Hari Kartini: Sosok Perempuan dan Kariernya

-

Hari Kartini yang jatuh pada 21 April merupakan hari penting bagi para perempuan di Indonesia. Penetapan Hari Kartini dilakukan saat pemerintahan Presiden 1 RI Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Pahlawan perempuan yang kini hari lahirnya selalu diperingati sebagai Hari Kartini ini telah berjuang keras semasa hidupnya dalam memperjuangkan kesetaraan dan membela hak-hak perempuan.

Hari Kartini juga biasanya digunakan sebagai pengingat bagi siapa saja yang masih menganut stigma negatif terhadap perempuan-perempuan masa kini. Stigma bahwasannya perempuan tidak perlu mengemban pendidikan setinggi-tingginya, bahwa perempuan hanya pantas mengurus urusan domestik saja. Stigma seperti inilah yang selalu digaungkan, sehingga dapat menghambat perkembangan perempuan-perempuan di mana pun, termasuk di ruang publik.

Momen Hari Kartini ini seperti pengingat bahwa perempuan dengan segala pemikiran dan pendapatnya adalah valid dan merupakan sesuatu yang patut untuk didengarkan. KAWN POS meyakini bahwa peran perempuan di Indonesia sangatlah penting. Tidak hanya peran perempuan dalam urusan rumah tangganya saja, melainkan dalam bidang apapun, termasuk dalam melebarkan sayapnya pada dunia bisnis. Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Kartini, KAWN POS merangkum beberapa perempuan pengusaha sukses di Indonesia yang bisa menginspirasi. Berikut rangkumannya.

Baca Juga: Wanita Berdaya Memiliki Mental Juara

Hari Kartini dan Sosok Kartini Indonesia

Source: blog.marthatilaarshop.com

Memperingati Hari Kartini rasanya belum lengkap kalau tidak membahas perempuan keren satu ini. Bagaimana tidak? Bahkan perempuan bernama Martha ini disebut juga sebagai sosok Kartini Indonesia, lho!

Siapa, sih yang tidak kenal dengan produk brand Sariayu? Produk kecantikan yang begitu banyak dikenal ini ternyata mempunyai sosok perempuan tangguh di belakangnya. Perempuan tangguh itu ialah Martha Tilaar.

Martha lahir pada tanggal 4 September 1937 dan memulai bisnisnya dari nol, dan dengan modal yang sangat sedikit. Namun Martha tidak menyerah dan gencar melakukan promosi dengan membuat selebaran brosur untuk diberikan berkeliling menawarkan dari rumah ke rumah.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1983 Martha berhasil mendirikan PT Sari Ayu Indonesia. Hingga kini, produk dari Martha Tilaar sudah banyak digunakan di pasaran, baik di pasar lokal maupun internasional.

Baca Juga: Sejarah Martha Tilaar, dari Salon Kecil Menjadi Raksasa Kosmetik Indonesia

Perempuan Pengusaha Claudia Wijaya & Yenti Elizabeth

Source: lifestyle.kompas.com

Bagi anda pecinta fashion pasti tahu situs e-commerce satu ini. Yup, adalah Berrybenka yang didirikan pada awal tahun 2011 oleh Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth.

Awalnya, Berrybenka hanya online shop kecil, namun setelah membuat perkembangan dan inovasi, serta mendapatkan berbagai macam dukungan berupa investasi dari berbagai pihak, akhirnya Berrybenka menjadi salah satu e-commerce yang mampu memenuhi kebutuhan fashion, baik untuk wanita maupun pria. Bahkan kabarnya saat ini BerryBenka telah mendapatkan nilai investasi kurang lebih sebesar Rp 60 miliar.

Baca Juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

Owner Bisnis Kecantikan Marieth Siswantini

Source: traveloka.com

Meski bagi Kartini, perempuan sangat penting untuk bisa merawat kecerdasan, namun selain kecerdasan, kesehatan kulit juga merupakan hal yang tak kalah  penting untuk dirawat. Adalah Marieth Siswanti, merupakan sosok perempuan independen yang memiliki bisnisnya sendiri. Marieth adalah owner dari Klinik Kecantikan Le Meriann's House Of Beauty.

Merawat kulit tentu perlu perhatian khusus dan tidak bisa asal-asalan. Berangkat dengan itu, terciptalah klinik kecantikan Le Meriann's House Of Beauty.

Baca Juga: Klinik Kecantikan Makin Diminati? Kulik Step By Step Mengelola Klinik Kecantikan Bagi Pemula

Jadi, itulah beberapa pengusaha perempuan inspiratif yang ada di Indonesia. Keren sekali, ya? Anda pun juga bisa memulai bisnis sendiri. Jadi, jangan ragu untuk memulai meski dari langkah kecil. Sebab, langkah kecil juga tetap membuat Anda berjalan maju, bukan?

Semoga dengan adanya Hari Kartini ini, perempuan-perempuan khususnya di Indonesia akan semakin berdaya dan semakin diterima suaranya di ruang publik.

Selamat Hari Kartini, KawanKAWN!