Hipertensi Pasca Lebaran, Yuk Konsumsi Asupan Berikut!

-

Hipertensi merupakan istilah medis untuk penyakit darah tinggi. Dikutip alodokter, hipertensi terjadi pada seseorang yang memiliki tekanan darah diatas 130/80 mmHg. Kondisi ini akan semakin memburuk saat tekanan darah mencapai atau diatas 180/120 mmHg.

Masalahnya, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, hipertensi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius, mulai dari stroke, penyakit jantung, gagal ginjal hingga demensia. Hipertensi bisa menyerang siapa saja, terlebih pada seseorang yang sudah berusia lanjut.

Baca juga: Hari Jantung Sedunia, Sudahkan Anda Rutin Mengonsumsi Asupan Berikut?

Dikutip mitrakeluarga, hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor keturunan, perubahan fisik serta adanya kondisi medis tertentu. Namun, pola hidup yang tidak sehat menjadi penyumbang tertinggi terjadinya hipertensi pada seseorang, seperti merokok, mudah stres, malas gerak dan pola makan yang tidak sehat.  

Hipertensi kerap menyerang seseorang setelah melewatkan momen Lebaran. Pasalnya, di momen Lebaran lah tersaji begitu banyak makanan enak yang tentunya tinggi kolesterol dan juga tinggi akan kandungan garam penyebab hipertensi.

Baca juga: Mengapa Garam Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Meningkat?

Sebetulnya, hipertensi bisa dicegah dengan mengonsumsi berbagai macam obat-obatan. Namun, dibarengi dengan pola hidup sehat, ada beberapa bahan alami di sekitar kita yang mampu menurunkan atau menormalkan tekanan darah. Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Hipertensi Turun dengan Mengonsumsi Sayuran Hijau

source : canva

Ditulis halodoc, sayuran hijau kaya akan zat kalium yang bisa membantu ginjal menyingkirkan natrium melalui urin, proses inilah yang pada akhirnya mampu menurunkan hipertensi. Beberapa sayuran hijau yang dimaksud antara lain, bayam, seledri, brokoli, sawi serta kale.

Mengonsumsi sayuran hijau memang sangat dianjurkan, terlebih pada momen pasca Lebaran. Dimana, momen tersebut kita terbiasa mengonsumsi makanan-makanan berlemak yang tentu saja tidak baik bagi tubuh.

Baca juga: Makanan Biasa Terasa Spesial Di Hari Raya. Mengapa?

Yogurt

source : canva

Bukan hanya rasanya yang enak, namun juga kaya akan manfaat! Dialah yogurt, yang merupakan produk fermentasi berbahan dasar susu sapi.

Baca juga: Teknologi Fermentasi pada Produk F&B

Mengandung bakteri baik atau yang dikenal dengan sebutan probiotik, yogurt sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Akan tetapi, dikutip detik.com, nyatanya yogurt juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain probiotik, olahan susu yang satu ini juga mengandung berbagai mikronutrien, seperti kalsium, magnesium dan potasium. Dimana, semua nutrisi tersebut terlibat dalam pengaturan tekanan darah dalam tubuh manusia.

Buah Bit

source : jovee

Satu lagi bahan alami yang terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, yakni buah bit. Sebuah penelitian yang dilakukan University of London, menemukan hasil bawah mengonsumsi segelas jus buah bit setiap hari, sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah bit merupakan sejenis umbi yang mengandung zat bernama nitrat. Nitrat sendiri adalah zat yang berfungsi melemaskan dan melebarkan pembuluh darah. Dimana, kondisi ini mampu membuat aliran darah lebih lancar membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang Putih

source : canva

Dikenal sebagai rempah atau bumbu penyedap masakan, nyatanya bawang putih juga memiliki zat yang baik untuk tubuh. Beberapa zat yang terkandung pada bawang putih, mulai dari mangan, vitamin B kompleks, zat besi, selenium, fosfor dan juga kalsium.

Dimana, zat-zat tersebut mampu menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Perlu Anda ketahui juga, jika bawang putih berperan sebagai antibiotik alami dengan kandungan senyawa alisin yang sangat baik bagi penderita hipertensi.

Baca juga: 5 Khasiat bawang putih, tak hanya jadi obat hipertensi

Buah Pisang

source : canva

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Buah dengan berbagai macam jenis ini memiliki rasa yang manis dan kerap dijadikan berbagai macam panganan. Menariknya, banyak bisnis kuliner berbahan dasar buah pisang.

Baca juga: Berikut Ini Kudapan Olahan Buah Pisang yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis

Selain itu, buah pisang juga memiliki manfaat kesehatan bagi yang rutin mengonsumsinya. Dikutip tropicanaslim, buah pisang kaya akan kandungan mineral kalium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

Dibandingkan dengan buah lainnya, kandungan kalium pada buah pisang relatif lebih tinggi. Nilainya, hampir mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan buah apel dan jeruk. Bagaimana, makin rajin dong mengonsumsi buah pisang?

KawanKAWN, diatas merupakan 5 bahan alami yang dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Apakah Anda pernah mengidap hipertensi juga? Dan, apakah Anda juga mengonsumsi bahan alami yang sudah KAWN sebutkan diatas? Yuk berbagi ceritanya di kolom komentar.