok

Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, in-feed ads yang muncul di tengah feed akun, promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu.
Dengan berbagai macam fitur iklan ini, Anda bisa berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang ada. Buatlah iklan yang tidak hanya mencuri perhatian penonton, tetapi juga membangun keinginan penonton untuk coba gunakan produk atau jasa Anda.
Baca juga: 7 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online
Demikianlah, lima tips untuk jualan di TikTok versi KAWN. Adakah tips lain yang sudah pernah Anda coba? Yuk share pengalaman Anda di kolom komentar ya. Sampai jumpa KawanKAWN!