Jenis Usaha yang Identik Untuk Mempercantik Diri

-

Jenis usaha memang beragam bentuknya. Ada yang menghasilkan barang, ada juga yang memberikan layanan jasa. Keduanya sama-sama berorientasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada calon konsumennya.

Nah, bagaimana caranya menentukan jenis usaha yang tepat bagi Anda? Poin utamanya adalah tentukan minat & keahlian Anda. Karena menjalankan usaha sesuai dengan minat & keahlian akan membuat Anda semangat serta termotivasi untuk mengembangkannya terus menerus.

Baca juga: Kolaborasi Bisnis: Peluang Mengglobalkan Brand

Selain itu, skala usaha juga harus Anda tentukan diawal perencanaan suatu usaha. Selain menyesuaikan dengan budget, skala usaha juga membantu Anda untuk menjangkau pasar yang akan Anda targetkan sebagai calon konsumen.

Berkenalan dengan beberapa skala usaha diantaranya, usaha mikro, usaha kecil, menengah, hingga usaha besar. Membaca istilahnya saja pasti Anda sudah cukup familiar. Nah, banyak diantara pebisnis muda yang memulai skala usaha berbentuk mikro atau kecil.

Baca juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Poin berikutnya adalah, melihat tren. Kira-kira tren jenis usaha seperti apa yang sedang ramai. Karena dengan mengikuti tren, Anda sudah bisa memprediksi kira-kira berapa persen calon konsumen yang akan melirik jenis usaha tersebut.

Dalam artikel kali ini, KAWN akan membahas jenis usaha yang sedang tren pastinya. Namun lebih spesifik untuk mempercantik diri. Nah, kira-kira ada jenis usaha apa saja ya? Yuk simak bersama!

Baca juga: 3 Peluang Bisnis Pasca Covid-19

Jenis Usaha Bidang Jasa - Salon Kecantikan

Source: Canva

Jenis usaha ini sudah lama ada di sekitar kita. KawanKAWN pun pasti sudah sering melihatnya. Bahkan, banyak diantaranya yang berlokasi di dalam pemukiman penduduk, kan.

Salon kecantikan sudah dari dulu dikenal sebagai tempat untuk mempercantik diri, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sebut saja segala perawatan rambut, creambath hingga mani pedicure disediakan oleh salon kecantikan.

Jenis usaha ini ternyata tidak lekang oleh waktu oleh KawanKAWN. Bahkan di jaman sekarang, salon kecantikan tidak saja diperuntukkan bagi perempuan namun juga laki-laki bisa juga loh perawatan di sini.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula - Jurnal

Jasa Makeup Artist

Source: Canva

Jenis usaha satu ini mulai menjadi tren lima tahun terakhir, loh. Banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari bidang satu ini, dari otodidak hingga kursus dengan ahlinya.

Jasa MUA (makeup artist) memiliki peluang besar loh KawanKAWN, diantaranya saat acara sakral, seperti wisuda, lamaran, pernikahan. kehamilan bahkan kematian. Peluang lainnya adalah menjadi MUA public figure juga brand ambassador suatu brand produk kecantikan.

Tarifnya pun beragam mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari produk kecantikan yang dipakai, hasil riasan dan juga pengalaman dari masing-masing MUA. Anda berminat?

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makeup Artist Dan Tips Suksesnya?

Tren Klinik Estetika

Source: Canva

Jenis usaha ini pun sudah lama ada di Indonesia. Bersaing ketat dengan salon kecantikan, sama-sama ingin merebut perhatian konsumen perempuan di Indonesia. Yang menjadi perhatiannya memang lebih banyak berurusan dengan kulit. Dari kulit wajah hingga kulit tubuh.

Tren perawatan di klinik estetika pun berubah-ubah mengikuti jaman loh. Sehingga tidak heran, jika banyak konsumennya yang tertarik untuk mencobanya. Sebut saja perawatan peeling, filler, botox, laser hingga operasi plastik (berskala kecil) bisa dilakukan di klinik estetika.

Baca juga: 8 Tips Bisnis Facial Menguntungkan Dari Awal

Produk Kosmetik Berlabel Sendiri

Source: Canva

Nah, jika jenis usaha ini masih hangat-hangatnya menjadi tren di Indonesia nih. Tidak saja para ahli/pakar bidang kecantikan namun juga para public figure berlomba-lomba membuat produk kosmetik berlabel nama mereka loh. Menarik bukan?

Janjinya tidak lain agar para pengikut (followers) bisa memiliki kulit wajah hingga tubuh yang cantik seperti mereka. Siapa yang tidak tergiur? Dengan harga yang cukup terjangkau di pasar, para konsumen pun berlomba mencoba dari satu produk ke produk lainnya untuk mendapatkan kulit yang sama dengan panutannya.

Baca juga: Ini tahapan membuat merek kosmetik sendiri

Produk Fashion Berlabel Sendiri

Source: Canva

Usaha fashion memang tidak pernah mati. Perempuan hingga laki-laki sangat senang untuk mengenakan pakaian bagus & nyaman setiap harinya. Untuk bekerja, kuliah, bersantai, kumpul dengan teman, hingga datang ke acara resmi, semua orang membutuhkan pakaian yang bagus.

Jenis usaha ini pun banyak digeluti oleh para pebisnis berskala mikro, kecil, menengah, hingga besar. Namun, yang mengherankan adalah tidak ada satu pun usaha fashion yang sepi dari pelanggan.

Berminat terjun ke jenis usaha ini? Temukan keunikan gaya pakaian yang Anda hasilkan dan temukan komunitas penggemar pakaian unik Anda ya. Selamat mencoba!

Baca juga: 11 Cara Memulai Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis usaha yang identik untuk mempercantik diri. Semoga dapat menjadi inspirasi KawanKAWN untuk memulai bisnis. Jika ada yang sudah menggeluti salah satu jenis usaha di atas, coba share pengalamannya di kolom komentar ya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!