Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

-

Pada dasarnya logo sebuah brand sama pentingnya seperti nama pada manusia, karena logo merupakan salah satu identitas yang harus dimiliki oleh sebuah brand bisnis. Untuk itu, buatlah logo brand Anda semenarik mungkin agar dapat terus diingat oleh konsumen Anda!

Baca juga : Mau Daftar Menu Anda Terlihat Menarik, Ikuti 5 Tips desain Berikut

Jika dibuat dengan profesional dan menarik, bisa saja sebuah logo dapat membuat brand Anda selalu dikenal oleh masyarakat. Membuat logo sendiri tidaklah semudah kelihatannya, karena logo yang baik perlu memiliki unsur yang merepresentasikan bisnis Anda. Melansir designhill.com, simak beberapa tips agar logo Anda terlihat semakin menarik dan diingat terus oleh konsumen, berikut daftarnya!

Baca juga : Mau Pengunjung Kafe Ramai? Ikuti 5 Inspirasi Desain Menarik ini

Logo Harus Sesuai dengan Target Market Bisnis Anda

Logo yang Anda buat haruslah sesuai dengan tujuan dari brand atau produk Anda. salah satu contoh penting adalah dengan mencocokan warna agar bisa menyesuaikan dengan brand yang akan Anda Buat. Contohnya, dalam mendesain logo untuk brand pakaian wanita biasanya warna-warna yang digunakan cenderung lebih soft dan feminim dengan pilihan font yang memiliki shape halus dan tidak tegas.

Baca juga : Mulai Bisnis Kecil? Ini Cara Menentukan Target Market-mu

Satu catatan penting, sebuah logo tidak harus menunjukan produk dan jasa apa yang mereka jual. Misalkan logo mobil tidak harus mutlak berbentuk mobil atau logo handphone juga tidak harus berbentuk handphone.

Jangan Mengikuti Tren

Membuat logo dengan berdasarkan tren hanya akan bertahan ketika tren itu sedang naik daun saja, lalu ketika tren itu berganti, desain logo tersebut akan terlihat kuno dan ketinggalan zaman. Usahakan membuat logo yang tak lekang oleh zaman agar Anda tidak perlu mendesain ulang logo tersebut.

Karena ketika Anda mendesain ulang logo brand Anda, maka secara tidak langsung Anda telah me-restart ingatan orang lain terhadap brand bisnis Anda. tentunya hal ini akan merugikan bisnis Anda, terutama dari segi brand awareness.

Baca juga : Pengertian Brand, Branding dan Rebranding Perusahaan

Salah satu contohnya adalah logo milik Coca-Cola yang memiliki karakter khas pada font, yang rupanya sudah ada sejak tahun tahun 1885, dan masih digunakan hingga saat ini. Bisa dibandingkan dengan perubahan logo brand saingannya Pepsi yang sering mengalami perubahan tiap beberapa tahunnya, sedangkan Coca-Cola tetap konsisten dengan logo berwarna merah dan jenis font yang khas.

Baca juga : Bagaimana Logo Coca-Cola Tercipta?

Sederhana

Kesederhanaan juga merupakan unsur penting yang menentukan kesuksesan pada sebuah logo. Logo tidak perlu didesain terlalu kompleks atau rumit untuk memberikan banyak makna. Bahkan, banyak orang lebih suka desain yang tetap sederhana, namun memiliki makna yang mendalam. Seperti halnya logo Fedex yang merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman, dimana antara huruf E dan X terdapat bentuk panah yang melambangkan tujuan Fedex untuk terus maju ke depan.

Baca juga : Federal Express - Nggak Ada yang Sadar, Ada Simbol dan Pesan Tersembunyi di Logo Perusahaan Ini

Carilah referensi logo sebanyak mungkin di internet. Mencari referensi logo bukan untuk menjiplak, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, Anda akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip dengan yang lain.

Orisinal

Keaslian sebuah logo menjadi salah satu aspek penting dalam merancang sebuah logo, agar ketika orang lain melihat logo Anda, mereka tidak akan mengingat produk lain selain brand dan produk bisnis Anda.

Dapat kita ambil contoh, ketika Anda melihat gambar buah apel yang tergigit? Anda pasti sudah bisa menduga bahwa logo tersebut adalah milik Apple Inc. Lalu apabila Anda mengetahui bahwa logo apel yang tergigit tersebut adalah milik orang lain, maka saat itu pula Anda akan mencap logo tersebut sebagai plagiat atau karya yang tidak orisinal.

Baca juga : Menyibak Makna Apel Tergigit di Logo Apple

Buat Skala dan Paduan Warna yang Menarik

Warna dan ukuran menjadi bagian yang terpenting dalam pembuatan logo, karena warna adalah salah satu aspek yang mudah diingat oleh konsumen Anda. Dalam pembuatan logo, disarankan untuk menggunakan warna dominan dan hanya menggunakan tiga kombinasi warna agar tetap terlihat profesional.

Baca juga : 7 Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo dan Branding

Nah, selain warna, aspek ukuran juga mempengaruhi baik tidaknya logo brand Anda, yaitu pastikan bahwa logo tersebut dapat diperbesar ataupun diperkecil pada ukuran apa saja tanpa kehilangan identitas brand bisnis Anda. Tentu saja ini bertujuan agar logo Anda dapat diaplikasikan pada berbagai macam media.

Pemilihan Font yang Tepat

Logo tidak harus menggunakan gambar suatu benda atau objek, tetapi juga dapat berupa huruf yang dikemas secara indah yang memberikan kesan elegan. Meski terkesan sepele, font memegang peranan yang penting terhadap logo yang akan Anda desain.

Baca juga : 5 Tips Memilih Font Keren untuk Logo Perusahaan

Masing-masing font memiliki karakter dan kesannya tersendiri. Misalnya font yang bergaya klasik akan menimbulkan kesan formal dan mewah. Font yang berlekuk-lekuk akan terlihat lebih informal. Pilihlah font yang sesuai dengan karakter brand bisnis Anda.

Coba Aplikasikan pada Berbagai Media

Sebelum Anda mengambil keputusan akhir tentang desain logo bisnis Anda, pastikan untuk mengujinya di beberapa media. Jangan lupa bahwa, nantinya logo Anda akan muncul pada berbagai media.

Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak dibidang produk minuman, coba aplikasikan logo Anda pada cup, botol atau plastik kemasan, apakah sesuai dengan keinginan Anda? Atau jangan lupa coba aplikasikan juga pada media online seperti pada media sosial, iklan di televisi atau bahkan iklan pada billboard.

Desain logo bisnis Anda harus menjadi karya seni yang berkesan yang dapat menyampaikan brand message secara efektif. Agar mudah diingat konsumen, selain mengikuti langkah-langkah tips di atas, ada baiknya coba susun strategi promosi dengan menempatkan logo pada media sosial, media televisi, atau bahkan jika bisnis Anda bergerak dibidang usaha kuliner, Anda bisa menempatkan logo Anda pada resi pembayaran atau struk pembelanjaan.

Seperti halnya yang dapat dilakukan pada aplikasi kasir online KAWN, dengan fitur resi pembayaran, Anda dapat memasukan logo bisnis, media sosial maupun teks slogan demi memperkuat identitas bisnis kuliner Anda. untuk itu, Anda dapat klik disini untuk menikmati layanan free trial pemakaian aplikasi kasir online KAWN selama 30 hari!